7 Cara Menghadapi Tetangga yang Menyebalkan dan Suka Menggibah Kita

Setiap dari kita pasti memiliki tetangga, karena tetangga adalah orang yang paling dekat dalam keseharian kita. Tetangga bisa jadi orang yang paling tahu kehidupan kita daripada sanak saudara yang jauh di sana. Tak jarang, tetangga adalah orang pertama yang ada membantu saat kita kesusahan atau tertimpa kemalangan. Hal ini karena tetangga adalah orang ada di lingkungan tempat kita tinggal.

ads

Yang namanya tetangga pastilah ada yang baik dan juga tidak. Ada tetangga yang tidak ingin begitu ikut campur urusan rumah tangga kita, jika tidak diminta. Memaklumi setiap permasalahan yang kita hadapi tanpa menertawakan atau menggibah karena ia tahu semua manusia pasti memiliki masalah.

Namun, bagaimana dengan tetangga yang usil dan kepo dengan urusan rumah tangga kita? Terlalu ingin tahu dan menjadikannya sebagai bahan perbincangan dengan orang lain? Tentu membuat kita merasa tidak nyaman ya? Daripada berakhir pada pertengkaran dan perselisihan, sebaiknya simak yuk, tips menghadapi tetangga yang menyebalkan ini agar tidak naik darah.

1. Belajar Tutup Mata dan Tutup Telinga

Tips menghadapi tetangga yang menyebalkan yang pertama adalah dengan belajar menutup mata dan telinga kita. Apa pun yang ia katakan tentang kita, abaikan saja dan anggaplah hanya sebuah angin lalu. Lama-lama kita pun akan terbiasa mengabaikannya. Begitu juga dengan sikapnya kepada kita yang mungkin baik di depan dan buruk dibelakang kita.

2. Jangan Terlalu Dekat, Namun Tetap Bertegur Sapa

Kedua, cara menghadapi tetangga yang menyebalkan dan rese yakni dengan tidak terlalu dekat. Sehingga ia tidak memiliki banyak kesempatan untuk mengenal diri dan kehidupan kita lebih banyak. Sehingga ia pun akan lebih sulit mencari setiap kekurangan dan keburukan kita.

Biarlah dirinya kata kita adalah orang yang tidak mau bersosialisasi dan tertutup ketimbang menjadi dekat dan mengetahui segala keburukan kita yang hanya akan menjadi gosip. Tapi, jangan pula menjauhinya dan tetaplah bertegur sapa agar silaturrahmi tidak terputus. Dan jangan sampai kita menunjukkan ciri-ciri orang sombong dan ciri-ciri orang angkuh.

3. Sabar!

Sabar jadi sikap wajib yang harus dimiliki dalam kehidupan ini. Dalam menghadapi tetangga yang menyebalkan kita harus bisa sabar agar tidak terpancing emosi. Sabar juga akan membuat kita lebih tenang meski diperlakukan buruk. Sabar juga akan membantu kita terhindar dari perselisihan dan bisa hidup dengan tenang.

Mampu bersikap sabar merupakan cara agar disukai banyak orang dalam kehidupan bertetangga. Selain itu, sabar juga akan membuat kita terlihat memiliki ciri-ciri orang baik hati, lho! Dan juga, digibah orang pun kita akan mendapat pahala jika bisa bersabar.

4. Hindari Berkumpul dengan Tetangga untuk Kegiatan yang Tidak Bermanfaat

Yang namanya bertetangga pastilah sering bertemu satu sama lainnya. Di jalan sekitar rumah, di warung, masjid, dan lain sebagainya. Tak jarang para tetangga berkumpul dan akhirnya malah bergosip ria. Kalau berkumpulannya sudah begini sebaiknya hindari. Karena akan ada masa di mana kita jadi bahan gosipan. Nggak enak dan pasti emosi kan jika ada yang menyampaikannya kepada kita?

5. Jangan Terlalu Diladeni

Orang yang menyebalkan umumnya suka mencari gara-gara. Suka membuat orang lain merasa tidak enak dan suka menggali segala informasi yang ingin ia dapatkan. Ia tak akan segan untuk bertanya pada siapa pun asalnya bisa menjawab rasa penasaran dan keingintahuannya.


Ia akan pandai memancing orang lain untuk berbicara yang seharusnya tidak dibicarakan. Nah, karena itu, jangan sampai terpancing dan terlena. Ladeni dengan sewajarnya dan sebisa mungkin mengelak jika pembicaraannya mulai membuat tidak nyaman.

6. Bicarakan jika Ada Masalah

Jika ada permasalahan dengannya, segera selesaikan. Jika ada sikapnya yang tidak enak kepada kita, tanyakan alasannya kenapa ia berbuat demikian. Mungkin saja memang ada sikap kita yang membuatnya merasa tersinggung. Datangi dirinya dan bicarakan baik-baik dan selesaikan perselisihan yang terjadi tanpa disadari. Menghargai orang lain merupakan cara agar dihargai orang lain juga.

7. Tetap Bersikap Seperti Biasanya

Meski ada kabar tentang si tetangga yang berbicara tidak baik tentang kita, pastilah kita merasa jengkel. Tapi datang menyerangnya dengan kasar tentu bukan cara yang tepat. Selain tidak enak menjadi tontonan orang, juga bisa menyebabkan keributan hingga kegaduhan.

Mau apa dikata tetangga, biarkan saja. Benar atau tidaknya biarlah kita yang tahu. Memberikan klarifikasi terhadap kabar yang kurang menyenangkan terkadang hanya akan mengundang cibiran orang yang tak mau percaya. Jadi, jangan terlalu di ambil pusing, terlebih jika tabiatnya memang seperti ciri-ciri orang dengki kepada kita.

Demikianlah 7 cara menghadapi tetangga yang menyebalkan. Ingatlah bahwa buruknya seseorang pasti ada kebaikan lain yang ia miliki. Jika tidak terlalu digubris, tentang yang menyebalkan ini lama kelamaan akan lelah sendiri.

, , ,