11 Cara Menenangkan Diri saat Panik Ini Perlu diketahui

Dalam menghadapi suatu masalah dan situasi kita pasti pernah menghadapi suatu kepanikan yang membuat diri kita benar-benar merasa terjepit. Dan sayangnya kepanikan yang kita alami membuat diri kita menjadi sulit untuk berpikir dan jernih. Pikiran kita akan semakin semrawut dan tidak tahu harus bagaimana dan mau berbuat apa.

ads

Disaat panik melanda biasanya kita juga akan terasa sulit untuk berkonsentrasi dan tidak fokus terhadap apa pun. Kita juga bisa bertindak ceroboh dan kehilangan akal saat mengalami kepanikan. Oleh karna itu disaat panik kita harus tahu cara menenangkan hati dan pikiran agar rasa panik dalam diri bisa dikelola dan tidak membuat diri kita melakukan apapun secara sembarangan.

Respon seseorang dalam menghadapi kepanikan itu berbeda-beda. Ada yang bisa melewati kepanikannya dengan baik dan ada juga yang menghadapinya secara berlebihan hingga mengalami gangguan kesehatan seperti mual, gemetaran, mules dan reaksi lainnya. Jika menghadapi situasi yang membuat kamu tidak tahu cara mengendalikan diri dengan baik maka simaklah cara menenangkan diri saat panik berikut ini.

  1. Berusaha tenang dan tidak cemas.

Yang namanya panik sudah tentu saja akan membuat diri jauh dari rasa tenang. Namun satu-satunya cara untuk menghadapi kepanikan adalah dengan cara bersikap tenang sebisa mungkin. Salah satunya bisa dengan cara meredam emosi yang muncul setelah rasa panik.

  1. Berusaha untuk tetap rileks.

Saat panik cobalah untuk tetap rileks. Kamu bisa menarik napas dalam dan menghembuskannya sehingga hati dan perasaan terasa sedikit plong dan lega. Dengan demikian tanpa disadari rasa cemas dan kepanikan kamu akan bisa berangsur berkurang karena dengan bernapas dalam-dalam bisa membantu tubuh untuk menjadi lebih rileks.

  1. Berpikir dengan baik dan positif.

Ketika merasa panik kita akan mudah dihinggapi pikiran-pikiran negatif yang hanya akan membuat diri kita terasa panik, cemas dan hilang kendali. Sebaiknya berusahalah untuk tenang dengan menghadirkan berbagai opini-opini positif dalam pikiran agar kepanikan berkurang.

  1. Mintalah bantuan dari orang-orang terdekat.

Kepanikan yang kita alami membuat kita sulit untuk berpikir secara benar. Ada baiknya kita meminta bantuan orang lain yang ada disekitar kita untuk membantu menghadapi situasi. Dengan bantuan dari orang lain dan berbagai dengan orang lain yang mungkin sudah banyak pengalaman bisa membuat kita merasa lebih tenang.

  1. Kendalikan dan lawan rasa takut yang menyerang.

Kita tidak bisa bersembunyi di balik kecemasan dan ketakutan di saat panik. Malahan kedua hal tersebut akan terlihat semakin jelas di saat panik. Yang bisa kita lakukan saat itu hanyalah dengan menghadapi dan melawan rasa takut tersebut sehingga diri kita merasa terdorong untuk menjadi lebih kuat dan berani sebagai cara menghadapi masalah hidup.

  1. Hadapi kepanikan tersebut dan jangan menghindar.

Kalau kita menghindari situasi yang membuat kita panik maka katakutan di dalam diri akan semakin merajalela dan menguasi diri. Yang ada kita akan semakin menciut dan makin panik. Sebaiknya hadapi saja situasi tersebut dan hadapi saja apapun yang akan terjadi setelah itu. Terkadang setelah kita benar-benar menerima kepanikan tersebut baru kita menyadari bahwa situasi tidak semenakutkan yang kita bayangkan.

  1. Berikan jawaban yang bisa menghentikan rasa panik kepada diri sendiri.

Berusaha tenang disaat panik bisa dengan mencari sendiri jawaban-jawaban dan kemungkinan-kemungkinan yang bisa membuat kita lebih tenang dan mengurangi kecemasan dari dalam diri. Tentu saja dengan mencari jawaban yang positif.


  1. Berbicara dengan orang lain.

Berbicara dengan orang lain juga bisa membantu diri kita untuk merasa lebih tenang disaat panik. Kita menjadi tidak takut karena ada teman bersama kita sehingga kita tidak menghadapi suatu situasi itu sendiri. Dengan berbagi dengan orang lain mungkin kita akan tahu cara menghadapi masalah dengan tenang.

  1. Langsung mencari jawaban dari hal yang membuat kamu merasa panik.

Jika kamu merasa panik karena ada sesuatu hal yang membuat kamu cemas dan khawatir, langsung saja temukan jawaban dari rasa penasaran kamu itu. Terkadang kepanikan muncul disebabkan karena kamu masih menerka-nerka apa yang sebenarnya sedang terjadi. Agar kamu bisa lebih tenang segera temukan jawabannya.

  1. Berpikir secara logis.

Cobalah untuk berpikir secara logis disaat kamu panik meskipun itu sulit. Tapi berusahalah sebaik mungkin untuk bisa fokus dalam memikirkan sesuatu agar setelah itu kamu bisa sedikit tenang.

  1. Lakukan hal atau kegiatan yang bisa merileksasi diri.

Kamu bisa melakukan aktivitas atau kegiatan lain untuk merelaksasi diri kamu sejenak. Bisa dengan jalan-jalan berkeliling mencari udara segar dan menyegarkan pikiran sejenak. Setelah itu pasti kamu akan lebih tenang dan paniknya berkurang.

Demikianlah cara untuk menenangkan pikiran di saat sedang panik menghadapi situasi atau masalah yang membuat kamu sedikit stres. Selain itu ketahui juga cara menghadapi masalah yang berat.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan