3 Mitos Melihat Bintang Jatuh dan Faktanya Dalam Islam

Kamu pasti pernah melihat bintang jatuh baik dari tayangan telivisi atau melihatnya secara langsung tanpa sengaja saat memandang langit malam. Mengajukan permintaan saat melihat bintang jatuh mungkin juga pernah kamu lakukan karena mitos ini beredar di masyarakat. Yang katanya permohonan akan terkabul kala melihat bintang jatuh. Benarkah demikian? Nah baiknya kamu simak fakta dan mitos melihat bintang jatuh ini.

Pertanda Setan yang Gagal Melihat Masa Depan

Dalam Islam fakta dibalik mitos melihat bintang jatuh, menandakan bahwa setan yang gagal melihat masa depan karena tidak bisa masuk ke lauhl mahfudz yang berisi berbagai kejadian yang akan terjadi di masa depan. Dalam surah Al Mulk ayat 5 dijelaskan bahwa bintang-bintang yang menghias langit dijadikan sebagai alat untuk pelempar syaitan yang berusaha masuk ke lauhl mahfudz tersebut. Jadi melihat bintang jauh menjadi pertanda bahwa malaikat sedang melempari syaitan tersebut dan mereka pun gagal melihat masa depan.

“Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.”

(QS. Al-Mulk: 5)

Hal mengenai syaitan yang mencuri tersebut juga dijelaskan dalam beberapa ayat di Al-Quran, diantaranya :

“Sesungguhnya Aku telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan, yaitu bintang-bintang, dan telah memeliharanya (sebenar-benarnya) dari setiap syaitan yang sangat durhaka, syaitan syaitan itu tidak dapat mendengar-dengarkan (pembicaraan) para malaikat dan mereka dilempari dari segala penjuru. Untuk mengusir mereka dan bagi mereka siksaan yang kekal, Akan tetapi barangsiapa (di antara mereka) yang mencuri-curi (pembicaraan); maka ia dikejar oleh suluh api yang terang.” 

(QS. As-Shaffat: 6 – 10)

“Sesungguhnya kami telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api, dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya).” 

(QS. Al-Jin: 8 – 9)

Nah, sebagai umat islam tentu mitos tentang terkabulnya doa itu bisa terbantahkan. Bahkan bisa termasuk pada perbuatan syirik karena berdoa kepada bintang (benda). Seperti yang telah diterangkan pula dalam hadist berikut :

“Allah menciptakan bintang untuk tiga hal: Allah jadikan sebagai penghias langit, sebagai pelempar setan, dan sebagai tanda alam untuk petunjuk arah. Maka siapa yang menggali tentang bintang, selain tiga hal tersebut, dia keliru, menyia-nyiakan jatahnya, dan membebani diri dengan sesuatu yang sama sekali dia tidak memiliki modal ilmu tentangnya.”

(HR. Bukhari dalam shahihnya secara muallaq, 4/107)

Itulah fakta dibalik mitos melihat bintang jatuh yang perlu diketahui. Setelah mengetahui hal ini penting sekali untuk tidak ikut menebarkan mitos melihat bintang jatuh ini kepada anak-anak.

1. Adanya Peperangan Energi Supranatural

Selain mitos mengenai terkabulnya permohonan doa saat melihat bintang jatuh, ternyata juga ada mitos lainnya yang berkaitan dengan dunia mistis. Konon katanya bintang jatuh merupakan wujud dari peperangan energi gaib dimana yang terlihat sebagai bintang jatuh atau hujan meteor tersebut merupakan penampakan dari senjata atau pusaka gaib praktisi supranatural yang mempelajari black magic. Tentu saja hal ini adalah mitos yang beredar dimasyakat.

2. Pertanda Jin yang Berjalan di Dimensi Manusia

Hal lain yang beredar mengenai mitos melihat bintang jatuh ini adalah konon katanya bintang jatuh merupakan perwujudan dari jin yang sedang berjalan di dimensi manusia yang menyerupai kilatan sehingga terlihat seperti bintang jatuh.

3. Benda Bertuah yang Melintas di Dimensi Manusia

Yang lainnya adalah sebagai pertanda bahwa benda bertuah yang memiliki kemampuan untuk melintas di dalam dimensi manusia. Sehingga nantinya ia akan berbentuk bola api yang dilihat menyerupai bintang jatuh.

Itulah mitos melihat bintang jatuh yang beredar dibeberapa kalangan masyarakat. Sebagai umat muslim yang beriman tentu kita harus meyakini apa yang telah difirmankan Allah SWT dalam Al-Quran. Jangan sampai kita percaya pada yang syirik karena termasuk pada dosa besar.

Kamu juga bisa simak berbagai mitos lainnya seperti arti kumbang masuk rumah malam hari, mitos anak pertama menikah dengan anak terakhir, mitos anak bungsu menikah dengan anak bungsu, mitos membunuh kucing, mitos menemukan tapal kuda, mitos burung gagak, dan mitos burung hantu di depan rumah yang masih berbau mistis.

, ,
Oleh :
Kategori : Mitos dan Fakta