10 Cara Menghilangkan Rasa Malu yang Berlebihan

Memiliki rasa malu. Dalam batas wajar sebenarnya penting dan memiliki sisi positif, antara lain untuk menjaga perilaku kita di depan orang lain, menjaga nama baik kita dan keluarga, serta membuat kita sadar bahwa ada norma-norma sosial di masyarakat kita yang harus kita patuhi. Namun, bagaimana jika rasa malu yang kita miliki berlebihan? Sampai-sampai kita merasa terbatasi untuk melakukan segala aktivitas kita, bahkan mengganggu cara berinteraksi kita dengan orang lain?

ads

Ya, rasa malu juga memiliki sisi negatif. Rasa malu yang berlebihan, bisa membuat pemiliknya merasa takut melakukan banyak hal karena malu dilihat orang lain atau takut jika apa yang dilakukannya salah. Dia akan selalu merasa ragu dalam melakukan sesuatu, karena dalam hatinya ada perasaan khawatir apa yang dia lakukan akan membuatnya jadi pusat perhatian. Lalu, bagaimana jika Anda merupakan salah satu orang yang cenderung pemalu? Sebenarnya, rasa malu yang Anda rasakan itu bisa dikendalikan, bahkan dibasmi. Berikut akan dibahas cara menghilangkan rasa malu:

  1. Percayalah pada Diri Sendiri

Rasa malu bisa muncul karena Anda tidak percaya pada diri Anda sendiri dan melihat orang lain lebih baik daripada Anda, sehingga Anda malu untuk menunjukkan kemampuan kepada orang lain. Maka dari itu, carilah cara agar percaya diri. Percayalah bahwa Anda juga berhak untuk dipercaya juga oleh orang lain.

Dengan mencoba cara meningkatkan keyakinan diri dan kepercayaan diri, Anda akan mampu menggantungkan diri Anda pada kemampuan Anda, bukan pada perasaan Anda. Anda akan lebih bisa yakin untuk menunjukkan diri Anda kepada orang lain.

  1. Carilah Kelebihan yang Ada Pada Diri Anda

Untuk menjadi orang yang percaya diri, Anda haruslah mengetahui apa kelebihan Anda. Kelebihan inilah yang akan menjadi ‘pegangan’ bagi diri Anda untuk berani menunjukkan diri di depan orang lain. Bukan berarti Anda menyombongkan kelebihan Anda, melainkan jadikan kelebihan itu sebagai pegangan bahwa Anda juga memiliki sesuatu yang kuat dalam diri Anda.  Selalu coba cara merubah diri menjadi lebih baik lagi. Fokuskanlah perhatian Anda kepada kelebihan Anda, sehingga akan semakin terasah dan bisa menutupi kekurangan Anda. Jika demikian, Anda akan bisa mulai menghilangkan rasa malu Anda.

  1. Tidak ada Salahnya kok Menjadi Pusat Perhatian

Apakah selama ini Anda cenderung lebih suka menyembunyikan diri di tengah keramaian? Apakah Anda takut jika ada orang lain memandang Anda? Apakah Anda merasa tatapan orang lain seperti menusuk jauh ke dalam diri Anda? Hentikanlah semua pikiran itu. Percayalah, tidak ada yang salah dengan menjadi pusat perhatian.

Anda tidak perlu takut dengan pandangan orang lain. Tidak ada manusia yang bisa melihat langsung ke dalam pikiran-pikiran Anda, kecuali jika Anda mengutarakan pikiran Anda itu. Beranikan diri Anda untuk ‘muncul’ di tengah keramaian. Menjadi pusat perhatian itu baik lho untuk melatih mental Anda. Diperhatikan oleh orang lain adalah salah satu cara meningkatkan harga diri Anda. Dengan Anda merasa diperhatikan oleh orang lain, lama-kelamaan Anda akan merasa lebih diakui dan akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Asalkan menjadi pusat perhatian dalam hal yang positif yaa..

  1. Lapangkanlah Hati Anda untuk Menerima Kritik

Jangan takut terhadap kritik orang lain. Ingat, manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Justru seharusnya Anda merasa bersyukur ketika ada kritik datang kepada Anda, karena artinya ada orang lain yang peduli pada Anda dan ingin Anda menjadi lebih baik ke depannya.

Mulailah dengan cara merubah sifat menjadi dewasa, salah satunya dengan Anda mau berlapang hati untuk menerima kritik. Dengan Anda berlapang dada menerima kritik, Anda telah melakukan cara menghargai orang lain dan diri Anda sendiri sehingga Anda akan terbebas dari rasa khawatir berbuat salah. Hal ini akan mengurangi rasa malu untuk memulai melakukan sesuatu dan tetap melakukan yang terbaik terlepas dari benar atau salah.

  1. Buatlah ‘Jangkar Emosi’

Mungkin banyak diantara orang pemalu merasa grogi atau nervous ketika dihadapkan pada perhatian orang lain. Ketika merasa tidak ada pegangan atau kekuatan untuk menghadapi rasa nervous dan malu tersebut, cobalah untuk membuat ‘jangkar emosi’. Apa itu jangkar emosi?

‘Jangkar emosi’ adalah sugesti bagi diri Anda sendiri bahwa ‘Anda bisa melakukan apapun’.  Dengan jangkar emosi, Anda mensugesti diri Anda bahwa semua akan baik-baik saja. Dengan sugesti itu, Anda akan lebih bisa mengatasi rasa nervous dan malu Anda sehingga Anda lebih berani untuk ‘menampilkan’ diri. Tenanglah, dan carilah cara cara bersikap tenang dan dewasa.


  1. Persiapkan Diri Anda untuk Segala Kemungkinan

Anda pasti pernah mendengar pepatah yang mengatakan ‘ketika Anda gagal melakukan persiapan, maka Anda mempersiapkan untuk gagal’. Well, terkadang kurang persiapan itulah yang membuat Anda menjadi khawatir, tidak percaya diri dan takut gagal sehingga timbul rasa malu dan ragu untuk mencoba. Maka persiapkan diri Anda untuk menghadapi segala kemungkinan dan situasi sehingga Anda tahu bagaimana harus bersikap atau bereaksi ketika terjadi sesuatu di luar kendali. Anda harus tahu cara membuat hati ikhlas terhadap masalah sehingga Anda bisa tetap tenang jika ada masalah yang muncul. Lakukan cara menenangkan hati dan pikiran dan Anda tidak lagi memiliki hal untuk dikhawatirkan.

  1. Belajarlah dari Orang Lain yang Lebih Aktif daripada Anda

Anda pasti punya teman yang sangat aktif dan tampak selalu percaya diri atas apapun yang dia lakukan? Dan Anda bertanya-tanya, bagaimana dia bisa membawa dirinya di segala macam lingkungan dan situasi? Tahukah Anda bahwa berada di lingkungan baru merupakan salah satu cara menghilangkan kejenuhan dari rutinitas Anda sehari-hari? Maka, cobalah belajar untuk mengakrabkan diri di lingkungan baru. Jangan berhenti untuk mencari cara merubah kepribadian menjadi lebih baik lagi.

  1. Jangan Selalu Berpegang pada Zona Nyaman

Zona nyaman memang sering membuat kita lupa bahwa kita harus mengintrospeksi diri menjadi orang yang lebih baik. Jangan lupa untuk selalu mencoba cara menjadi pribadi yang baik. Jika Anda terus mencari zona nyaman dengan menghindari situasi yang Anda tidak suka, maka tidak akan ada perkembangan di dalam diri Anda. Maka, cobalah untuk berani keluar dari zona nyaman Anda dan beranilah untuk tampil di depan orang banyak.


  1. Yakinkan Diri bahwa Tidak Ada Kebenaran/Kesalahan yang Absolut

Tidak ada suatu hal pun di dunia ini yang 100% benar atau 100% salah. Semua hal tergantung dari perspektif dan cara berpikir Anda. Oleh karena itu, carilah cara menghilangkan rasa takut untuk mencoba sesuatu atau menyampaikan pendapat Anda atas sesuatu. Anda bisa mendiskusikan pendapat Anda dengan orang lain tanpa takut pendapat Anda akan tidak diterima oleh orang lain. Percayalah, dengan berani berpendapat, Anda akan bisa berdiskusi dengan orang lain sebagai cara membuat keputusan yang tepat, bukan hanya salah atau benar.

  1. Berpikirlah yang Positif

Semua berawal dari pikiran Anda. Jika Anda berpikiran buruk atas suatu hal, bisa jadi hasilnya akan benar-benar buruk. Maka cobalah untuk terus berpikiran positif. Pikiran positif merupakan cara menjaga kesehatan hati dan bisa membawa membawa energi positif bagi Anda, membuat Anda tenang dan berani melakukan hal-hal yang menurut Anda merupakan hal yang terbaik untuk dilakukan.

Selamat mencoba!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 27th, September 2016 / 22:13 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan