15 Cara Menghadapi Orang Keras Kepala dan Egois

Tentunya beberapa dari anda memiliki teman, kerabat, ataupun keluarga yang memiliki sifat dan watak keras kepala. Menghadapi orang-orang yang bersikap keras kepala memang bukanlah hal yang mudah, hal ini karena prinsip yang teguh dipegangnya. Hal hal tersebut tentu saja akan terasa menjengkelkan, terlebih lagi jika kondisi yang dihadapi sudah terlalu rumit.  Pada dasarnya, sifat keras kepala cenderung memilki emosi yang meledak-ledak, hal ini lah yang menjadi pemicu dari sifat egois yang dimilikinya. Untuk itu, tentu saja cara menghadapinya bukan seperti orang-orang normal pada umumnya. Nah berikut ini beberapa cara menghadapi orang keras kepala yang perlu anda ketahui. (baca juga: Cara Mengatasi Wanita PHP)

ads

1. Tenangkan Diri Terlebih Dahulu

Ketika anda dihadapkan dengan orang-orang yang memiliki karakter keras kepala, maka sebisa mungkin tenangkan diri anda. Biasanya orang-orang keras kepala memiliki emosi yang cukup meledak setiap saat. Sehingga bisa saja kata kata yang dikeluarkannya akan menyinggung perasaan anda. Jika sampai itu terjadi, maka anda hanya perlu mengabaikannya saja. Tak perlu membuang waktu untuk berdebat dan membela diri sendiri. (baca juga: Ciri Ciri Orang Licik)

2. Memahami Kondisi Mereka

Saat orang-orang tersebut sedang berbicara panjang lebar di hadapan anda, maka anda hanya perlu mendengarkan saja. Terkadang hal-hal yang dibicarakannya tersebut adalah curahan hatinya tersendiri. Cukup dengarkan dan cari tahu apa yang sebenarnya menjadi kebutuhannya dan hal apa yang mereka tidak inginkan.

3. Sabar 

Kesabaran menjadi kunci utama untuk menghadapi orang-orang dengan karakter keras kepala tersebut. Jika anda tidak sabar, maka bisa saja membutuhkan waktu yang lama dan bahkan bisa menimbulkan cekcok yang lebih besar pada masalah yang dihadapi. Dengan sikap yang sabar, anda bisa menarik kesimpulan yang tepat tentang hal apa yang perlu anda lakukan.

4. Menghargai Pendapatnya

Memberitahu bahwa dirinya memiliki watak yang keras kepala, tidaklah menjadi solusi yang tepat. Sebab hal tersebut hanya akan membuat watak keras kepala nya lebih menjadi-jadi dan bahkan tak ada keinginan untuk berubah. Orang-orang yang keras kepala akan bersikap diam ketika dirinya selalu disalahkan. Hal ini karena dirinya merasa jika tak ada orang yang ingin mendengarkan pendapatnya lagi. Untuk itu, akan lebih baik jika anda mencoba menghargai segala pendapat yang dikeluarkannya.

5. Pintar Memilih Keadaan

Sebelum anda ingin memberikan solusi atas permasalahan yang ada, akan lebih baik jika anda benar benar mengerti dari kondisi yang dialami orang tersebut. Untuk itu, anda harus bijak saat mengambil keputusan. Jangan sembarangan untuk membela ataupun menyalahkan kondisinya. Sampaikan pendapat anda dengan benar dan lembut agar tak menyinggung perasaannya.


6. Mencoba Berempati

Sebenarnya tak semua orang-orang yang bersifat keras kepala itu adalah buruk. Terkadang beberapa diantaranya memiliki hati yang cukup lembut dan sedang terluka. Sehingga membuatnya bersikap keras kepala. Sehingga cobalah untuk berempati, hadapi orang-orang tersebut dengan lembut serta penuh perhatian.

7. Jangan Berupaya Untuk Mengubahnya

Sifat dasar seseorang bukanlah hal yang mudah untuk diubah, begitupula dengan sifat keras kepala. Sehingga anda jangan sekali kali untuk mengubah karakter dari seseorang. Yang perlu anda lakukan hanyalah untuk membuatnya mengerti serta mengetahui hal-hal yang diingikannya. Lakukan pendekatan yang pas sehingga tak akan menyinggung perasaan nantinya. (baca juga: Bahaya Curhat Dengan Lawan Jenis)

8. Jangan Mengaturnya

Satu hal yang perlu anda tanamkan dalam diri anda, jangan sekali kali berusaha mengatur orang-orang yang keras kepala. Hal ini karena orang-orang yang keras kepala bukanlah orang yang senang diatur, karena menurut mereka langkah yang dilakukannya adalah yang benar.

9. Selalu Berpikiran Positif

Bergaul dengan orang-ornag berwatak keras kepala bisa membuat anda ikut terbawa dalam karakter tersebut. Sehingga jangan sampai karakter tersebut bisa melekat dalam diri anda. Usahakan untuk tetap memiliki pandangan yang positif dalam pikiran anda.

10. Bersikap Tegas

Terkadang menghadapi orang orang yang berwatak keras kepala membutuhkan sedikit ketegasan. Karakter keras kepala bisa muncul karena orang orang yang disekitarnya lebih mengalah. Saat orang tersebut sudah mulai memperlihatkan kemarahannya, maka cobalah untuk tenang dan bicarakan mengenai alasan yang tidak rasional dari pendapatnya. Tegas tak harus berkata keras dan marah. Sehingga hindari hal-hal tersebut saat berbicara dengan orang-orang tersebut.

11. Memberikan Humor

Anda juga bisa mencoba untuk mencairkan suasana dengan humor-humor ringan yang anda miliki. Dengan hal tersebut, anda tak hanya bisa mencairkan suasana namun juga bisa menghibur mereka. Selain itu, cara tersebut juga efektif untuk mengatasi emosi mereka yang meledak-ledak.

12. Mencari Kesamaan

Cara menghadapi orang yang keras kepala lainnya bisa anda lakukan dengan mencari kesamaan antara anda dengan orang tersebut. Setidaknya setiap orang tentunya memiliki kesamaan tersendiri. Coba untuk mencari tahu hal-hal apa yang menjadi kesukannya, entah itu hobi, tempat favorit, dan lainnya. Cara ini efektif untuk mengawali sebuah pembicaraan dengan aman. (baca juga: Cara Agar Dihargai Orang Lain)

13. Kritik dan Saran

Banyak orang yang terkadang kesulitan untuk melakukan hal ini, karena takut menyinggung perasaan orang tersebut. Namun kritik dan saran sebenarnya hal yang penting karena hal tersebut membuat orang bisa belajar lebih baik lagi. Penyampaian kritik dan saran bisa anda sampaikan dalam bahasa yang lebut tanpa perlu menyinggung perasaan siapapun.

14. Jangan Ikut Berperilaku Keras

Jangan sesekali menghadapi keras dengan keras pula. Jika anda menghadapi orang-orang keras kepala dengan watak yang keras, maka hal ini tak akan pernah selesai. Hadapi orang-orang tersebut dengan lembut serta penuh kasih sayang. Sikap keras hanya akan membuatnya menjadi tidak peduli. Bahkan dapat menjauhi anda dan lebih keras kepala lagi. (baca juga: Tips Keluarga Sakinah)

15. Meninggalkannya

Jika memang dirasa anda sudah tidak mampu untuk menghadapi watak keras kepala tersebut, maka lebih baik untuk menjauh dan menghindari orang orang tersebut saja. Cara ini terkadang cukup ampuh untuk membuat mereka sadar mengenai watak keras kepala yang dimilikinya.

Nah itu tadi beberapa cara menghadapi orang keras kepala yang perlu anda ketahui. Kunci utama adalah sabar dan hadapi dengan lembut serta tenang. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 31st, May 2017 / 08:28 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan