11 Penyebab Orang Iri dengan Kita Meski Kita tidak Pernah Mengganggunya

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari kadang kala kita pernah mendapati perlakuan yang kurang mengenakkan dari orang-orang di sekitar kita. Dan ada saatnya dimana kuping terasa panas akibat adanya perkataan dan ucapan yang menyakitkan hati kita. Entah itu sebuah kritikan atau hujatan bahkan gosip yang dilayangkan orang lain disekitar kita tentang kehidupan kita yang membuat orang lain menjadi tidak senang. Dan itu merupakan ciri-ciri orang dengki kepada kita.

ads

Kenapa orang lain merasa tidak senang melihat kehidupan yang kita jalani ini? Padahal kita sama sekali tidak pernah mengganggu dan mengomentari kehidupan mereka atau cari masalah dengan mereka. Inilah sebuah fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan dan hampir dirasakan oleh semua orang. Semua itu terjadi bisa dikarenakan adanya rasa iri dalam diri orang tersebut melihat kehidupan kita. Apa yang menjadi penyebab orang iri dengan kita? Mari simak beberapa penyebabnya pada penjelasan berikut ini.

  1. Orang hanya melihat kita dari ‘cover’nya saja.

Sudah menjadi suatu kebiasaan bagi kebanyakan orang untuk menilai orang lain dari luarnya saja. Apa yang mereka lihat itulah yang mereka simpulkan. Tanpa mengetahui bagaimana sebenarnya diri kita mereka langsung memberikan penilaian yang akhirnya menimbulkan rasa iri dari dalam dirinya sendiri terhadap apa yang dilihatnya dari diri kita.

  1. Mereka merasa tersaingi dengan keberadaan kita.

Rasa iri bisa muncul karena adanya rasa tersaingin dari dalam diri orang tersebut. Ia merasa takut untuk mendapatkan saingan dan takut terhimpit dan kehilangan tempat gara-gara kehadiran diri kita yang padahal belum tentu benar seperti apa yang ia bayangkan.

  1. Merasa ‘ingin’ menjadi seperti kita tapi tidak mampu.

Ketidakmampuan seseorang untuk dalam suatu hal akan menimbulkan rasa iri di dalam dirinya jika melihat orang lain yang berhasil melakukan apa yang tidak bisa ia lakukan. Sehingga ia hanya bisa iri melihat semua itu ada pada diri kita.

  1. Orang tersebut melihat kita lebih dari dirinya.

Bisa jadi orang tersebut melihat kita lebih dari dirinya dalam hal apa pun dan ia juga ingin menjadi seperti diri kita, namun sulit baginya. Hal ini akan menimbulkan iri dan dengki dari dalam dirinya setiap kali melihat orang lain ‘lebih’ dibanding dirinya sendiri.

  1. Tidak suka melihat orang lain senang.

Mungkin ini adalah suatu penyakit yang banyak terjadi pada masyarakat. Setiap kali ada orang lain yang mendapatkan kebahagiaan dan kenikmatan akan ada saja orang yang merasa iri dan tidak senang melihatnya, yang seharusnya ia juga ikut bahagia melihat kebahagiaan orang lain agar ia juga bisa mendapatkan kebaikan.

  1. Orang itu menganggap kita ini musuhnya.

Ada orang yang tidak suka dengan kita apa pun alasannya, sehingga orang itu secara tidak langsung menganggap kita sebagai musuh dan saingan yang akan mengalahkannya. Orang yang berpikiran seperti ini tentu saja akan selalu iri dengan segala kebaikan yang menghampiri kita.

  1. Tidak suka melihat keberhasilan yang telah kita dapat.

Ada orang yang tulus merasakan kebahagiaan bersama kita, ada juga yang merasa tidak senang karena mereka merasa iri. Malahan orang tersebut akan berpikir bahwa kita tidak pantas mendapat kebahagiaan seperti yang ia lihat.


  1. Menganggap remeh diri kita.

Orang yang terbiasa menganggap kita remeh, akan timbul di dalam hatinya rasa iri dan dengki jika melihat sebuah kebaikan, keberhasilan atau kenikmatan yang menimpa diri kita karena ia tidak bisa menerima kenyataan bahwa orang yang ia remehkan ternyata lebih baik dari dirinya. Maka ketahui juga cara menyikapi orang yang meremehkan kita.

  1. Mereka tidak mau kalah dan suka berlomba.

Orang yang suka berlomba dan tidak mau kalah dengan orang lain akan dengan mudah merasa iri melihat sesuatu yang dimiliki orang lain dan ia kan bersifat angkuh. Begitulah kenapa orang bisa iri melihat kita, mereka tidak mau kalah dengan kita dan akan berusaha untuk bisa mengejar untuk bisa lebih dari diri kita. Cara menghilangkan sifat angkuh perlu untuk kita ketahui agar kita bisa terhindar dari sifat iri dan dengki.

  1. Kita memiliki kelebihan yang tidak dimilikinya.

Kita dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing dan kita juga diwajibkan untuk bisa bersyukur dengan apa yang telah kita miliki. Namun tidak untuk orang yang suka iri, ia akan terus dengki melihat kelebihan kita meskipun kita tidak pernah menganggunya sedikitpun.

  1. Orang tersebut memiliki hati yang tidak bersih.

Orang yang memiliki hati yang tidak bersih akan jelas terlihat sifat iri dari dalam dirinya. Ia akan selalu berusaha melihatkan kelemahan dan kekurangan dari sisi kita dengan kata sindiran dan perbuatan yang akan memojokkan diri kita. Simak cara membersihkan hati agar kita terhindar dari sifat iri hati. Sebaiknya ketahui cara menghadapi sindiran dari teman yang tidak menyukai kita.

Itulah 11 penyebab ornag iri kepada diri kita meskipun kita tidak menganggu kehidupannya. Ada baiknya juga bagi kita untuk mengetahui cara menghadapi orang iri melihat kehidupan kita.

, ,