Bolehkah Suami Istri Tidur Terpisah ? Dampaknya Mempengaruhi Rumah Tangga

Banyak hal yang diupayakan oleh pasangan suami istri untuk bisa menjaga hubungan mereka tetap aman dan jauh dari ketidakbahagiaan, seperti mempelajari tips menjaga hubungan tetap mesra bagi pasutri, agar mereka bisa tahu cara membina rumah tangga bahagia. Agar hubungan mereka tetap harmonis banyak hal yang harus diperhatikan untuk bisa terus mempertahankannya. Bahkan hal-hal kecil yang tampak sepele sekalipun juga bisa mengundang perselisihan antara suami istri dan terkadang malah menimbulkan persoalan baru yang lebih besar. Oleh karena itu kita harus benar-benar tahu apa yang baik dan yang tidak serta cara mengatasi konflik yang ada demi kelangsungan pernikahan.

ads

Hal yang dibahas kali ini adalah tentang pasangan suami istri yang memilih untuk tidur secara terpisah, bukan pisah ranjang karena terjadinya pertengkaran atau harus terpisah karena tuntutan pekerjaan sehingga mereka harus tinggal di kota yang berbeda. Tapi yang dimaksud dalam pembahasan ini  adalah pasangan suami istri yang tinggal serumah tapi tidur terpisah di kamar masing-masing. Bolehkah?

Jawabannya adalah TIDAK.

Alasannya adalah karena banyak sisi buruk dari pada sisi baiknya serta adanya kerugian yang ditimbulkan jika suami istri tidur terpisah dikamar sendiri-sendiri yang akan berdampak pada keharmonisan rumah tangga mereka dimasa depan. Dan hal ini juga akan menimbulkan banyaknya ruang dan celah yang lambat laun akan menjadi penyebab suami istri tidak harmonis lagi dan dapat berimbas pada keretakan bahkan kehancuran rumah tangga.

Meski hal ini terlihat sepele namun dikemudian hari akan menimbulkan dampak negatif yang akan membuat kita menyesali hal ini, meskipun suami dan istri awalnya memiliki alasan yang baik untuk memilih untuk tidur terpisah. Memang ada banyak pendapat yang berbeda mengenai masalah ini, ada yang setuju dan ada yang tidak dengan alasan kesehatan karena kualitas tidur jadi lebih baik jika tidur sendiri. Tapi dengan tidur bersama pasangan, kita juga masih bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Memang wajar untuk beberapa alasan atau keadaan, namun dari segi keharmonisan rumah tangga dan pernikahan tentu tidak baik, apalagi jika hal ini berlangsung lama dan teru menerus karena tidur terpisah akan menimbulkan ruang jarak dalam hubungan suami istri.

Berikut beberapa dampak yang kelak akan bisa terjadi jika suami dan istri keterusan tidur terpisah.

  1. Waktu komunikasi akan menjadi berkurang.

Waktu hendak tidur bisa menjadi ajang untuk saling bertukar cerita bagi pasangan suami istri, komunikasi antara suami dan istri juga bisa terjalin dengan baik serta lebih bisa terbuka antara keduanya. Sedangkan jika suami dan istri tidur terpisah mereka akan kehilangan momen ini dan diwaktu siang mereka pun akan disibukkan dengan aktivitas masing-masing.

  1. Akan kehilangan kemesraan

Jika tidur terpisah pasangan suami istri tidak akan memiliki waktu untuk sekedar bermesraan setiap malam karena telah terhanyut dengan diri masing-masing. Padahal kemesraan antara suami istri itu sangat penting untuk menjaga hubungan pernikahan agar tetap langgeng dan harmonis, bahkan kemesraan juga termasuk dalam salah satu cara hidup bahagia dalam rumah tangga


  1. Keintiman pasangan suami istri akan terganggu.

Karena setiap malam pasangan suami istri tidur terpisah dikamar masing-masing, ini akan membuat hubungan dan kedekatan diantara mereka tidak terjalin dengan  baik. Bahkan lama-kelamaan mereka akan terhanyut dalam kesendirian masing-masing.

  1. Bisa menimbulkan rasa kesepian.

Kalau tidur terpisah, pasagan suami istri ini lama-lama akan dihampiri rasa kesepian yang berubah menjadi prasangka yang tidak baik terhadap pasangannya. Salah satu dari mereka mungkin berfikir jika pasangan mereka sudah tidak menyayanginya lagi karena lebih senang tidur sendiri.

  1. Dapat menimbulkan kekosongan.

Walaupun sudah memiliki kesepakatan bersama untuk tidur terpisah, tapi lama-kelamaan pasangan suami istri akan merasakan kekosongan dari dalam dirinya karena selama ini mereka telah terbiasa tidur sendiri dan membuat hatinya terasa hampa. 


  1. Tidak ada kehangatan bagi pasangan suami istri.

Saat tidur bersama pasangan suami istri bisa merasakan kehangatan dan kenyamanan yang ditimbulkan karena kehadiran orang yang disayangi dan dicintai di sisinya. Hal ini juga akan membangun kedekatan dan chemistry yang kuat antara suami dan istri. Namun hal ini tidak kaan terjadi jika mereka memilih tidur terpisah, mereka akan tenggelam dalam kesendirian.

Dari beberapa pembahasan diatas, dapat kita lihat dampak yang tidak baik jika pasangan suami dan istri tidur terpisah.  Dan jika hal ini terus berlajut maka dampak yang akan ditimbulkannya juga semakin besar pula dan semua itu terjadi secara tidak langsung tanpa kita sadari.

Oleh karena itu , sebagai pasangan suami istri lebih baik untuk memilih tidur bersama saja dari pada harus terpisah. Banyak keuntungan dan dampak positif yang bisa di dapatkan jika tetap memilih untuk tidur bersama. Hubungan asmara antara pasangan suami istri juga akan terbangun lebih erat dan kuat karena adanya kedekatan dan kelekatan yang terbangun karenanya.

, ,
Oleh :
Kategori : Suami Istri