Inilah 11 Akibat Iri Hati dan Dengki jika Dipelihara

Iri dan dengki adalah dua sifat teercela dan tidak baik yang ada pada diri seseorang, yang mana sifat ini akan membuat orang tersebut selalu merasa tidak senang dan tidak rela jika melihat orang lain mendapat kebahagiaan dan kebaikan dalam kehidupannya. Bersyukur dalam menjalani kehidupan merupakan salah satu cara menghindari perilaku tercela ini agar hati menjadi bersih dan selalu positif dalam berprasangka kepada orang lain.

ads

Sifat iri hati dan dengki tidak akan membawa kebaikan untuk diri dan kehidupan kita. Hati akan menjadi kotor dan selalu berprasangka buruk kepada orang lain. Hidup kita juga akan jauh dari ketenangan karena selalu merasa sakit hati dan tidak senang setiap kali melihat orang di lingkungan kita mendapatkan keberuntungan. Apa sih akibat iri hati dan dengki ini jika dibiarkan terus tertanam di dalam diri kita? Yuk ketahui akibatnya.

  1. Sulit untuk bisa hidup dengan tenang.

Orang yang memiliki sifat iri dan dengki akan sulit untuk bisa merasa tenang dan damai dalam menjalani hidupnya. Ia akan merasa resah dan gelisah ketika melihat orang lain bahagia dan batinnya pun juga tidak akan tenang melihat itu.

  1. Sulit untuk bisa mensyukuri kehidupan.

Sifat iri melihat kehidupan orang lain akan membuat diri menjadi tidak bisa mensyukuri apa yang telah di dapat dalam hidup, karena sifat iri yang yang telah memenuhi hati akan selalu merasa kekurangan dan selalu iri dengan kelebihan orang lain yang akhirnya membuat diri menjadi kufur nikmat.

  1. Tidak disenangi dalam pergaulan dan lingkungan.

Selalu merasa iri dan dengki melihat kesenangan dan kebahagiaan orang lain akan membuat kamu berusaha untuk memperlihatkan sisi kekurangan dan kelemahan orang tersebut. Sikap inilah yang membuat orang lain dan juga teman-teman menjadi tidak suka dan tidak senang untuk bergaul dengan kamu.

  1. Menjadi ‘gelap mata’ untuk bisa mencapai tujuan.

Merasa tidak rela dengan apa yang sedang dilakukan orang lain demi mencapai kesuksesan akan membuat orang yang iri hati mencoba untuk menggagalkan semua usaha orang lain dengan segala cara. Apalagi jika si iri hati ini merasa tersaingi dengan orang tersebut. Maka ada baiknya mengetahui ciri-ciri orang dengki kepada kita.

  1. Mendorong diri untuk menjadi sombong dan angkuh.

Iri hati dan dengki akan membuat seseorang menjadi sombong dan angkuh, karena ia merasa hanya dirinya lah yang pantas berada di sisi atas dan menjadi yang lebih dari orang lain. Keangkuhan ini jugalah yang membuat ia merasa tidak rela ada orang lain yang lebih darinya dan selalu merasa lebih dari orang lain merupakan ciri-ciri orang angkuh yang mudah dikenali. Jika tidak ingin menjadi sombong ketahui cara menghilangkan sifat angkuh dan sombong dari dalam diri.

  1. Rentan terhadap stres.

Kenapa orang yang suka iri ini mudah stres? Karena setiap kali ia melihat kesuksesan, kenerhasilan dan kebaikan yang menimpa orang lain ia selalu merasa tidak senang, tersaingi dan akan membuat ia menjadi uring-uringan.

  1. Sulit untuk bisa benar-benar merasa bahagia.

Bagaimana bisa bahagia jika hati dipenuhi oleh rasa iri dan dengki terhadap orang lain? Yang ada ia akan merasa susah setiap kali ada orang yang mendapat kebaikan dalam hidup. Agar hidup bisa bahagia tinggalkan sifat ini dengan cara merubah diri menjadi lebih baik.


  1. Mudah termakan hasutan dan dimanfaatkan orang lain.

Orang yang memiliki sifat iri hati akan dengan sangat mudah terpancing emosinya dengan hasutan-hasutan dari orang lain. Hal ini akan membuat ia mudah untuk dimanfaatkan orang lain untuk kepentingan orang tersebut.

  1. Akan menjadi mudah marah.

Hati orang yang iri akan sering merasa resah dan mudah emosi yang membuat ia menjadi mudah marah dalam kesehariannya jika merasa mendapat saingan baru atau merasa terkalahkan oleh orang lain.

  1. Menjadi tidak fokus dengan kehidupan sendiri.

Terlalu sibuk dengan mengurus dan mengacaukan kehidupan orang lain akan membuat kehidupan kita yang selalu iri melihat orang lain menjadi tidak fokus dan mengambang, karena selama ini kita hanya sibuk menyebarkan kedengkian kepada orang lain.

  1. Hati menjadi tidak bersih dan tidak tulus kepada orang lain.

Dalam hati orang yang tertanam sifat iri hati dan dengki tidak akan bisa tulus kepada orang lain dalam segala hal. Apa pun yang akan ia lakukan untuk orang lain akan diiringi rasa bangga dan ingin dipuji serta ingin terlihat lebih dari yang lain.

Itulah akibat yang bisa di dapatkan jika terus membiarkan sifat iri hati dan dengki bersarang dalam hati kita. Ada baiknya juga untuk mengetahui cara menghadapi orang iri kepada kita, salah satunya dengan cara bersikap sabar.

, ,