13 Tanda Pernikahan Tidak Bahagia dan Langgeng

Menjalani kehidupan pernikahan memang tak selalu mudah untuk dijalani. Hal ini dikarenakan dua orang yang memiliki perbedaan berjalan di dalam satu kehidupan yang sama, sudah menjadi hal yang wajar jika terdapat masalah kecil bahkan besar di dalam kehidupan rumah tangga. Namun perbedaan itu tak selalu buruk, hal itu lah yang membuat satu sama lainnya saling melengkapi. Kesimbangan yang tercipta ini lah yang membuat kebahagiaan di dalam kehidupan rumah tangga dan hal tersebut lah yang seharusnya terjadi.

ads

Namun tak menutup kemungkinan kehidupan pernikahan yang dijalani tak mulus dan bahkan menyebabkan banyak pasang surut di dalamnya. Ada yang terjadi setelah menjalani 5 tahun, 10 tahun, bahkan ada pula yang sudah menjalani pasang surut tersebut di awal-awal kehidupan pernikahan. Sehingga tak menutup kemungkinan jika kehidupan pernikahan yang dijalani tidak selalu bahagia. Nah berikut ini tanda-tanda pernikahan tidak bahagia yang perlu anda waspadai. (baca juga: Cara Mengungkapkan Rasa Sayang Kepada Sahabat)

1. Sering Terjadi Perdebatan

Perdebatan dan perbedaan pendapat di dalam kehidupan rumah tangga merupakan hal wajar, apalagi di awal masa pernikahan dikarenakan satu sama lainnya yang masih berusaha untuk memahami karakter dari pasangannya. Namun jika hal ini terus berlanjut meskipun usia pernikahan anda sudah cukup lama, maka anda perlu mewaspadai hal ini. Meskipun telah hidup bersama sekian lama namun masih belum menemukan solusi untuk mengatasi perdebatan yang ada maka bisa menandakan jika kehidupan pernikahan anda bermasalah. Selain itu, hal ini juga menandakan jika anda dan pasangan tidak menjalani kehidupan yang bahagia. (baca juga: Ciri Pribadi Berwibawa)

2. Komunikasi Menjadi Berkurang

Komunikasi yang baik menjadi sebuah modal hubungan yang sehat, termasuk kehidupan pernikahan. Dengan adanya komunikasi yang baik, tentu saja akan menghindari terjadinya kesalahpahaman diantara pasangan. Sehingga anda perlu mengevaluasi lagi bagaimana cara berkomunikasi dengan pasangan selama ini. Jika asalah satu pasangan kurang bahkan berhenti berkomunikasi sebagaimana mestinya, maka tentu menjadi hal yang patut anda waspadai. Beberapa pasangan mungkin akan terus  masuk ke dalam perdebatan, namun tak sedikit dari orang yang sudah menikah memilih untuk berhenti berkomunikasi bahkan menjaga jarak dengan pasangannya. Yang terparahnya adalah jika pasangan saling sibuk bahkan larut dalam dunia nya masing-masing tanpa pernah mencoba berbagi dengan pasangan. (baca juga: Tanda Pria Kangen Pada Wanita)

3. Menjaga Rahasia Satu Sama Lainnya

Ciri ciri rumah tangga yang tidak bahagia lainnya adalah ketika salah satu pasangan atau bahkan keduanya saling tertutup dengan menjaga rahasianya masing-masing. Misalnya saja, ketika pasangan menerima sebuah telepon, dirinya akan lebih memilih menjauh untuk menerimanya bahkan mematikan telepon saat bersama dengan pasangan. Hal ini menjadi tanda jika ada yang disembunyikan dari pasangannya. Pasangan yang menjalani kehidupan rumah tangga yang bahagia akan selalu berbicara mengenai rencana masa depan bersama dengan pasangannya. (baca juga: Penyebab Wanita Agresif Pada Pria)

4. Saling Berbohong

Kejujuran merupakan hal penting yang ada di dalam kehidupan rumah tangga, namun  jika masing-masing pasangan sudah tidak mempercayai satu sama lainnya bahkan mulai timbul kebohongan di dalam sebuah hubungan maka menjadi pertanda jika kehidupan pernikahan yang dijalaninya tidak sehat, bahkan dapat dikatakan jika satu sama lainnya tidak bahagian dengan rumah tangga yang dibangunnya. (baca juga: Cara Membuat Orang Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama)


5. Tidak Memiliki Banyak Waktu Bersama Pasangan dan Keluarga

Ketika kehidupan pernikahan yang dijalani terasa sangat hambar, maka baik anda maupun pasangan tentu memiliki ketidaknyamanan ketika berada di rumah. Untuk mengatasi kejenuhan dan kebosanan tersebut, kebanyakan orang akan memilih untuk menghabiskan waktu nya di luar rumah ataupun di kantor. Bahkan tak jarang yang lebih memilih keluar bersama teman-teman dibandingkan dengan keluarga di rumah. Karena hal ini lah yang membuat waktu berkualitas bersama keluarga dan pasangan menjadi semakin berkurang. Untuk menjaga keutuhan pernikahan yang anda jalani, maka sebisa mungkin luangkan waktu anda bersama keluarga. Cobalah untuk mengajaknya ke tempat-tempat yang sekiranya belum pernah dikunjungi bersama. Dengan adanya suasana baru tentu saja bisa menghindarkan kebosanan dan kejenuhan di dalam rumah tangga. (baca juga: Cara PDKT Dengan Wanita)

6. Keakraban Yang Mulai Berkurang

Pernikahan tidak hany menyatukan dua orang yang saling jatuh cinta saja, namun juga menyatukan dua keluarga yang mana memiliki pandangan serta latar belakang yang berbeda satu sama lainnya. Sehingga anda tak hanya harus memahami pasangan, namun juga keluarganya. Di dalam rumah tangga, tak hanya terdiri dari pasangan suami istri saja, melainkan ada anak, orang tua, dan saudara lainnya. Sehingga pentingnya keakraban di dalam sebuah keluarga. Namun jika keakraban tersebut mulai menjauh dan berkurang, maka anda patut mewaspadai hal tersebut. Bisa jadi ini pertanda jika pernikahan anda terdapat masalah di dalamnya. Untuk mengatasinya, tentu saja anda harus mencari akar pokok permasalahan dan kemudian mengatasinya. (baca juga: Bahaya Curhat Dengan Lawan Jenis)

7. Munculnya Depresi

Ketika kehidupan rumah tangga tidak ada kata bahagia, maka jika terus menerus dibiarkan akan membuat anggota keluarga lainnya merasa tertekan. Oleh sebab itu, tak heran jika di dalam kehidupan rumah tangga yang tidak harmonis maka akan ada salah satu atau lebih anggota keluarga yang mengalami depresi. Jika sudah seperti ini maka dapat dipastikan jika ada yang salah di dalam kehidupan rumah tangga yang anda bangun bersama dengan pasangan. (bca juga: Cara Menghadapi Orang Keras Kepala)

8. Hilangnya Keintiman dan Keromantisan

Jika salah satu atau bahkan keduanya mulai tidak menunjukkan rasa cinta dan sayangnya kepada pasangan, maka bisa jadi ini tanda jika kehidupan rumah tangga yang dijalani nya sedang terdapat masalah. Ekspresi-ekspresi cinta seperti pelukan, ciuman, dan keintiman lainnya mulai menghilang dari pasangan anda. Bahkan hanya sekedar memegang tangan ataupun mengelus pundak sudah tidak ditunjukkan oleh pasangan. Keintiman yang berkuran dapat menjadi indikator jika hubungan pernikahan yang dijalani tidak bahagia, hal ini dikarenakan terkait hubungan emosional diantara kedua orang. (baca juga: Tips Bertemu Calon Mertua)

9. Selalu Berpikir Negatif

Tanda-tanda lainnya dari kehidupan pernikahan yang tidak bahagia adalah ketika satu sama lainnya selalu berpikir negatif kepada pasangan. Baik anda maupun pasangan sama-sama saling mencurigai satu sama lainnya. Hal ini dikarenakan sudah tidak ada kepercayaan lagi di dalam kehidupan pernikahan, sehingga membuat pikiran-pikiran negatif seperti tersebut muncul. Bahkan terkadang sikap-sikap seperti ini lah yang memicu terjadinya perdebatan yang berakhir dengan pertengkaran kecil hingga besar. (baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Minder)

10. Tidak Memperdulikan Keluarga

Keluarga adalah satu kesatuan yang mana harus diprioritaskan terlebih dahulu. Sehingga sudah pasti jika di dalam sebuah keluarga terdapat kepedulian, kasih sayang, dan cinta di dalamnya. Namun jika rasa kepedulian tersebut sudah tidak melekat di dalam keluarga, bahkan di antara pasangan tentunya hal ini menjadi tanda-tanda jika kebahagiaan di dalam pernikahan anda tidak ada. Hal ini pula lah yang membuat orang-orang di dalam keluarga tersebut berusaha mencari kebahagiaan dan kesenangan tersendiri di dunia luar. (baca juga: Tips Pacaran Jarak Jauh Agar Tidak Bosan)

11. Terjadi Perselingkuhan

Ketika kondisi pernikahan tidak berjalan dengan baik, maka tak heran jika bisa saja terjadi resiko perselingkuhan di dalamnya. Hal ini dikarenakan antara pasangan sudah tidak respek satu sama lainnya. Ketika perselingkuhan tersebut terjadi, maka tentu saja sudah terjadi pengkhianatan di dalam rumah tangga anda. Selain itu perselingkuhan juga digunakan sebagai cara untuk bisa mendapatkan kembali cinta dan sayang yang tidak mampu dirasakannya dari pasangan masing-masing. (baca juga: Ciri-Ciri Wanita Pemberi Harapan CInta)

12. Bahasa Tubuh

Kondisi pernikahan yang tidak bahagia akan sangat terlihat dari bahasa tubuh kedua pasangan. Bahasa tubuh yang diperlihatkan baik istri maupun suami dapat menunjukkan kondisi rumah tangga yang sedang dijalani. Bahasa tubuh serta perilaku yang buruk dapat mencerminkan kehidupan rumah tangga yang  kurang harmonis dan tidak bahagia. (baca juga: Tanda Tanda Wanita Masih Sayang Mantan)

13. Tidak Memiliki Tujuan Hidup

Sebelum memutuskan untuk menikah, tentunya setiap pasangan mempunyai tujuan hidup serta komitmen nya masing-masing. Jika kondisi rumah tangga yang dijalani tidak mendapatkan kebahagiaan, maka tentu saja fungsi-fungsi yang ada di dalam keluarga tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga karena hal tersebutlah emmbuat anggota keluarga yang ada di dalamnya tidak memiliki tujuan hidup lagi. Bahkan setiap anggota keluarga yang ada di dalamnya akan melakukan sesuatu sesuai dengan kehendaknya tanpa mementingkan anggota keluarga lainnya. (baca juga: Ciri Ciri Pria Modus)

Nah itu tadi beberapa tanda-tanda pernikahan yang tidak bahagia yang bisa anda ketahui. Tentu saja kondisi pernikahan seperti ini tidak bisa dibiarkan terus menerus jika anda memang ingin mempertahankan rumah tangga yang anda jalani. Sebisa mungkin jalin lagi komunikasi yang baik bersama pasangan dan anggota keluarga lainnya untuk mengikat kuat kembali tali kasih sayang serta cinta yang ada. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 26th, July 2017 / 08:24 Oleh :
Kategori : Suami Istri