17 Cara Mengetahui Orang Berbohong Atau Tidak

Berbohong tentunya menjadi sikap yang tidak akan disenangi oleh banyak orang. Siapa yang ingin dibohongi? Tentu saja tidak akan ada yang mau. Namun sikap bohong ini sering dilakukan beberapa orang untuk menutupi sebuah hal. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak cara-cara yang dituturkan oleh ahli psikologi untuk mengetahui apakah seseorang tersebut sedang berbohong atau tidak. Mulai dari gerak-gerik, mimik wajah, hingga menggunakan alat deteksi kebohongan, semua dapat membantu anda mengetahui apakah seseorang tersbeut berbohong atau tidak. Namun sebelum menjelaskan lebih lanjut, anda perlu mengetahui  terlebih dahulu ciri-ciri dari orang yang sedang berbohong.

ads
  • Biasanya orang yang berbohong memiliki cerita yang tak masuk akal.
  • Terkadang mereka seringkali menceritakan hal-hal tentang diri mereka secara berubah-ubah.
  • Sering kali mengucapkan kata sumpah, hal ini dilakukan untuk meyakinkan banyak orang.  (baca juga: Cara Bergaul Dengan Teman Baru)

Ciri-ciri diatas dapat membantu anda menemukan apakah orang tersbeut berbohong atau tidak. Nah selain itu, berikut ini ada beberapa cara-cara lainnya yang dapat digunakan untuk mendeteksi kebohongan tersebut. (baca juga: Tips Keluarga Sakinah)

1. Lihat Pandangan Matanya

Pandangan mata ke arah kiri atas, berarti menandakan bila orang tersebut sedang mengingat-ingat pengalaman yang ada hubungannya dengan pertanyaan anda. Sedangkan pandangan mata ke arah kanan atas, menujukkan bahwa seseorang tersebut sedang mengarang untuk jawaban dari pertanyaan anda. Bila pandangan mata ke kiri bawah, menunjukkan bahwa orang tersebut sedang mengambil fakta yang ada dari masa lalunya. Namun bila pandangan mata ke kanan bawah, hal ini sangat berkaitan dengan perasaan seseorang tersebut, dan menunjukkan bahwa hal ini bukanlah rekayasa. (baca juga: Cara Mengatasi Perselingkuhan)

2. Lihat Mimik Mukanya

Hal lainnya yang dapat anda perhatikan untuk mendeteksi kebohongan seseorang adalah mimik wajah nya. Anda bisa mengamati mimik wajah orang tersebut, jika orang tersebut memiliki mimik wajah seperti ini:

  • Pipi merona
  • Lubang hidung melebar
  • Kebiasaan menggigit bibir yang tiba-tiba
  • Berkedip cepat (baca juga: Tanda-Tanda Dia Jodoh Kita)
  • Bernapas dalam-dalam

Maka dipastikan bahwa orang tersebut sedang berbohong atau mengatakan kebohongan kepada anda. Waspadai hal-hal tersebut agar anda mudah mendeteksinya. (baca juga: Alasan Kewajiban Menikah)

3. Bahasa Tubuhnya

Anda juga bisa mendeteksi kebohongan dari bahasa tubuh seseorang. Namun cara ini hanya bisa dilakukan bila orang tersebut benar-benar dalam keadaan tidak sibuk. Pertama kali, anda bisa memperhatikan tangannya. Bila pada saat berbicara dengan anda, dia meremas kedua tangannya maka hal ini menandakan bila dirinya merasa cemas dan sedang menutupi kebohongan yang dilakukan. Anda juga bisa mengamti kedua kaki orang tersebut. Orang yang sedang berbohng terkadang kedua kaki nya sering kali bergerak. Ini bisa jadi dikarenakan ketegangan yang dihadapinya dan dirinya ingin segerak mengakhiri pembahasan topik yang dibicarakan tersebut. (baca juga: Kewajiban Dalam Rumah Tangga)


Orang yang sedang melakukan kebohongan akan sering sekali melakukan gerakan-gerakan tubuh yang mencurigakan. Hal-hal ini dilakukan untuk menutupi kebohongan yang disembunyikannya. Hal yang paling sering terlihat adalah perilaku yang seirng menyentuh pada bagian-bagian wajah tertentu seperti bibir, leher, dan wajah. (baca juga: Cara Menghindari Perselingkuhan)

4. Cara Bicaranya

Kebohongan juga mudah terdeteksi dilihat dari cara bicara orang tersebut. Perhatikan dan rasakan pola napas dari lawan bicara anda. Menurut para ahli pada saat orang sedang melakukan kebohongan, maka pola napas orang tersebut akan menjadi terlalu cepat ataupun terlalu lambat. (baca juga: Tips Menjadi Wanita Sholehah)

Selain itu, bicaranya pun juga sangat tidak konsisten. Pada saat anda bertanya dengan orang tersebut, cobalah untuk menanyakan hal yang sama lebih dari sekali. Anda bisa mengubah-ubah pertanyaan tersebut agar tak diketahui olehnya. Jika jawabannya tak konsisiten dan selalu berubah-ubah, sangat berkemungkinan bila dia sedang berbohong. (baca juga: Ciri Wanita Suka Selingkuh)

5. Lihat Caranya Tersenyum

Anda bisa memperhatikan dengan baik bagaiamana cara nya tersenyum pada anda ketika sedang membicarakan suatu topik. Perhatikan gerakan mata dan mulutnya pada saat tersenyum. Bila dirinya mengatakan kejujuran, maka senyum yang dilontarkan akan lepas dengan melibatkan seluruh organ yang ada di wajah. Namun bila dirinya sedang berbohong, maka senyumnya akan terlihat menyeringai seperti dipaksakan. (baca juga: Cara Mendapatkan Banyak Teman)

6. Perhatikan Ekspresi Wajah

Anda juga dapat memperhatikan bagaimana perubahan dari ekspresi wajah orang tersebut. Apabila seseorang sedang dalam kondisinya yang bahagia, maka raut wajah bahagianya tak pernah berubah. Namun bila dirinya sedang melakukan kebohongan, maka ekspresi wajah orang tersebut berubah-ubah. Meskipun dirinya mengatakan bahagia, namun beberapa saat akan memperlihatkan isi hati nya yang sebenarnya. Anda bisa mengetahui perasaan seseorang yang asli setelah 25 detik. (baca juga: Cara Agar Disenangi Orang Lain)


7. Dengarkan Dengan Cermat Apa Yang Sedang Dibicarakannya

Hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk mendeteksi kebohongan pada seseorang adalah dari pembicaraan yang sedang dilakukannya. Seseorang yang sedang berbohong biasanya sering menggunakan kata-kata kecuali, tapi, ataupun sedangkan. Hal ini dikarenakan proses berpikir yang cukup rumit pada saat berbohong sehingga secara tak langsung kata-kata tersbeut terlontar dari mulutnya. Bahkan kata-kata ini seringkali diucapkan berulang-ulang. Tak hanya itu saja, orang yang sedang berbohong juga sering menggunakan kata “aku” atau “punyaku”. (baca juga: Ciri-ciri Teman Tidak Setia)

Selain itu, pembicaraan orang-orang yang sedang berbohong terkadang terlalu detail dan meyakinkan. Meskipun begitu, pembicaraan detail berkemungkinan besar untuk berbohong. Hal ini msering dilakukan oleh orang-orang yang memang ahli berbohong. Bahkan bila dirinya pandai menggunakan perasaan yang ada dan merangkai cerita tersebut dengan sangat menarik, bahwa sangat dipastikan bahwa orang tersebut sudah merencanakan kebohongan tersebut. (baca juga: Bahaya Curhat Dengan Lawan Jenis)

Kebohongan tentunya bukan merupakan hal yang baik, dan tidak ada seseorang pun yang ingin dibohongi termasuk anda. Cara-cara yang sudah dijelaskan diatas dapat anda jadikan sebagai referensi untuk mengetahui apakah orang-orang di sekitar anda sedang berbohong pada anda atau tidak. Nah semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 05th, May 2017 / 05:33 Oleh :
Kategori : Perbuatan Salah