11 Cara Menghilangkan Sifat Over Protektif pada Pasangan

Adanya rasa cinta dan sayang serta rasa kepada seseorang merupakan hal yang wajar terjadi di dalam kehidupan manusia, karena memang sesungguhnya manusia itu diciptakan berpasangan-pasangan. Rasa cinta juga dapat menimbulkan rasa ingin memiliki kepada seseorang, ingin selalu mendampinginya, menjaganya, serta rasa ingin untuk hidup bersama selamanya.

ads

Perasaan cinta dan sayang yang begitu kuat dan berlebihan bisa mendatangkan sikap over protektif pada diri seseorang, bisa karena ia merasa takut orang yang dicintainya akan berpaling kepada orang lain atau takut orang yang disayangi dan dicintainya terkena bahaya ketika tidak bersamanya.

Namun biasanya sifat over protektif yang dimiliki seseorang kepada pasangannya itu sangat erat hubungannya dengan perasaan cemburu akibat rasa takut kehilangan orang yang dicintainya.

Jika kamu merasa diri kamu bersikap over protektif kepada pasangan kamu, sebaiknya dikurangi deh karena sifat ini juga tidak baik untuk keberlangsungan hubungan kamu dengan pasangan dan bisa menjadi faktor penyebab pasangan berubah sama kamu. Pasangan kamu bakalan nggak betah dan merasa risih dengan sikap kamu ini. Sebaiknya simak tips berikut agar kamu bisa menghilangkan sifat kamu yang over rotektif itu.

  1. Tumbuhkan rasa percaya kepada pasangan.

Tanamkan rasa percaya kepada pasangan agar hati dan pikiran lebih tenang. Mungkin rasa percaya yang dulu pernah ada sekarang sudah hilang karena pernah dibohongi. Namun tidak ada salahnya untuk membangun kepercayaan itu kembali demi mengubah sifat kamu yang terlalu mengatur dan mengekang. Kekurangan kepercayaan kepada pasangan juga bisa menjadi penyebab suami istri tidak harmonis loh.

  1. Hilangkan semua prasangka dan praduga yang buruk pada orang yang dicinta.

Sifat yang over protektif bisa datang hanya karena pikiran kamu dipenuhi oleh dugaan-dugaan yang tidak baik terhadap orang yang kamu cintai, padahal belum tentu dugaan itu benar adanya. Padahal dugaan semacam ini dapat menimbulan pertengkaran dan perselisihan didalam hubungan.

  1. Yakinkan diri bahwa orang yang dicintai akan baik-baik saja.

Kamu harus yakinkan diri bahwa orang yang kamu cintai akan baik-baik saya meskipun ia berada diluar jangkauan kamu. Ingatlah bahwa ia juga bisa menjadi dirinya dengan baik dan biarkan ia menikmati hidupnya juga bersama teman-temannya.

  1. Selalu berpikir positif terhadap pasangan kamu.

Selalu berpikir hal-hal yang baik tentang pasangan kamu, dengan kamu selalu berpikir positif mudah-mudahan apa yang kamu harapkan bisa menjadi doa dan dapat mengurangi sifat kamu yang berlebihan dalam mencemaskannya.

  1. Jangan terlalu cemburuan kepada siapa pun.

Jangan merasa cemburu kepada siapa pun yang berteman dengan pasangan kamu, apalagi jika itu rasa cemburu yang berlebihan. Karena pasangan kamu juga berhak memiliki banyak teman dan memperluas pergaulannya. Untuk itu ketahui tips menyembunyikan rasa cemburu agar tidak membuat pasangan jadi merasa serba salah.


  1. Jangan suka mikir yang aneh-aneh.

Jangan biasakan berpikir yang macam-macam dan aneh-aneh apalagi tentang sesuatu yang buruk. Justru hal ini yang akan memancing kamu untuk bersikap over protektif, maka dari itu berhentilah dari sekarang untuk selalu berpikiran buruk.

  1. Sadarlah bahwa pasangan kita juga butuh ruangnya sendiri.

Pasangan kita juga sama seperti diri kita yang butuh ruang untuk menikmati dunianya sendiri. Dia juga butuh ruang privasi untuk menikmati hidup bersama teman-temannya karena ia juga butuh untuk bergaul dan bersosialisasi. Janganlah kamu menjadi pacar protektif terhadap pasangan karena juga akan berdampak pada hubungan yang sedang dijalani.

  1. Lawan rasa takut yang ada di dalam diri.

Sifat over protektif yang kamu miliki dapat muncul karena adanya rasa takut yang berlebihan akan kehilangan seseorang yang kamu cintai, sehingga kamu membatasi ruang geraknya dengan memberikan banyak peraturan-peraturan yang mungkin membuatnya merasa terkekang.

  1. Ubah cara pandang dan cara berpikir terhadap suatu hal.

Ubah cara kamu berpikir dan memandang setiap hal yang terjadi, bisa jadi sifat kamu yang suka mengekang timbul karena cara pandang kamu yang salah terhadap suatu hal.

  1. Beri kebebasan kepada pasangan kita untuk berkembang.

Pasangan kita juga punya hak untuk merasakan kebebasan untuk berkembang, tentu kita tidak ingin membuat pasangan kita hanya memiliki wawasan yang terbatas. Untuk itu biarkan ia belajar dan berkembang dengan lingkungan sepergaulannya. 


  1. Biarkan orang yang kita sayangi untuk bisa mandiri.

Walaupun kamu ingin melindungi orang yang disayangi dan selalu ingin berada di dekatnya untuk membantunya, tapi kamu tidak akan selalu bisa berada didekatnya dan membantunya setiap saat. Jadi kamu harus membiarkan dia untuk bisa hidup mandiri demi kebaikannya nanti di masa depan.

Itulah penjelasan dari beberapa tips di atas yang semoga bisa membantu dalam menghilangkan sifat over protektif yang dimiliki agar orang yang disayangi bisa merasakan kebebasan dalam melakukan berbagai aktivitasnya. kamu  juga harus mengetahui ciri-ciri orang tua yang over protektif agar jika kamu memiliki anak bisa belajar cara menjadi orang tua yang baik nantinya.

Rasa over protektif yang dimiliki bisa membuat orang merasa tidak nyaman dan merasa terkekang dengan keharusan-keharusan yang diberikan padanya. Dan hal ini bisa menjadi salah satu penyebab rasa cinta berkurang bagi pasangan.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Percintaan