Lakukan 7 Hal Ini untuk Menghadapi Orang Tua yang Menyebalkan

Pernah bertemu dengan orang tua yang menyebalkan? Orangtua adalah panggilan untuk orang yang usianya lebih tua dan sebaya dengan orang tua kita. Jadi orang tua tidak sebatas orang tua kandung kita ya! Orang tua dianggap menyebalkan apabila ia terlalu cerewet kepada kita. Cerewetnya orang tua tidak sepenuhnya juga salah, karena mungkin kita yang nakal dan tidak mau mendengarkan apa yang beliau katakan. Namun menghadapi orang tua yang menyebalkan bisa membuat kita jadi anak durhaka terhadap orang tuanya lho. Nah, langsung saja disimak cara menghadapi orang tua yang menyebalkan berikut ini ya!

1. Harus Sabar!

Sabar itu wajib hukumnya dalam menghadapi berbagai masalah dan situasi yang memancing emosi. Jika kita tidak sabar dalam menghadapi sikap orang tua yang menurut kita tidak menyenangkan maka dipastikan kita akan melawan kepada beliau dan menjadi anak yang durhaka, meski pun orang tua yang dimaksud bukanlah orang tua kandung kita. Mungkin saja tetangga, orang tua teman atau pun guru. Sudah tahu belum apa saja akibat durhaka kepada orang tua di dunia?

2. Tetap Bersikap Baik Meski Sikapnya Menyebalkan

Sebagai anak yang baik, sikap yang paling tepat ditunjukkan dalam menghadapi orang tua yang menyebalkan adalah tetap bersikap baik padanya. Kalau kita membantah maka bisa-bisa akan lebih banyak omelan yang dikeluarkan orang tua. Nggak mau kan kuping semakin panas yang juga akan sangat menguji kesabaran dan emosi? Dengan kita bersikap baik pun orang tua yang kita anggap menyebalkan juga bisa berbalik jadi baik kepada kita lho!

3. Jangan Banyak Tingkah

Semakin banyak tingkah seorang anak maka semakin menyebalkan pula sikap orang tua kepada kita. Biasanya seorang anak akan mencap orang tua menyebalkan saat mulai mengomel dan menasehati. Karena itu, jika tidak ingin mendengar omelan orang tua, jangan banyaj bertingkah di hadapannya. Dengan bertingkah menjadi anak yang baik maka omelan orang tua pun akan semakin jarang terdengar.

4. Maklumi Saja

Sebagai anak yang mulai beranjak remaja dan dewasa, kita harus mulai belajar memaklumi banyak hal yang terjadi dalam hidup. Salah satunya adalah sikap orang tua yang menyebalkan ini. Maklumi saja kenapa sikap beliau demikian, pahami juga kalau orang tua menjadi cerewet dan suka marah-marah tentu karena ulah kita juga. Kita juga harus ingat, orang tua yang menjadi cerewet dan marah-marah juga karena sayang sama kita lho.

5. Bicarakan jika Ada Masalah

Apa yang menyebabkan orang tua bertingkah menyebalkan kepada kita? Tentu ada alasannya bukan? Karena itu sebaiknya bicarakan dengan orang tua tentang hal yang membuat beliau bersikap demikian. Mungkin selama ini memang ada yang salah dengan diri dan sikap kita yang tidak kita sadari. Membicarakannya dengan benar juga bisa membuat hubungan kita dengan orang tua jadi baik. Dengan mengetahui kebenarannya dan bersikap saling terbuka, orang tua pun juga bisa memahami kita.

6. Jika Orang Tua Tidak Bisa Mengerti, Kitalah yang Harus Mengerti Dirinya

Tidak semua orang tua yang mampu bersikap dewasa, terkadang malah anak yang lebih dewasa dan bijak dari pada orang tuanya sendiri. Oleh karena itu, dalam menghadapi orang tua yang menyebalkan dan tidak bisa mengerti dan memahami anak-anaknya, maka sebaiknya kitalah yang harus mengerti dirinya. Tidak ada orang yang sempurna, begitu juga dengan orang tua yang tidak semuanya pula mampu untuk menjadi orang tua yang baik dan sempurna.

7. Mengalah Jauh Lebih Baik

Tidak ada salahnya untuk mengalah pada orang tua bukan? Selama hal tersebut tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Dengan mengalah, sikap orang tua yang awalnya terasa menyebalkan bisa berkurang lho. Mengalah juga bisa membuat situasi yang kurang menyenangkan bisa cair kembali. Mengalah juga menjadi salah satu cara menghormati orang tua dan berbakti kepada beliau yang bisa kita lakukan agar tidak terlihat sebagai anak yang kurang ajar. Ada banyak lho keutamaan berbakti kepada orang tua yang akan membuat hidup kita selamat dunia akhirat.

Itulah 7 hal yang bisa kita lakukan dalam menghadapi orang tua yang menyebalkan, cerewet atau banyak tingkah. Kita juga harus ingat, faktor umur yang semakin menua juga bisa mempengaruhi sikap orang tua.  Tidak hanya orang tua saja yang menyebalkan, tapi ada juga lho suami dan tetangga yang menyebalkan. Makanya simak nih ciri-ciri suami menyebalkan, cara menghadapi suami yang menyebalkan dan juga cara menghadapi tetangga yang menyebalkan.

, ,
Oleh :
Kategori : Orang Tua