10 Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri dalam Bergaul

Kepercayaan diri merupakan sikap yang harus dimiliki setiap orang. Tanpa rasa percaya diri, kita akan mengalami kesulitan dalam pergaulan. Untuk menjadi pribadi yang percaya diri, tidak bisa didapatkan secara instan. Kita harus membentuk kepercayaan diri sejak dini, jika perlu sejak kecil. Perlunya kita memiliki rasa percaya diri yang pantas akan sangat membantu dalam pergaulan dan dalam aspek kehidupan lainnya. Kita akan bisa sukses dan melakukan berbagai hal dengan tingkat keyakinan diri yang tinggi karena dapat mengetahui cara mengambil keputusan dan cara membuat keputusan yang cepat juga tepat.

ads

Orang yang kurang rasa percaya dirinya kerap kali akan merasa minder dan tidak punya keyakinan terhadap dirinya sendiri, biasanya disebabkan karena dia tidak yakin pada kemampuannya sendiri dan takut mengalami kegagalan. Karena itu pula dia akan kesulitan menentukan berbagai langkah yang harus diambilnya sepanjang hidup, dan akan sulit mengembangkan diri secara sosial. Orang yang tidak tahu cara meningkatkan keyakinan diri biasanya akan tersisih dalam pergaulan dan tidak dianggap keberadaannya oleh orang lain.

Meningkatkan Percaya Diri

Supaya bisa berbaur dalam pergaulan, sangat penting bagi seseorang untuk tahu cara agar percaya diri. Kurangnya kepercayaan diri harus dapat diatasi dengan baik. Beberapa Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri :

1. Mengenali kekurangan diri sendiri

Orang yang mengalami kurangnya rasa percaya diri biasanya karena minder terhadap kekurangan dirinya sendiri. Anda akan menemukan cara untuk mengatasi kekurangan percaya diri jika dapat mengenali apa saja kekurangan diri sendiri. Dengan mengetahui apa saja kekurangan diri Anda, maka tidak akan sulit untuk mulai mencoba memperbaikinya. Lakukan cara merubah sifat yang tidak Anda sukai yang bisa membuat rasa percaya diri menurun, juga cara menjadi pribadi yang baik dengan berusaha mengatasi berbagai kekurangan diri Anda.

2. Memperhatikan penampilan

Penampilan yang baik adalah salah satu aspek pendukung yang dapat meningkatkan rasa percaya diri kita. Bila selama ini Anda merasa penampilan yang biasa kurang mendukung, Anda bisa melakukan cara mengubah penampilan agar menjadi semakin menarik dan lebih mengikuti gaya terkini. Tentu saja Anda harus menyesuaikan penampilan yang cocok dengan kepribadian Anda, jangan sampai salah memilih gaya yang tidak cocok dan menjadi korban mode yang justru akan semakin menurunkan tingkat percaya diri.

3. Belajar dari kesalahan

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam pergaulan atau dalam kehidupan ini. Bagi beberapa orang, kesalahan itu akan menjadi hal yang membuatnya kehilangan rasa percaya diri, terlebih jika hal itu memalukan. Namun sebenarnya ada hal positif yang bisa Anda dapatkan dari hal tersebut. Anda dapat belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan, dengan melakukan kesalahan kelak Anda akan tahu bagaimana cara harus menyikapi suatu situasi tertentu dengan bijak.

4. Cari kelebihan diri sendiri

Yakinlah bahwa Anda tidak hanya seseorang yang memiliki kekurangan, karena setiap orang pasti memiliki kelebihan juga dalam dirinya. Kenalilah apa saja kelebihan Anda dan tunjukkan hal itu kepada dunia luar untuk mendukung Anda memiliki rasa percaya diri yang baik. Jika Anda menyadari bahwa diri sendiri juga memiliki kelebihan yang pantas ditunjukkan dalam pergaulan, Anda tidak perlu mengalami kekurangan rasa percaya diri. Hanya saja berhati – hatilah dengan ras percaya diri berlebihan yang akan membuat orang menjadi takabur dan sombong. Anda harus selalu menunjukkan cara menghindari sifat takabur dan cara menghilangkan sifat sombong agar dapat bergaul dengan baik.

5. Selalu bersyukur

Bersyukur adalah salah satu cara menjaga kesehatan hati dan cara membersihkan hati. Dengan selalu bersyukur Anda akan menemukan juga cara membuat hati ikhlas untuk menerima berbagai kejadian yang dialami dalam hidup dan pergaulan sehari – hari. Mensyukuri setiap kejadian yang dialami bisa membuat rasa percaya diri meningkat karena tidak lagi takut mengalami kegagalan dalam pergaulan, dan bisa mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang dialami.

6. Mempertahankan pikiran positif

Orang yang minder biasanya karena sulit mempertahankan pikiran baik di dalam dirinya. Segala hal yang negatif jika dipikirkan terus menerus akan membuat Anda menjadi orang yang kekurangan rasa percaya diri. Perlunya mempertahankan pikiran yang positif sangat berpengaruh kepada kepercayaan diri seseorang dan akan menjadi cara menghilangkan rasa pemalu. Selalu yakinlah bahwa hari esok akan lebih laik daripada hari ini dan bukan sebaliknya agar tetap berpikiran positif.


7. Ringan tangan

Membantu orang lain akan membuat Anda memupuk rasa percaya diri yang tinggi. Dengan membantu orang lain yang membutuhkan juga akan menjadi cara agar yakin bahwa diri sendiri memiliki kemampuan dan kelebihan yang dapat digunakan untuk membantu orang lain. Bersikap ringan tangan juga bisa menjadi cara agar disukai banyak orang.

8. Berlatih

Ketika akan menghadapi suatu situasi, terkadang Anda tidak tahu apa yang akan terjadi. Jika demikian, Anda bisa menyiapkan suatu skenario yang berisi perkiraan tentang kejadian yang akan dihadapi. Atau dengan kata lain, berlatih agar bisa memberikan tanggapan yang sesuai dengan setiap situasi. Dengan menyiapkan diri, Anda akan tahu cara bersikap tenang dan cara menghilangkan sifat pendiam saat menghadapi berbagai situasi.


9. Bicara dengan perlahan

Ketika gugup seringkali orang akan bicara terlalu cepat sehingga tidak dapat dimengerti oleh lawan bicaranya. Cara menghilangkan nervous adalah usahakanlah untuk berbicara dengan pelan dan jelas agar maksud Anda dapat dimengerti. Katakan kalimat per kalimat dengan perlahan dan jangan terburu – buru. Hal itu juga akan membantu Anda menenangkan detak jantung dan dengan demikian juga memperlambat gerak gerik sehingga tidak terlihat gugup dan kurang percaya diri.

10. Tersenyum

Senyum dapat menjadi senjata yang ampuh kapan saja Anda merasa kurang percaya diri. Ulaslah sebuah senyum yang tulus kepada lawan bicara dan hal itu akan membuat Anda merasa lebih baik. Senyum yang tulus dapat mengatasi berbagai situasi yang membuat Anda tegang dan kurang percaya diri.

Cara mengatasi kurang percaya diri dalam pergaulan harus dimulai dari diri Anda sendiri, dan itu berarti Anda bersikap berani mencoba dan ikut ambil bagian dalam berbagai kesempatan di pergaulan Anda. Jika bersikap menarik diri dan tidak mau berbaur, Anda tidak akan mendapatkan kesempatan untuk mengasah kepercayaan diri tersebut.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 26th, November 2016 / 06:13 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan