15 Cara Merubah Sifat Egois Wanita dan Pria

Sifat egois tak hanya akan memiliki dampak buruk bagi diri sendiri namun juga bagi orang lain di sekitar anda. Mengapa? orang yang memiliki sifat egois kebanyakan adalah orang yang sangat sulit untuk dihadapi. Sebenarnya semua orang memiliki rasa egoisme sendiri di dalam dirinya, hanya saja kadar dari masing-masing orang berbeda satu sama lainnya. Ada yang menunjukkan sisi kepribadiannya yang baik, namun beberapa ada yang lebih dominan menunjukkan sifat egois di dalam dirinya terutama saat berinteraksi dengan lingkungan sosialnnya.

ads

Egois juga dapat diartikan sebagai sebuah sikap yang selalu mencoba mementingkan dirinya sendiri namun tidak pernah berusaha untuk mempertimbangkan kepentingan dari orang lainnya. Orang yang egois biasanya hanya mencari kenyamanan yang diperuntukkan untuk diri sendiri dan tidak peduli bagaimana kondisi orang lainnya. (baca juga: Tipe Wanita Yang Disukai Pria Pendiam)

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang memiliki sifat egois di dalam dirinya masing-masing, biasanya hal ini dikarenakan sudah terbentuk sedari dirinya kecil. Misalnya saja sikapnya yang selalu dimanja berlebihan, sehingga saat dewasa mereka berharap jika semua orang melakukan semua hal yang diinginkannya. Sikap egois adalah hal yang tidak baik jika terus menerus dibiarkan. Meskipun susah untuk dihlangkan apalagi jika sifat tersebut sedari kecil telah terpupuk, namun anda bisa mengusahakan agar sifat tersebut berangsur menghilang dalam diri anda. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengubah sifat egois dari dalam diri.

1. Kenali Terlebih Dahulu Penyebabnya

Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk cara merubah sifat egois di dalam diri anda sendiri adalah dengan mengenali terlebih dahulu penyebab dari munculnya sifat egois dari dalam diri anda. Biasanya sifat egois dapat muncul dari dalam diri seseorang dikarenakan adanya rasa takut di dalam dirinya sendiri. Takut mengalami kekalahan, takut tidak diperhatikan, takut akan tersaingi, dan lainnya. Namun terkadang pula, sifat egois dapat muncul dikarenakan tidak ada rasa empati yang dimiliki orang tersebut. Dengan mengetahui penyebab muncunya sifat egois tersebut maka akan mempermudah anda untuk mulai mengatasi rasa egois dari dalam diri. (baca juga: Cara Membuat Pria Pendiam Jatuh Cinta)

2. Mulai Berpikir Logis

Cobalah untuk mulai berpikir dengan logis, jangan memaksakan kehendak anda sendiri tanpa memperhatikan kondisi orang lain di sekitar anda. Mulai mencoba untuk berpikir logis dan real mengenai kondisi serta keadaan yang memang sebenarnya terjadi. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi keegoisan di dalam diri anda. Berpikir secara logis akan membuat sifat egois menjadi sedikit berkurang di dalam diri anda. (baca juga: Cara Membuat Wanita Cinta Mati)

3. Mulai Tumbuhkan Rasa Empati

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu hal yang menyebabkan rasaegosi tersbeut dapat muncul dikarenakan tidak adanya rasa empati yang anda miliki. Jika memang sumber egois tersebut berasal dari rasa empati yang tidak anda miliki, maka akan lebih baik untuk mencoba mendengarkan orang lain dengan baik. Jika sebelumnya anda terlalu sibuk dengan dunia anda sendiri, maka kini mulailah luangkan waktu untuk kebutuhan orang lain.

Mendengarkan orang lain akan membuat empati perlaha tumbuh dna berkembang di dalam diri anda. Dengan mulai berempati pada orang lain membuat anda mampu untuk bersikap tenang serta dewasa dalam menghadapi masalah yang nantinya membut rasa kepedulian tersebut dapat tumbuh. (baca juga: Tanda Tanda Pacar Minta Putus Hubungan)

4. Berhenti Membandingkan

Banyak orang-orang yang bersifat egois biasanya dikarenakan rasa ketidakpuasan di dalam diri seseorang karena selalu berusaha membandingkan dirinya dengan orang lain yang ada di sekitarnya. Pemicunya adalah sikap iri hati yang ada di dalam dirinya membuat dirinya. Sehingga jika anda ingin mulai menghilangkan sifat egois tersebut dalam diri anda, maka cobalah untuk berhenti membandingkan diri anda dengan orang lainnya. Belajarlah untuk bisa menerima kondisi dari diri anda sendiri. (baca juga: Penyebab Wanita Merokok)


5. Belajar Untuk Bersabar

Salah satu hal yang memicu sikap egois dalam diri seseorang adalah sulit untuk bsia bersikap sabar. Tidak sabar menunggu agar mendapatkan haknya terlebih dahulu, sehingga membuat seseorang akan melakukan segala cara untuk mendahulukan diri sendiri demi mendapatkan hak nya. Sehingga dengan belajar bersikap sabar serta menahan diri menjadi salah satu cara yang bagus agar dapat mengurangi keegoisan di dalam diri.

6. Berpikir Positif Pada Orang Lain

Pola pikir yang selalu negatif pada orang lain akan memicu keegoisan muncul dari dalam diri anda, sehingga nantinya malah akan membuat anda berusaha untuk mendahulukan diriterelbih dahulu dibandingkan orang lainnya. Sehingga jika anda ingin menghilangkan egois di dalam diri anda, maka cobalah untuk menanamkan sikap positif di dalam pikiran anda. Sampingkan segala hal-hal yang bersifat negatif jika memang belum terbukti akan kebenarannya. Jangan menduga-duga sesuatu hal yang belum anda temukan kebenarannya. (baca juga: Cara Mendekati Pria Cuek)

7. Belajar Untuk Mulai Membantu Orang Lain

Semua orang tentunya memiliki masalahnya serta kesibukannya tersendiri. Untuk itu jaang sekali orang yang dapat memfokuskan diri dengan masalah yang dihadapi orang lain di sekitarnya. Sikap seperti ini secara tidak langsung menunjukkan keegoisan yang ada di dalam diri anda. Tidak ada salahnya belajar meringankan beban dari orang lain meskipun anda memiliki kesibukan tersendiri. Hal ini akan menjadi sebuah langkah yang bagus yang dapat mengurangi rasa egois di dalam diri anda. Bila anda memiliki sahabat, tidak ada salahnya untuk membahagiakan sahabat anda dengan cara membantu untuk meringankan masalah yang sedang dihadapinya. (baca juga: Ciri Wanita Suka Selingkuh)

8. Jangan Bertindak Sebelum Berpikir

Kematangan berpikir sangat menunjukkan kualitas serta kedewasaan dari seseorang. Akan lebih baik jika anda berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan apapun. Sebelum bertindak sesuatu akan lebih baik jika anda berpikir terlebih dahulu mengenai keuntungan dan kerugian dari perbuatan yang anda lakukan tersebut nantinya. Setiap tindakan yang akan anda lakukan perlu untuk dipikirkan dengan hati hati sehingga nantinya tidak akan menciptakan masalah di depannya. (baca juga: Cara Agar Disenangi Orang Lain)

9. Coba Untuk Menahan Emosi

Emosi bukanlah hal yang baik jika anda terus menerus menyimpannya di dalam hati. Orang orang yang memiliki sikap egois yang tinggi biasanya tidak dapat menahan emosi yang ada di dalam hatinya sehingga seringkali dirinya akan meluapkannya pada teman, kerabat, maupun orang lain di sekitarnya. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada hubungan anda dengan orang lainnya. Untuk itu sebisa mungkin menahan emosi anda meskipun di dalam keadaan yang buruk sekalipun. Menyelesaikan masalah dengan melibatkan emosi tidak akan berujung baik sama sekali. (baca juga: Cara Membuat Pria Pendiam Jatuh Cinta)

10. Mencoba Untuk Lebih Ramah

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk cara merubah sifat egois di dalam diri anda adalah dengan mencoba untuk lebih bersikap ramah pada orang lainnya. Terkadang orang orang yang bersikap egois akan jarang sekali memperlihatkan keramahan yang ada di dalam diri mereka. Kebanyakan dari mereka hanya fokus pada dirinya sendiri sehingga terkadang tidak  sadar bagiaman cara untuk bersikap baik pada orang lain. Untuk itu mulai lah untuk mencoba bersikap ramah dan sering seringlah tersenyum dengan orang lain di sekitar anda. (baca juga: Cara Mengatasi Anak Pemarah)

11. Introspeksi

Anda bisa mencoba untuk berintospeksi diri untuk membantu menghilangkan sikap egois yang ada di dalam diri anda. Cara ini cukup efektif untuk anda lakukan. Cobalah untuk merenung sikap yang anda miliki saat ini, pikirkan apakah hal tersebut menguntungkan ataupun malah merugikan diri sendiri serta orang lain di sekitar anda. Introspeksi diri akan membuat anda menjadi kepribadian yang lebih baik sehingga lama kelamaan sifat egois tersebut dapat berangsur membaik di dalam diri anda. (baca juga: Cara Menghadapi Wanita Keras Kepala)

12. Mencoba Menjadi Pendengar Yang Baik

Anda bisa mencoba untuk menjadi pendengar yang cukup baik untuk orang lainnya. Hal ini sebenarnya akan memberikan keuntungan serta manfaat di dalam kehidupan anda. Dengan mendengarkan orang lain, anda bisa memetik pelajaran-pelajaran berharga yang dapat bermanfaat di dalam kehidupan anda. Skap tersebut nantinya secara tidak langsung membuat sifat egois di dalam diri akan menjadi berkurang di dalam diri anda secara perlahan. (baca juga: Cara Mencegah Istri Selingkuh)

13. Berlapang Dada

Untuk bisa menghilangkan sikap egois di dalam diri anda, maka tentu saja anda harus terbuka dengan segala kritikan dan komentar dari orang lain. Anda harus bersikap lapang dada dan menerima segala kritikan, saran, dan nasehat yang diperuntukkan untuk anda, hal tersebut sebenarnya demi memperbaiki diri yang lebih baik lagi kedepannya.


14. Bersikaplah Dewasa

Egois terkadang selalu dikaitkan dengan sikap yang kekanak kanakan. Sehingga jika anda ingin menghilangkan sifat egois di dalam diri anda, cobalah untuk mulai menghilangkan sifat dari kekanak-kanakan yang anda miliki. Egois akan terus tumbuh jika anda selalu menetapkan pola pikir yang kekanak-kanakan dan tidak berpikir dewasa sama sekali. (baca juga: Tips Menyembunyikan Rasa Cemburu)

15. Berteman Dengan Teman Yang Memberikan Pengaruh Baik

Teman yang ada di lingkungan anda dapat memberikan pengaruh baik ataupun jahat di dalam diri anda. Sehingga teman-teman yang ada di sekitar anda akan sangat berpengaruh penting di dalam kepribadian anda. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mencari teman yang memiliki kepribadian dewasa dan bijaksana sehingga lambat laun hal tersebut dapat menular kepada anda. (baca juga: Tips Menghilangkan Rasa Malu)

Nah itu tadi beberapa cara mengubah sikap egois yang ada di dalam diri anda. Tentu saja sikap egois tersebut tidak boleh dibiarkan terus menerus di dalam kepribadian anda sehingga nantinya akan merugikan anda kedepannya.

baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 26th, September 2017 / 06:35 Oleh :
Kategori : Perbuatan Salah