Ini 5 Cara Menahan Hawa Nafsu Saat Pacaran!

Saat sekarang ini, siapa sih yang belum pernah pacaran? Hampir semua orang pernah merasakan indahnya pacaran dan jatuh cinta. Bahkan anak yang baru saja masuk usia remaja saja sudah pacaran lho. Pacaran memang dilarang dalam agama Islam, tapi masih saja banyak yang melakukannya dan menganggap pacaran jadi hal yang biasa meski sudah tahu konsekuensinya, yaitu dosa. Memang sulit untuk mencegah banyak orang untuk tidak pacaran lantaran nafsu untuk pacaran jauh lebih besar. Hal ini dikarenakan perasaan sayang dan cinta yang besar serta rasa ingin memiliki. Pacaran dianggap sebagai pengikat orang yang disayang agar nggak disamber yang lain. Baiknya kenali dulu tanda-tanda jatuh cinta dalam Islam.

Boleh saja sih pacaran, tapi cukup sebatas hubungan saja tanpa melakukan kontak fisik.  Maksudnya adalah tidak ada sentuhan fisik walau hanya sekedar pegangan tangan saja. Jika bertemu cukup saling mengobrol dan duduknya berjauhan, sanggup nggak nih? Sulit kan ya? Karena itu pacaran dilarang karena godaannya sangat besar. Kalau sudah berduaan rasanya pengen sayang-sayang dan manja-manjaan. Mungkin diri kita sanggup untuk menjalani tips pacaran yang sehat dengan tidak dekat-dekat saat berduaan, tapi bagaimana dengan pasangan kita? Nah, untuk kamu yang masih pacaran dan tidak ingin hubungan pacaran terlalu jauh, simak saja yuk cara menahan hawa nafsu saat pacaran yang biasanya sangat sulit untuk dikendalikan.

1. Perbanyak Membaca Buku Agama agar Takut dengan Dosa

Cara menahan hawa nafsu saat pacaran yang pertama adalah dengan perbanyak membaca buku-buku agama agar kita tahu dosa. Tahu akibat jika berbuat dosa, dengan mengetahui semua konsekuensi yang harus kita terima di dunia dan akhirat, kita pun pasti takut untuk berbuat dosa, seperti pacaran ini. Setidaknya kita dengan rajin membaca buku agama, secara tidak sadar hati kita jadi tunduk dan ingin menjauh dari zina dan dosa. Cara yang ini akan mudah jika memang kamu memiliki keinginan yang kuat untuk terjerumus zina saat pacaran, atau bisa juga untuk kamu yang ingin bertaubat dari dosa pacaran.

2. Dekatkan Diri kepada Allah SWT

Hal yang kedua yang wajib kita lakukan untuk cara menahan hawa nafsu saat pacaran adalah dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Meski selama ini kita sudah melaksanakan ibadah shalat dengan rutin, tapi apakah hati kita sudah dengan dengan Allah? Ada lho terkadang kita melakukan shalat tapi rasanya masih saja jauh dari Allah dan masih tidak takut dengan dosa. Penyebabnya adalah karena kita hanya ‘sekedar’ melakukan shalat tanpa memaknai dan memahami serta melakukannya tidak karena Allah dan tidak dari hati, melainkan melakukannya karena ingin terlihat baik di hadapan orang banyak.

3. Jangan Pacaran Berduaan di Tempat yang Sunyi

Selama pacaran memang pengennya berduaan saja ya, kalau bisa nggak ada orang lain yang mengganggu. Justru hal seperti inilah yang membuat sepasang kekasih tidak mampu menahan hawa nafsu. Karena itu jangan sesekali pacaran di tempat yang sunyi dan sepi. Misalnya saja rumah yang penghuninya lagi pada keluar sehingga hanya ada kamu dan dia di rumah. Atau tempat wisata yang banyak tempat mojoknya sepi pengunjung. Lebih baik pacarannya di kafe yang ramai saja atau jalan-jalan ke mall dan pusat keramaian lainnya.

4. Jujur pada Pacar Kalau Kamu Tidak Ingin Menjalani Hubungan Pacaran yang Tidak Sehat

Jangan takut untuk jujur pada pacar kalau kamu tidak ingin hubungan pacaran yang tidak sehat. Yakni hubungan yang terlalu jauh hingga melakukan hal-hal terlarang untuk dilakukan. Jika pasangan kamu termasuk kriteria pacar yang baik dan beneran sayang dengan tulus sama kamu, ia akan bisa menerima keputusan kamu, kok. Bahkan ia akan sangat menghargai dan berbalik menjaga kamu. Akan berbeda dengan seorang yang dari awalnya memang berniat pacaran untuk melampiaskan nafsu semata seperti pada ciri-ciri lelaki hidung belang. Keputusan ini tentu baru kamu bicarakan setelah gelagat pacar menunjukkan bahwa sikapnya mulai menjurus pada pelampiasan hawa nafsu. Hal ini juga bisa menjadi cara mengetahui pacar cinta atau nafsu sama kamu.

5. Jangan Nonton Film Romantis Berduaan

Meski kamu dan pacar berusia lewat dari 18 tahun, tetap saja jangan sampai nonton film atau adegan romantis berduaan. Bahaya karena film romantis bisa membangkitkan hawa nafsu dan bisa membuat kamu dan pacar jadi khilaf.

Itulah 5 cara menahan hawa nafsu saat pacaran yang bisa kamu lakukan agar tidak terjerumus pada perbuatan dosa. Ketahui juga apa saja yang menjadi dampak negatif pacaran dan tanda-tanda pacar setia serta cara memilih pendamping hidup yang baik.

, ,
Oleh :
Kategori : Pacaran