11 Cara Berdamai dengan Masa Lalu Paling Mudah Dilakukan

Kehidupan yang kita jalani di masa sekarang ini tak terlepas dari yang namanya masa lalu. Masa lalu akan selalu ada sebagai saksi dari perjalanan hidup kita, dan setiap orang akan memiliki cerita masa lalu yang berbeda pula sesuai dengan kehidupannya di masa lampau, ada masa lalu yang indah dan ada pula masa lalu yang kelam.

ads

Dan tak jarang cerita kehidupan di masa lalu datang menghantui kita hingga saat sekarang ini, terlebih yang berhubungan dengan masa lalu yang kelam dan berantakan dan sering pula kita mengaitkan segala hal yang terjadi di masa sekarang dengan kejadian masa lampau. Entah itu karena kelakuan kita dahulu atau karena jalan hidup yang berantakan sehingga membawa dampak yang mempengaruhi kualitas hidup saat ini.

Agar bisa tenang dalam menjalani kehidupan di masa sekarang dan masa depan, kita harus bisa berdamai dengan masa lalu. Kita harus bisa menerima kenyataan tentang masa lalu kita dan mencoba melakukan berbagai cara agar bisa mendapatkan kualitas hidup yang baik, kehidupan yang nyaman dan bahagia untuk sekarang dan masa depan. Jangan biarkan masa lalu selalu hadir mengganggu kehidupan kita. Ada beberapa hal yang bisa membuat kita berdamai dengan masa lalu.

  1. Bersyukur karena masa lalu telah berlalu.

Harusnya kita bisa bersyukur karna masa lalu yang mungkin saja pahit dan penuh dengan pengalaman yang tidak mengenakkan telah berakhir dan telah berhasil kita lalui dengan baik. Dengan bisa mensyukurinya hati kita akan terasa lebih lapang dan tenang.

  1. Ambil hikmah dari keburukan masa lewat.

Masa lalu penuh dengan kejadian – kejadian yang baik dan buruk, ambil hikmah dari semua kejadian itu yang mungkin saja telah membawa kebaikan untuk kita di masa sekarang ini.

  1. Jadikan pengalaman di masa lalu sebagai pelajaran di masa depan.

Pengalaman yang kita dapat dari masa lalu bisa kita jadikan sebagai pelajaran untuk masa sekarang dan masa depan sehingga kita tidak dapat lagi terkecoh di masa mendatang.

  1. Sadarilah bahwa masa lalu telah membawa kita ke kehidupan yang sekarang.

Tanpa di sadari kita dapat hidup saat ini karena melalui proses dari masa lalu, tanpa ada masa lalu maka juga tidak akan ada kehidupan yang sekarang.


  1. Berhenti menyalahkan diri sendiri dan masa lalu.

Jangan salahkan semua yang telah terjadi di masa lalu dan apa yang telah kita perbuat di masa lalu, karena hanya akan menjadi beban di pikiran kita. Kita bisa menebus kesalahan yang telah dilakukan dimasa lalu dengan cara menjadi pribadi yang baik di masa depan.

  1. Belajarlah menerima kenyataan.

Terimalah kenyataan hidup yang telah terjadi, jangan pernah menyesalinya. Bercerminlah pada kehidupan orang lain, dimana mereka bisa menerima kenyataan hidupnya dan bisa menjalaninya dengan penuh keikhlasan.

  1. Cobalah berdamai dengan diri sendiri.

Agar bisa berdamai dengan masa lalu, sebaiknya kita harus bisa berdamai dengan diri sendiri terlebih dahulu. Maafkan diri kita yang telah lalu, anggap saja itu adalah sebuah kegagalan bagi diri kita. Dengan begitu bangunkan diri kita untuk segera bangkit kembali melawan masa lalu dan mengejar mimpi yang tertunda. 


  1. Berubahlah demi masa depan.

Jika masa lalu kita penuh dengan pengalaman buruk dan memalukan, tentu kita juga tidak ingin hal itu terjadi di masa depan. Untuk itu kita harus berusaha agar semua pengalaman itu tidak kembali terulang sehingga itu akan membuat kita berusaha di masa depan dengan cara merubah kepribadian yang buruk menjadi lebih baik.

  1. Maafkan segala kesalahan di masa lalu.

Kita harus bisa memaafkan apa yang telah terjadi di masa lalu, baik terhadap diri sendiri, lingkungan dan orang – orang yang pernah hadir dan mungkin saja telah meninggalkan kenangan yang pahit untuk kita. Dengan bisa memaafkan akan membuat hidup kita lebih tenang dan batin juga lebih terasa lega.

  1. Anggap masa lalu sebagai proses menuju kebaikan di masa depan.

Terkadang masa lalu yang kelam dan pahit sangat berpengaruh dalam melahirkan kita yang lebih baik di masa depan. Karena semua pengalaman buruk itu telah mendorong kita untuk berusaha lebih keras menuju kehidupan yang lebih baik.

  1. Jangan berpikir bahwa hanya kita yang memiliki masa lalu yang kelam.

Semua orang punya masa lalu dan pengalaman yang berbeda, dan lihatlah ke sekeliling kita berapa banyak orang yang memiliki masa lalu yang pahit, namun sekarang mereka berhasil dan memiliki kehidupan yang nyaman. Dan begitu juga sebaliknya ada sebagian dari mereka yang memiliki masa lalu yang baik dan bahagia namun sekarang hidupnya berantakan. Jadi jangan berpikir bahwa hanya kita yang punya masa lalu kelam.

Itulah beberapa hal yang dapat membawa kita untuk bisa berdamai dengan masa lalu, bukan dengan cara melupakan masa lalu, karena masa lalu tidak akan bisa di lupakan dan ditinggalkan begitu saja. Semua pengalaman dan kejadian masa lalu akan terus mengiringi kehidupan kita dari masa ke masa.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan