15 Cara Menahan Emosi Terhadap Pasangan Yang Sering Marah

Adakalanya disaat kita berselisih paham tentang sesuatu atau sedang bertengkar dengan pasangan, sulit rasanya untuk memendam emosi dan amarah agar tidak sampai meledak-ledak yang membuat pertengkaran tak kunjung usai. Apalagi bagi kita yang memiliki sifat emosian tingkat tinggi, menahan emosi adalah hal yang mustahil untuk dilakukan.

ads

Dan kita juga tahu, jika kita tak bisa menahan emosi dalam menghadapi apapun akan membuat kita terlihat  sangat tidak bersahabat di mata orang lain dan akan selalu ribut setiap kali ada hal yang membuat emosi naik. Maka belajarlah cara menghilangkan rasa marah agar tidak menjadi orang yang emosian.

Terlebih lagi jika kita punya pasangan yang selalu bisa memancing emosi dan rasa marah kita, bisa-bisa kita dan pasangan akan ribut terus. Jika terus dibiarkan akan seperti apa hubungan kita ke depannya? Untuk itu kita harus belajar cara meredam emosi kita dengan mengikuti cara menahan emosi terhadap pasangan:

  1. Belajar untuk menjadi orang yang penyabar.

Kesabaran adalah kunci utama dalam menghadapi masalah dalam kehidupan, ini adalah sifat utama yang diharapkan bisa dimiliki setiap orang  Mulailah melatih kesabaran dari hal-hal kecil lebih dahulu dan nantinya kita akan terbiasa untuk sabar dalam menghadapi setiap masalah.

  1. Harus bisa mengendalikan diri sendiri.

Disaat ada hal yang membuat diri kita emosi, belajarlah untuk bisa mengendalikan diri sendiri agar tetap bisa bersikap tenang.

  1. Ingat kebaikan pasangan kita.

Ketika pasangan kita membuat kita kesal atau marah, coba ingat semua kebaikan yang pernah ia lakukan pada kita. Hal ini akan membuat emosi kita sedikit mereda karena ia juga pernah membahagiakan kita.

  1. Menjauh untuk beberapa saat.

Kalau sedang ribut dengan pasangan sebaiknya kita menjauh terlebih dahulu agar emosi kita tidak meledak dan membuat pertengkaran semakin menjadi-jadi. Ini lebih baik dilakukan agar kita bisa mengontrol diri sendiri disaat sedang marah.

  1. Alihkan pikiran ke hal lain yang menyenangkan.

Lupakan permasalahan antara kita dan pasangan sejenak, pindahkan perhatian padahal lain yang lebih menarik dan membuat kita senang. Atau bisa juga dengan beralih mengerjakan hal lain sesuai dengan hobi kita.

  1. Lakukan kegiatan yang membuat kita lebih rileks.

Melakukan kegiatan bersama teman atau keluarga bisa membuat diri kita lebih rileks dan dapat menghilangkan ketegangan di dalam diri kita usai cekcok dengan pasangan.

  1. Menangislah

Menangis bisa membuat hati kita lebih lega dan tenang apalagi sedang dalam keadaan emosi dengan menangis kita juga bisa untuk lebih tenang. Untuk itu jangan sungkan untuk menangis jika sudah terlalu emosi.

  1. Tidur.

Tidur juga bisa membuat amarah dan emosi kita mereda, karena disaat terbangun tubuh kita akan terasa lebih rileks dan segar. Sehingga kita akan merasa lebih baik dan lebih tenang.

  1. Curhat pada orang yang tepat.

Berbagi cerita dan masalah pada teman atau sahabat bisa meringankan gejolak di dalam hati, tapi jangan sampai curhat pada orang yang salah dan bahaya curhat dengan lawan jenis. Curhatlah pada orang yang bisa mendengar dan bisa mengerti kita.


  1. Cari udara segar untuk menenangkan pikiran.

Disaat diri masih merasa emosi akibat sikap pasangan kita yang menjengkelkan cobalah untuk berjalan-jalan untuk menghilangkan rasa kesal dan menenangkan diri. Dengan melihat banyak hal yang kita lewati tanpa sadar emosi kita akan mereda. Jika anda kesusahan untuk menghilangkan rasa marah, kami akan berbagi cara menghilangkan rasa marah.

  1. Maafkan kesalahan pasangan.

Dengan bisa memaafkan kesalahan pasangan akan membuat emosi kita terkendali karena tidak ada lagi yang harus kita perdebatkan dengannya.

  1. Ingatlah bahwa pasangan kita adalah orang yang kita cintai.

Ingatlah kenangan indah kita bersama pasangan, dan sadari bahwa ia adalah orang yang kita cintai dan sayangi. Orang yang selama ini ada bersama kita dan menemani kita. Jangan biarkan emosi membuat hubungan kita dengan pasangan menjadi renggang. Oleh karena itu kami akan bergai cara menjaga hubungan dengan pacar agar langgeng.


  1. Ajaklah pasangan untuk segera berdamai.

Jika dirasa perdebatan semakin menjadi-jadi segera hentikan dan selesaikan dengan cara mengajak pasangan untuk berdamai.

  1. Kembali pada tujuan bersama

Ketika memulai suatu hubungan kita pasti memiliki impian dan tujuan yang ingin di capai bersama, dengan mengingat hal itu akan membuat kita sadar dan tidak mau merusak impian itu hanya karna sebuah emosi.

  1. Seberapa kesalahan pasangan?

Setiap manusia pasti pernah berbuat salah, juga diri kita sendiri dan pasangan kita. Tidak usah terlalu naif dan hanya melihat kesalahan pasangan semata. Apakah kesalahan pasangan sangat fatal sehingga membuat kita menjadi sangat marah dan emosi? Jika kesalahan itu masih bisa di tolerir lebih baik berdamai saja.

Itulah 15 poin yang bisa kita coba untuk menahan amarah dan emosi kita pada pasangan kita. Mengingat sifat emosian itu tidak baik kita juga harus belajar untuk bisa mengendalikan emosi agar kita tak menjadi orang yang temperamental.

Demikian artikel mengenai cara menahan emosi terhadap pasangan. Semoga informasi dari artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Percintaan