12 Cara Menghadapi Ipar yang Sirik dan Dengki

Menikah adalah salah satu lembaran baru dalam setiap kehidupan. Menikah adalah salah satu cara menyatukan tidak hanya dua individu, tetapi dua keluarga. Oleh karena itu, saat menikah tidak hanya mendapatkan suami atau istri. Tetapi juga mendapatkan mertua serta saudara ipar. Walau bergitu, memiliki saudara ipar bukanlah hal yang mudah. Karena karakternya pasti berbeda dengan saudara kandung. Mungkin ada yang beruntung, dengan mendapatkan saudara ipar yang baik dan sangat menyayangi ipar- iparnya. Akan tetapi ada juga saudara ipar yang menyebalkan serta selalu membuat kita kesal. Beberapa tipe saudara ipar yang menyebalkan adalah saudara ipar yang sirik dan dengki dengan kita. Cara menghadapi orang iri hati dan dengki  mungkin dapat dilakukan jika orang tersebut hanyalah sebatas teman. Akan tetapi menghadapi saudara ipar yang sirik membutuhkan pedekatan yang berbeda. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini cara menghadapi saudara ipar yang sirik dan dengki.

ads

1. Bersabar

Memiliki ipar yang sirik memang bukan perkara yang mudah. Karena orang yang sirik sama saja dengan iri. Oleh karena itu, mereka akan selalu menghina atau merendahkan setiap apa yang kita lakukan, atau pencapaian yang berhasil kita dapatkan. cara bersikap sabar dalam segala hal adalah hal yang harus dilakukan dalam berhadapan dengan saudara ipar yang sirik. Karena dengan cara menghadapi masalah dengan sabar, maka konflik dengan saudara ipar dapat terhindarkan, dan tidak semakin memperdalam masalah yang ada.

2. Tetap Rendah Hati

Istilah sirik tanda tak mampu, adalah istilah untuk menggambarkan orang yang iri dan dengki dengan apa yang berhasil di raih. Melawan orang yang sirik dengan kesombongan, ibarat menuangkan minyak ke dalam api. Untuk menghadapi orang sirik, dibutuhkan kerendahan hati, terutama saat menghadapi saudara ipar yang sirik dengan kita. Saudara ipar yang sirik tetap adalah saudara yang harus disayang dan dihormati. Oleh karena itu dengan rendah hati, maka rasa sirik saudara ipar dan dikurangi. Lebih baik lagi, jika saudara ipar dapat melihat kebaikan di hati kita.

3. Tidak Melawan

Saat saudara ipar mulai menunjukkan sifat siriknya, ia akan selalu merendahkan apa yang kita lakukan. Hal ini karena bagi orang yang sirik, apapun kelakuan yang kita lakukan, akan selalu terlihat buruk di mata mereka. Oleh karena itu, saat menghadapi saudara ipar yang sirik, yang harus dilakukan adalah tetap sabar dan tidak melawan. Jika saudara ipar membicarakan hal yang buruk di belakang kita, maka diam dan tidak menghiraukan adalah cara yang paling benar. Jika kita melawan, hal itu akan semakin membuat saudara ipar merasa semakin membenci kita, sehingga dapat memecah belah keluarga.

4. Tetap Bersikap Baik

Apapun kejelekan yang dilakukan oleh saudara ipar, maka kita harus tetap bersikap baik. Dengan tetap bersikap baik, maka suatu saat saudara ipar akan menyadari kebaikan yang dimiliki oleh kita. Selain itu, tetap berbuat baik juga dapat menjadi ladang pahala bagi kita, sehingga dapat membuat rumah tangga terhindar dari penyebab rumah tangga kurang berkah. Bersikap baik dapat dilakukan dengan sesekali mengunjungi mereka, selain itu dapat dilakuakn dengan membelikan sedikit oleh- oleh. Atau bahkan dengan menunjukkan sedikit perhatian dan bantuan ketika keluarganya mengalami musibah.


5. Tidak Angkuh

Salah satu cara menghadapi ipar yang sirik adalah dengan tidak angkuh. Angkuh dan sombong adalah hal yang membuat seseorang semakin sirik dan dengki dengan kita. Oleh karena itu, dengan merendahkan hati, serta tidak sombong, maka kita dapat menunjukkan bahwa kita tidak dendam atas apa yang meraka lakukan. Cara menghilangkan sifat angkuh dan sombong, akan membantu kita dalam bertindak di depan saudara ipar yang sirik. Selain itu, dengan menunjukkan bahwa kita tidak sombong dan angkuh, saudara tiri akan menyadari bahwa kita bukanlah orang yang jahat.

6. Tidak Menjelekkan

Saat memiliki saudara ipar yang sirik, maka jangan sekali- kali menjelekannya di depan saudara, teman, bahkan suami. Hal ini sama saja dengan memperuncing masalah yang ada. Selain itu, terlalu mengumbar masalah keluarga ke semua orang, dapat menjadi penyebab perceraian suami istri yang paling sering terjadi. Hal ini, karena membicarakan aib keluarga ke semua orang, dapat memunculkan nasihat- nasihat negatif yang justru dapat memperuncing masalah. Hal ini juga berlaku bagi seseorang yang suka curhat ke teman lawan jenis. Memang yang di bicarakan mengenai saudara ipar yang sirik, akan tetapi hal ini dapat memicu munculnya Penyebab perselingkuhan dalam rumah tangga. Sehingga dapat berdampak buruk terhadap rumah tangga kelak.

7. Tahan Emosi

Saudara ipar yang sirik, akan selalu memperlakukan kita dengan buruk. Sehingga hal ini akan membuat kita selalu merasa kesal. Akan tetapi kemarahan, justru akan membuat saudara ipar merasa menang, karena berhasil memprovokasi kita. Oleh karena itu, kita harus belajar cara mengendalikan diri dari emosi, sehingga kita menjadi tidak mudah terpancing. Emosi yang tidak dapat di tahan, akan membuat masalah semakin runyam. Karena emosi dapat membuat kita tidak dapat mengkontrol diri, sehingga dapat menimbulkan masalah yang lebih panjang.

8. Tunjukkan Kedewasaan

Orang sirik adalah orang yang tidak dapat bersikap dewasa. Oleh karena itu, untuk dapat menghadapi saudara ipar yang sirik, kita harus menunjukkan bawah kita lebih dewasa dari dia. Dengan belajar cara bersikap dewasa dalam kehidupan sehari hari yang paling benar, secara tidak langsung kita juga belajar cara meredam emosi diri. Karena orang yang dewasa tidak semudah itu terpancing amarah, apalagi sampai melakukan hal- hal yang tidak perlu. 


9. Kurangi Rasa Egois

Saat menghadapi saudara yang sirik, maka kita harus membuang jauh- jauh rasa egois di dalam diri. Karena rasa egois adalah salah satu cara termudah bagi seseorang untuk mudah terprovokasi. Jika kita memiliki rasa egois yang tinggi, maka rasa harga diri juga akan tinggi. Jika harga diri yang tinggi itu di hina, maka akan dengan mudah terpancing emosi. Belajar cara merubah sifat egois wanita dan pria adalah dengan sabar dan selalu rendah hati.

10. Ajak Berkomunikasi

Jika memiliki saudara ipar yang sirik, ada baiknya ajaklah ia berkomunikasi. Hal ini untuk saling membuka pikiran, sehingga tidak ada kesalahpahaman lebih lanjut. Selain itu, jika ia sulit untuk di ajak berkomunikasi, bicarakan hal tersebut dengan saudara kandung yang menjadi suami atau istrinya, atau jika saudara ipar adalah saudara dari istri atau suami, bicarakanlah dengan pasanganmu. Karena sebagai pasangan atau saudara kandung, mereka lebih tau bagaimana caranya berhadapan dengan mereka.

11. Berikan Maaf

Hal yang terpenting dalam menghadapi saudara ipar yang sirik adalah dengan memberikan maaf. Memaafkan juga menjadi cara merubah diri menjadi lebih baik. Selain itu, dengan memaafkan, dapat membuat munculnya ciri keluarga harmonis dan sejahtera, sehingga tidak ada lagi saling dendam antar saudara. Memaafkan juga membuat kita semakin dekat dengan saudara ipar, dan dapat terus menjaga silahturahmi.

12. Kembalikan Kepada Tuhan

Hal terakhir saat menghadapi saudara ipar yang sirik adalah dengan kembali kepada tuhan. Jika kita sudah berusaha menjadi baik, dan dia tetap sirik, maka satu- satunya cara adalah dengan mendoakan dia, sehingga ia dapat dibukakan pintu hatinya, dan menyadari kesalahannya.

Demikian tadi 12 cara menghadapi saudara ipar yang sirik. Yang paling penting dilakukan dalam menghadapi saudara ipar yang sirik adalah dengan tidak menunjukkan kesombongan di depannya, yang akan membuat dia semakin membenci kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , , ,