13 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Baik dan Benar

Dalam menjalani kehidupan tidak ada manusia yang tak pernah mempunyai masalah dalam hidupnya, semuanya pasti akan menemukan problema yang harus dihadapinya. Dan setiap dari kita akan menemui beragam masalah yang harus kita selesaikan dengan cara mengendalikan diri sebaik mungkin agar masalah tidak bertambah besar dan rumit.

ads

Setiap orang akan memiliki masalahnya masing-masing, baik dalam lingkup tetangga, saudara, teman bahkan permasalahan dalam rumah tangga seperti dengan suami atau anak sendiri. Hadirnya sebuah masalah dalam hidup seseorang dianggap sebagai ujian dan cobaan dari yang Maha Kuasa yang harus dilewati dengan baik. Untuk itu kita harus bijak dalam menghadapinya agar hidup kita tidak menjadi berantakan, maka belajarlah cara menghadapi masalah dengan tenang agar semuanya bisa terselesaikan.

Agar diri kita bisa menyikapi beragam masalah yang akan selalu ada dalam hidup, cobalah simak cara menyelesaikan masalah dengan baik.

  1. Cari penyebab timbulnya masalah.

Tak mungkin ada asap jika tidak ada api. Hadirnya sebuah masalah tentu ada faktor penyebabnya, untuk bisa menyelesaikan segala permasalahan dalam kehidupan tentu harus diketahui dulu akar dari permasalahan itu. Sehingga kita lebih mudah untuk menemukan jalan keluar sesuai faktor penyebabnya. Dan dengan mengetahui penyebabnya kita bisa menuntaskan masalah itu hingga ke akarnya sehingga tidak lagi timbul permasalahan baru atau masalah yang sama dikemudian hari.

  1. Jangan mencari solusi dengan hati yang sedang kacau.

Hati siapa yang akan tenang jika ada masalah dalam hidupnya? Tentu tidak ada. Semua orang akan menjadi gusar karenanya. Tapi untuk menemukan solusi dari masalah yang dihadapi harus dengan hati yang tenang, jika hati kita sedang kacau akan sangat sulit untuk menemukan jalannya bahkan pikiran kita juga akan buntu jika hati sedang kacau.

  1. Tenangkan pikiran terlebih dahulu agar bisa mencari jalan keluar dengan baik.

Jika hati tenang dan pikiran pun tenang maka jalan keluar dari masalah yang sedang terjadi akan menjadi lebih mudah untuk ditemukan, kita bisa berpikir dengan jernih untuk menentukan mana jalan yang baik dan benar untuk ditempuh. Maka temukan solusi terbaik dengan cara menenangkan hati dan pikiran terlebih dahulu.

  1. Tidak membuat masalah semakin rumit.

Kalau ada masalah sebaiknya diselesaikan dengan cara yang benar dan dengan solusi yang tepat. Hadapi dengan kepala yang dingin dan jangan membuat masalah yang ada menjadi semakin runyam. Karena tanpa kita sadari kita dapat membuatnya menjadi semakin rumit dengan sikap kita yang tidak terkendali.

  1. Temukan jalan keluar dari banyak sudut pandang.

Jika jalan yang satu buntu untuk menemukan solusi, cari jalan keluar dari arah lain. Semakin banyak kita cari jalan keluar dari berbagai sudut pandang maka akan semakin mudah pula bagi kita untuk menemukan solusi terbaik dalam menyelesaikan perkara.

  1. Pertimbangkan jalan keluar yang paling baik.

Setelah menemukan beberapa jalan keluar untuk masalah yang sedang kita hadapi, pertimbangkanlah jalan mana yang paling baik dan jalan mana yang akan memberikan dampak positif hingga kedepannya. Sehingga tidak ada lagi masalah yang kemungkinan kembali datang di masa depan.


  1. Minta pendapat dan bantuan dari orang lain.

Ada kalanya kita tidak mampu untuk menyelesaikan masalah kita sendirian, untuk itu kita perlu bantuan orang lain untuk meringankan beban kita dan membantu kita untuk menemukan solusinya. Karena setiap orang memiliki cara berpikir yang unik dan berbeda, maka siapa tahu orang yang kita tuju bisa memberikan solusinya untuk masalah kita.

  1. Tetap berpikiran positif.

Dengan tetap berpikiran positif akan membantu kita dalam menyelesaikan masalah dengan baik, karena dengan terus berpikiran positif terhadap segala sesuatu akan membuat kita lebih tenang dan tidak terganggu akan hal-hal dan pikiran buruk.

  1. Jangan mudah berputus asa.

Tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya, setiap masalah pasti ada solusinya. Hanya saja kita jangan cepat berputus asa dan segera menyerah disaat menemukan jalan buntu. Tetap semangat untuk menyelesaikan masalah agar hidup kita bisa tenang dikemudian hari.

  1. Jangan gunakan emosi dalam menyelesaikan masalah

Kalau emosi ikut berbicara maka yang ada masalah akan semakin rumit dan tidak akan terselesaikan dengan baik. Untuk itu jaga emosi dan belajar cara meredam emosi agar masalah bisa diselesaikan dengan cara yang baik. 


  1. Perbanyak sabar dalam menghadapinya.

Yang namanya masalah akan selalu ada di dalam hidup tanpa memandang siapa yang akan mendapatkannya. Untuk itu kita harus menanamkan sifat sabar di dalam diri agar kita bisa untuk kuat dan tegar dalam menhadapinya. Dan kitapun harus banyak belajar cara menghadapi masalah dengan sabar.

  1. Tetap tenang dan jangan panik.

Jangan mudah panik jika mendapatkan masalah, tetap tenangkan diri agar kita bisa berpikir dengan baik dan bisa segera menyelesaikan masalah.

  1. Diskusikan dengan orang yang lebih paham tentang masalah yang sedang dihadapi.

Jika kita kurang paham tentang masalah yang ada, tanyakan di diskusikan dengan orang yang ahli dibidangnya agar kita bisa mendapatkan pemahaman yang benar dan bisa segera menyelesaikannya.

Demikianlah cara yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang kita hadapi, baik itu masalah keluarga, percintaan, pertemanan, kehidupan dan masalah-masalah lainnya yang akan selalu datang tanpa di duga.

,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan