13 Penyebab Rumah Tangga Tak Bahagia dan Hampir Retak

Memulai hidup berumah tangga adalah seperti memulai lembaran baru dalam buku yang baru. Namun buku baru ini memiliki seri dan season nya masing-masing. Jika buku dalam season pertama belum tamat, maka tidak akan pernah ada buku season kedua, ketiga dan seterusnya. Setiap season memiliki cerita, masalah, kondisi yang berbeda-beda. Beberapa rumah tangga memilih untuk menyelesaikan buku season pertama mereka dan melanjutkan ke season yang selanjutnya. Beberapa ada yang berhenti di tengah halaman buku karena ada halaman yang sobek dan tidak bisa dibaca. Beberapa lagi belum memulai membaca chapter 1, bukunya hilang entah kemana. Rumah tangga seperti apakah yang Anda inginkan? Setiap orang pasti ingin rumah tangganya masing-masing dapat menyelesaikan menulis bukunya hingga ber-season banyak. Melanjutkan dari season satu ke season yang lainnya.

ads

Rumah tangga yang berhenti di tengah jalan atau yang rusak bahkan di awal cerita merupakan tipe rumah  tangga yang tidak bahagia. Bukan karena mereka tidak mencintai satu sama lain. Mereka sangat mencintai satu sama lain, itulah alasan mengapa mereka menikah. Namun hal ini dikarenakan perselisihan ataupun permasalahan yang tidak kunjung selesai. Suami ingin melanjutkan isi cerita bukunya namun sang Istri ingin menyudahi cerita buku tersebut. Dan banyak sekali alasan dibalik itu semua. Lalu apa saja penyebab ketidakbahagiaan sebuah rumah tangga? Ini dia penyebab rumah tangga tak bahagia :

1. Kurang Komunikasi

Menjaga keseimbangan hubungan rumah tangga dengan kesibukan pekerjaan dan rutinitas sangatlah tidak mudah. Sangat diperlukan komunikasi yang sangat baik dan tebal. Komunikasi yang baik biasanya ditemukan pada pasangan muda yang baru menikah. Mereka sangat berantusias memulai hidup berumah tangga dan ingin melangkah maju kedepan. Fikirannya berorientasi kedepan. Aku ingin bahagia bersama pasanganku, aku ingin hidup mapan dan nyaman. Jadi aku harus tetap bekerja dan berkomunikasi baik dengan pasanganku.

Namun tidak dengan pasangan yang sudah berpuluh-puluh tahun menikah. Karena banyak sekali season buku yang telah berhasil diselesaikan, kebiasaan komunikasi yang baik itu seraya punah. Aku ingin dia mengerti. Aku tidak ingin seperti ini. Mengapa dia seperti itu. Fikirannya berorientasi masa sekarang. Mereka memiliki 1 keinginan, yaitu dimengerti. Namun berkomunikasi saja sudah hal yang jarang. Pupus sudah 1 keinginan itu.

Tidak semua pasangan yang bertahun-tahun menikah akan seperti itu. Namun ada juga yang seperti itu. Tak heran masih ada saja pasangan yang berpuluh-puluh tahun menikah namun berpisah. Hal ini tidak menutup kemungkinan terjadi pada pasangan muda. Jadi bisa saja kondisi kedua pasangan ini terbalik. Pasangan muda yang kurang komunikasi dan pasangan tua yang justru sangat baik komunikasinya. (baca juga: Tanda Pernikahan Tidak Bahagia)

2. Tidak Ada Komitmen

Komitmen adalah sebuah perjanjian, keyakinan, kepercayaan yang diberikan oleh masing-masing pasangan. Jika Anda merasa ada sesuatu yang aneh pada rumah tangga Anda, ingat-ingat kembali apakah sebelumnya Anda pernah berkomitmen satu sama lain dengan suami Anda. Bukan sumpah pernikahan, bukan ijab qabul. Tetapi komitmen disini adalah kepercayaan untuk saling menjaga, keyakinan untuk saling mencintai dan menyayangi, keyakinan untuk saling melindungi, kepercayaan untuk saling terbuka.

Jika ada satu saja komitmen yang dilanggar ketika berumah tangga, hal ini sudah jelas akan menjadi penyebab ketidakbahagiaan rumah tangga yang Anda jalani. (baca juga: Cara Membahagiakan Istri Tercinta)

3. Tidak Peduli

Kesibukan dan rutinitas maing-masing memang akan menimbulkan rasa penat dan lelah yang tidak tertahankan. Perasaan lelah, capek, kesal tidak berjalan dengan baik jika digunakan untuk berdiskusi atau berbicara dengan pasangan. Karena hal ini akan membuat Anda mengacuhkan pasangan Anda dan memilih untuk beristirahat. Bibit ketidakpedulian ini tumbuh dari sebuah kepenatan. Namun jika tumbuh terus-menerus akan justru berbahaya. Bisa jadi Anda akan melakukannya bahkan dalam keadaan sadar sekalipun, karena merasa sudah terbiasa. (baca juga: Sifat Durhaka Suami Kepada Istri)


4. Masalah Yang Belum Selesai

Adanya permasalahan yang tidak kunjung diselesaikan dengan cepat juga dapat menjadi suatu penyebab rumah tangga Anda tidak bahagia. Segera ajak bicara dan selesaikan masalah yang sedang terjadi. Jangan biarkan masalah membusuk berlarut-larut. (baca juga: Cara Memanjakan Pasangan)

5. Tidak Harmonis

Kurang komunikasi, kurang kasih sayang, menyalahkan sana-sini, emosi, juga merupakan tanda-tanda rumah tangga yang tidak harmonis. Rumah tangga yang tidak harmonis pun juga dapat berakibat rumah tangga menjadi tidak bahagia. (baca juga: Penyebab Keluarga Tidak Harmonis)

6. Campur Tangan Keluarga Lain

Buku yang telah Anda tulis bersama pasangan Anda berdua tidak akan sama rasanya jika ada penulis lain datang membawa ide dan konsep baru ikut menulis. Sudut pandang dan tulisannya berbeda. Hal ini tidak hanya akan memperpanjang masalah dalam cerita namun juga akan menambah masalah dan cerita baru. Cerita Anda tidak teratur dan keluarga Anda juga tidak akan bisa bahagia. (baca juga: Penyebab Suami Cuek)

7. Tidak Dilandasi Dengan Cinta

Pria dan Wanita yang saling mencintai satu sama lain disatukan kasih sayangnya dalam suatu pernikahan. Pernikahan mempersatukan mereka, cinta juga seharusnya semakin tumbuh diantara keduanya. Jika Anda meragukan masih ada atau tidaknya cinta dalam rumah tangga Anda, maka hal ini dapat menjadi penyebab rumah tangga Anda tidak berjalan bahagia. (baca juga: Cara Menjadi Istri Idaman Suami)

8. Egois

Kesibukan masing-masing akan mengubah sudut pandang dan lingkungannya. Disaat itu, masing-masing bersikap saling mementingkan urusan pribadi masing-masing dan tidak memperhatikan urusan dan kepentingan pasangannya. (baca juga: Penyebab Suami Istri Tidak Harmonis)

9. Keterpaksaan

Beberapa pernikahan berlangsung atas dasar paksaan karena suatu kondisi atau adat keluarga. Ada yang bertahan dan perlahan mulai saling mencintai, namun ada juga yang masih tertekan dan menjalaninya karena suatu keterpaksaan. (baca juga: Penyebab Suami Istri Sering Bertengkar)

10. Tidak Tulus

Sesuatu yang dilakukan dengan tidak tulus pasti akan berakhir dengan tidak baik. Demikian halnya dalam kehidupan berumah tangga. Jika memang tidak setuju, katakan tidak setuju. Jika keberatan, katakan yang sejujurnya. Daripada melakukan sesuatu yang tidak tulus pada akhirnya, katakan saja sejujurnya apa yang memberatkan Anda.

11. Masalah Pekerjaan

Banyak sekali masalah yang mungkin terjadi di lingkungan kerja. Dimarahi atasan, masalah dengan teman kerja, projek yang tidak sukses, dan lain-lain. Sesuatu yang tidak berjalan mulus di lingkungan kerja juga dapat berimbas pada rumah tangga. Hal yang terpenting adalah jangan sampai urusan pekerjaan mengganggu urusan rumah tangga Anda. (baca juga: Cara Mengetahui Suami Bohong Atau Tidak)

12. Masalah Keluarga

Masalah keluarga juga dapat menjadi penyebab rumah tangga Anda yang tidak bahagia. Keluarga dari orangtua Anda yang dilanda masalah, secara tidak langsung akan meminta pertolongan/bantuan kepada keluarga yang lainnya. Hal ini akan mempengaruhi rumah tangga Anda juga.

13. Ada Rahasia

Dalam hubungan suami-istri, jangan sampai ada sesuatu yang ditutup-tutupi dari pasangan Anda. Tidak ada hal yang lebih buruk daripada menyembuyikan sesuatu dari pasangan Anda. Pasangan suami-istri adalah tempat berbagi kepercayaan, harapan, sedih, bahagia, suka dan duka. Jika ada rahasia yang disimpan masing-masing pasangan, maka hal ini juga dapat mempengaruhi rumah tangga Anda. (baca juga: Cara Mengetahui Istri Berbohong Atau Tidak)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 01st, August 2017 / 06:52 Oleh :
Kategori : Pernikahan