Kenapa Wanita Gampang Menangis Ya? Ini 9 Alasannya

Menangis menjadi satu hal yang melekat pada sosok seorang wanita. Wanita cenderung meneteskan air mata sebagai bentuk dari ungkapan perasaannya, yakni perasaan sedih, kecewa, marah bahkan juga mengekspresikan perasaan terharu. Berbeda dengan para pria yang lebih jarang menangis, wanita justru sangat mudah menangis. Hanya karena hal-hal kecil dan sepele pun ternyata juga bisa membuat wanita menangis. Kenapa wanita gampang menangis ya? Yuk simak alasannya.

1 . Wanita itu memiliki hati yang lembut

Makhluk bernama wanita ini selalu mengedepankan perasaan dari pada logika dalam menimbang suatu masalah. Berbeda dengan pria yang justru lebih mengandalkan logika dari pada perasaan. Itulah kenapa wanita gampang menangis sementara pria tidak. Jadi jangan salahkan wanita jika mudah menangis karena memang wanita dilahirkan dengan hati dan perasaan yang lembut. Justru wanita yang mudah menangis juga merupakan ciri – ciri wanita baik hati.

2. Perasaan wanita itu peka dan sensitif

Selain karena perasaan perempuan itu lembut, juga karena perasaan perempuan itu sangatlah peka dan sensitif. Maka dari itu, sangat mudah bagi perempuan untuk merasa tersinggung dan sedih hanya karena sebuah perkataan yang mungkin juga diucapkan orang lain tanpa sengaja. Atau hanya karena sebuah ucapan yang menyakitkan hati yang bisa membuat sedih perasaannya. Terlebih bagi wanita yang hatinya sedang terluka dan dalam keadaan dirundung berbagai masalah.

3. Wanita lebih emosional

Alasan kenapa wanita mudah menangis berikutnya adalah karena wanita itu lebih emosional. Dalam menghadapi sesuatu hal atau masalah, bisa dibilang wanita lebih emosional. Sering kita lihat terkadang wanita bisa marah atau menangis berlebihan hanya karena hal sepele. Emosional dalam diri wanita terkadang juga dipengaruhi oleh perubahan hormon dalam tubuh dimana perasaan wanita bisa menjadi sangat sensitif disaat-saat tertentu. Menangis bagi wanita juga merupakan cara menenangkan hati dan pikiran.

4. Wanita lebih egois

Di banding pria, wanita justru lebih egois, seperti tidak mau disalahkan atau disudutkan karena kesalahan yang telah ia perbuat sendiri. Akhirnya perasaan tertekan yang timbul membuat wanita hanya bisa menyikapinya dengan menangis. Menangis juga lantaran wanita merasa bingung harus berbuat apa kala keadaan terjepit dan tersudutkan.

5. Terlalu dalam dalam menanggapi situasi

Wanita tidak bisa menjadi cuek dengan segala sesuatu yang ia alami dan rasakan. Secuek dan setegar apa pun perempuan, ia pasti akan menangis kala menghadapi situasi yang membuatnya merasa sedih, kehilangan atau bahkan marah. Meski terkadang tidak terlihat, itu hanya karena sebagian wanita mampu menyembunyikan air mata di depan orang banyak dan akan menumpahkannya ketika ia sendirian.

6. Wanita itu lebih penakut

Penakut disini dalam artian wanita lebih banyak merasa takut dalam menghadapi kenyataan dibanding laki-laki. Wanita berpikir karena kemampuannya yang terbatas akan membuat beberapa hal yang mungkin harus ia hadapi menjadi menyeramkan dan menakutkan. Itulah kenapa saat membayangkan sesuatu yang mungkin akan terjadi atau akan ia hadapi saja bisa membuat wanita menangis. 

7. Pertanda bahwa wanita itu penuh kasih sayang

Wanita yang mudah menangis justru menandakan bahwa dirinya penuh dengan kasih sayang. Hal ini lantaran wanita memiliki rasa empati dan simpati yang tinggi kepada orang lain. Bisa merasakan kesedihan dan kesusahan yang dirasakan orang lain, dan juga bisa merasakan dirinya berada dalam posisi yang sulit. Oleh karena itu, walau hanya karena melihat dan mendengar saja, wanita juga bisa merasa pilu dan sedih hingga menangis. Begitu juga dengan sifat wanita yang mudah menangis sebagai tanda bahwa ia adalah wanita yang lembut, penuh kasih sayang dan juga bisa dikatakan sebagai salah satu ciri-ciri wanita setia.

8. Menangis bisa melegakan sesak di dada

Wanita menangis juga karena ingin melepaskan rasa sesak yang ia rasakan. Dengan menangis, segala sesak dan beban yang dirasakan bisa berkurang. Dengan menangis, emosi pun juga menjadi lebih stabil dan terkendali. Tangisan bisa membuat diri seseorang menjadi lebih tenang setelahnya. Oleh karena itu, cara menenangkan hati wanita yang sedih atau emosi adalah dengan membiarkan ia menangis agar bisa lebih tenang dan lega.

9. Menangis adalah cara wanita melampiaskan emosi

Menangis juga merupakan salah satu cara wanita untuk melampiaskan emosi dalam dirinya. Menangis bisa meredam amarah, mengurangi kesedihan, melegakan hati yang sakit dan berbagai perasaan lainnya yang berkecamuk. Dari pada meluapkan amarah dengan bertindak nekat atau brutal, menangis adalah tindakan yang tepat dilakukan oleh wanita dalam menghadapi suatu masalah. Menangis juga merupakan salah satu  cara melupakan sakit hati lho.

Demikianlah 9 alasan kenapa wanita gampang menangis meski hanya karena hal-hal kecil atau sepele. Bahkan untuk hal-hal yang seharusnya tidak disambut dengan tangisan, seperti suatu kabar gembira yang harusnya disambut dengan senyuman.

, ,
Oleh :
Kategori : Wanita