6 Cara agar Tidak Mencontek saat Ujian Materi Pelajaran

Ujian terkadang menjadi masa-masa menakutkan bagi pelajar dan mahasiswa. Ujian terkadang menjadi penentu untuk melanjutkan materi ke semester selanjutnya. Seorang siswa atau mahasiswa yang bernilai rendah tidak akan akan naik ke kelas dan semester berikutnya yang membuatnya harus mengulang satu tahun lagi. Selain malu dengan teman sekelas karena dibilang anak yang bodoh juga akan membuat siswa lebih lama untuk tamat dalam jenjang pendidikannya.

ads

Oleh sebab itu banyak pada pelajar dan mahasiswa memilih jalan pintas untuk mendongkrak nilai mereka agar bisa naik kelas dan lanjut ke semester berikutnya. Baik dengan meminta bantuan teman yang duduk dibangku sebelah atau pun dengan membuat ‘azimat’ yang berisikan materi singkat dari mata pelajaran yang di ujikan. Beragam cara akan dilakukan demi bisa menyelesaikan semua ujian dengan baik.

Tentu saja mencontek sama saja dengan membohongi diri sendiri, orang tua dan guru karena mendapat nilai bagus dengan kemampuan mencontek. Kalau begini semua materi pelajaran hanya tertinggal di kertas ujian semata. Berikut ada cara agar tidak mencontek saat ujian sebagai cara merubah diri menjadi lebih baik.

  1. Berjanji kepada diri sendiri untuk tidak menyontek.

Hal pertama agar bisa menahan diri untuk tidak menyontek di setiap ujian adalah dengan memasang niat dari dalam diri untuk tidak lagi menyontek. Berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak menyontek pada ujian sekarang dan ke depannya. Kamu benar-benar harus memasang niat untuk tidak mencontek agar kamu tidak mudah tergoda karena banyaknya soal-soal yang membuat kamu ragu akan jawabannya. Kamu harus tahu cara memotivasi diri kamu sendiri untuk tidak mencontek pada ujian kali ini.

  1. Nilai bagus karena mencoktek itu tidak bisa dibanggakan.

Kamu berbangga bisa mendapat nilai yang bagus karena hasil contekan? Kamu kamu merasa puas telah mencontek selama ujian? Semua nilai yang bagus itu tidak bisa kamu banggakan karena itu semua adalah hasil dari kemampuan orang lain yang kamu salin. Jadi yang patut diberi selamat atas nilai yang bagus itu bukan kamu, tapi orang lainlah yang berhak. Apa yang bisa kamu banggakan? Sadarilah hal ini jika kamu benar-benar kemampuanmu ingin di apresiasi orang lain.

  1. Belajar dengan serius di setiap mata pelajaran.

Dengan belajar serius dan rajin di kelas serta fokus di setiap jam pelajaran akan membuat kamu terhindar dari menyontek karena kamu telah belajar dengan baik dan menyerap semua materi yang diberikan guru atau dosen selama proses belajar mengajar. Belajar dengan serius sudah menjadi bekal bagi kamu yang akan menghadapi ujian. Jadi jangan lengah dan hanya sekedar hadir saja di kelas tanpa memperhatikan setiap pelajaran. Ketahuilah bahwa cara menjadi orang sukses dan pintar di masa depan hanyalah dengan cara belajar yang rajin dan serius sebagai bekal yang akan dibawa di masa yang akan datang.

  1. Memahami materi pelajaran yang menjadi mata ujian.

Selain blajar dikelas kamu juga harus belajar dirumah mengulang materi pelajaran yang telah di dapatkan di sekolah atau dikampus. Sekedar menghapal materi pelajaran saja tidak cukup. Kamu juga harus memahami setiap materi dari mata pelajaran yang akan di ujikan. Memang terkadang rasa malas datang disaat kita hendak mulai belajar, maka dari itu ketahui tips mengatasi rasa malas yang berlebihan ketika mau belajar.


  1. Mempersiapkan diri untuk ujian.

Sebelum ujian kamu benar-benar harus mempersiapkan diri dengan baik. Belajar lebih giat, mengurangi waktu bermain dan keluyuran. Kamu juga haris menjaha kesehatan agar tidak sakit saat masa-masa ujian yang akan membuat kamu menjadi tidak fokus selama ujian dan kesulitan dalam belajar karena tubuh yang tidak fit. Belajar malam sering dilakukan pelajar dan mahasiswa yang hendak mengikuti ujian esok hari, oleh sebab itu ketahui cara agar tidak mengantuk saat belajar malam karena belajar di malam hari menjelang subuh merupakan waktu yang pas untuk belajar karena suasana yang tenang sehingga bisa fokus untuk belajar.

  1. Ukur kemampuan kamu sendiri dengan tidak menyontek saat ujian.

Apa kamu tidak penasaran dengan kemampuan kamu sendiri selama menjalani masa sekolah? Jadikan ujian sebagai pengukur sejauh mana kemampuanmu dalam memahami materi pelajaran. Salah satunya dengan tidak mencontek. Mendapatkan nilai yang bagus dan murni dari hasil ujian kamu sendiri adalah sesuatu yang bisa dibanggakan dan tidak ternilai. Kamu akan merasakan kebahagiaan dan kepuasan tersendiri karena berhasil melewati uijan tanpa mencontek, dengan nilai yang bagus pula. Tentu saja orang tua kamu juga akan bangga akan hal ini. Kamu harus tahu cara meningkatkan keyakinan diri akan kemampuan yang kamu miliki.

Sudah tahukan 6 cara agar tidak mencontek saat ujian di sekolah maupun di kampus? Yang terpenting selalu semangat dan fokus saat belajar dikelas agar materi pelajaran bisa nempel di kepalamu. Jika bosan datang ketahui tips menghilangkan rasa bosan di kelas.

, ,
Oleh :
Kategori : Perbuatan Salah