11 Solusi Pertengkaran dalam Rumah Tangga

Sponsors Link

Semua orang pasti menginginkan rumah tangga yang harmonis. Mereka menginginkan untuk selalu kompak dan sejalan dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Sebuah keluarga idealnya akan selalu mencari cara untuk menghindari pertengkaran dalam rumah tangga karena bisa menjadi penyebab keluarga tidak harmonis.

Namun, meski Anda dan pasangan telah melakukan cara membina rumah tangga yang baik, tak bisa dihindari masalah yang tidak terduga seringkali muncul diantara pasangan suami istri. Masalah ini bisa jadi akan menimbulkan pertengkaran antara suami dan istri. Jika dibiarkan, tidak menutup kemungkinan hubungan rumah tangga akan hancur dan menjadi penyebab perceraian suami istri. Untuk itu, Anda mungkin perlu mengetahui beberapa solusi pertengkaran dalam rumah tangga berikut ini:

  1. Saling mengalah

Sebaiknya suami dan istri masing-masing tidak merasa menjadi yang paling benar. Sebagai manusia, kesalahan merupakan hal yang sangat normal dan merupakan kodratnya. Maka, jangan merasa Anda yang paling benar dan tidak mau mengalah satu sama lain. Permasalahan dalam rumah tangga tidak bisa diselesaikan dengan menang atau kalah.

Sebaiknya Anda berdua mengedepankan keinginan untuk berbaikan lagi. Tidak ada salahnya untuk Anda mengalah kepada pasangan. Kalaupun ternyata pasangan Anda memang salah, berikan pengertian padanya secara perlahan-lahan. Akan lebih baik jika pasangan mengetahui kesalahannya secara perlahan-lahan untuk nantinya dia mengintrospeksi dirinya, daripada saat itu juga Anda menyalahkannya dan membiarkan pertengkaran tetap terjadi. Ini bisa jadi cara mengatasi konflik dalam rumah tangga yang bisa Anda coba.

  1. Komunikasi yang Terbuka

Kunci dalam sebuah hubungan adalah komunikasi. Dengan adanya komunikasi yang lancar, sepasang suami istri akan lebih bisa memahami pola pikir satu sama lain. Tidak hanya itu, dengan melakukan komunikasi yang terbuka antara suami dan istri, akan bisa juga menghilangkan rasa curiga dan prasangka yang bisa jadi menimbulkan pertengkaran dalam rumah tangga. Komunikasi yang terbuka merupakan salah satu tips menjaga keharmonisan rumah tangga yang harus dilakukan oleh semua pasangan suami istri.

  1. Kendalikan amarah

Anda dan pasangan harus bisa mengendalikan amarah yang sedang muncul. Sebisa mungkin lakukan cara mengatasi amarah dan jangan tunjukkan kemarahan yang meledak-ledak, seperti membentak, berteriak apalagi memukul pasangan, khususnya jika Anda berdua telah memiliki anak. Sebisa mungkin tutupi pertengkaran yang sedang terjadi di depan anak Anda ataupun anggota keluarga lain di rumah.

Usahakan untuk menjaga pertengkaran di dalam lingkup pribadi Anda berdua, seperti kamar pribadi Anda dan pasangan. Dengan melakukan cara menghilangkan rasa marah, akan mencegah trauma psikologis pada anak dan juga mencegah campur tangan pihak ketiga yang tidak diinginkan

  1. Hilangkan sifat egois

Bagi Anda yang sedang memiliki masalah dengan pasangan, Anda harus bisa menghilangkan ego diri sendiri sebagai solusi pertengkaran dalam rumah tangga. Lakukan cara menghilangkan sifat egois. Jangan merasa ingin selalu dimengerti oleh pasangan, tapi Anda juga harus bisa mengerti pasangan Anda. Sifat egois hanya akan membuat pasangan merasa kurang dihargai dan membuat pasangan bosan dengan Anda.

  1. Tidak terbawa emosi

Untuk bisa mendapat solusi pertengkaran dalam rumah tangga, Anda harus bisa meredakan emosi Anda. Cobalah cara meredam emosi karena emosi akan menghalangi Anda dalam membuat keputusan terbaik dalam menyelesaikan masalah. Emosi hanya akan membawa Anda dan pasangan kepada pertengkaran yang berlarut-larut yang lama kelamaan akan berdampak buruk pada hubungan rumah tangga.

Sponsors Link

  1. Selalu sabar

Sabar bisa jadi obat bagi semua masalah. Dengan cara bersikap sabar, solusi pertengkaran dalam rumah tangga bisa jadi akan datang dengan sendirinya. Terkadang, kata-kata bijak yang mengatakan ‘waktu bisa mengobati segalanya’ ada benarnya. Maka, Anda cukup bersabar dan menunggu adanya solusi pertengkaran yang sedang terjadi, sembari terus melakukan introspeksi diri menjadi orang yang lebih baik.

  1. Berpikir jernih

Anda harus bisa berpikir jernih untuk bisa mendapat solusi pertengkaran yang sedang dialami oleh Anda dan pasangan. Pikiran yang jernih akan membantu Anda melihat masalah dari segala sisi, baik sisi positif maupun negatif dan menjadi cara menghilangkan kesal di dalam hati. Dengan begitu,  Anda bisa melihat permasalahan dengan utuh dan akan bisa mencari jalan keluar atau solusi yang terbaik bagi pertengkaran yang dialami.

  1. Fokus pada Solusi

Sebaiknya, saat sedang bertengkar Anda dan pasangan tidak perlu berfokus pada penyebab masalah. Jangan terus mencari siapa yang salah apalagi saling menyalahkan satu sama lain. Hal ini hanya akan membawa Anda dan pasangan ke pertengkaran yang lebih besar dan solusi pun tidak ditemukan.

Sebaiknya Anda dan pasangan cukup mencari tahu apa penyebab kesalahan yang dilakukan, apa solusi untuk masalah yang terjadi, dan sama-sama melakukan introspeksi diri sebagai cara merubah diri menjadi lebih baik. Bicarakan dengan dewasa dengan pasangan apa yang sebaiknya dilakukan sebagai solusi pertengkaran dalam rumah tangga. Dengan begitu, pertengkaran akan lekas selesai dan keluarga Anda pun akan kembali harmonis.

Sponsors Link

  1. Tidak mengumbar masalah

Tidak baik bagi siapapun yang sudah berkeluarga untuk mengumbar masalah keluarga ke khalayak ramai. Misalnya Anda menceritakan dengan gamblang kepada teman-teman tentang pertengkaran Anda dengan pasangan, apalagi menjelek-jelekkan pasangan di depan orang lain. Bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk curhat dengan teman dekat, tapi sebaiknya Anda menyaring cerita apa saja yang pantas untuk diceritakan kepada orang lain.

Ada baiknya jika Anda menyimpan pertengkaran rumah tangga Anda sendiri. Hal ini sebagai cara menghindari perilaku fitnah yang bisa merusak hubungan rumah tangga. Kalaupun Anda ingin curhat kepada orang lain untuk mendapat nasehat atau solusi untuk permasalahan, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih orang yang tepat.

  1. Bersikap lembut

Sikap kasar tidak akan memberi solusi untuk pertengkaran dalam rumah tangga yang sedang dihadapi. Sikap kasar justru membuat pasangan merasa sakit hati dan semakin emosi. Maka, sebaiknya Anda bisa tetap bersikap lembut saat mencari solusi pertengkaran dalam rumah tangga. Kelembutan bisa menjadi cara bersikap tenang dalam segala situasi.

Sikap lembut yang Anda berikan bisa membuat emosi pasangan ikut mereda dan kembali bekerja sama membuat solusi untuk pertengkaran yang sedang terjadi. Kelembutan yang Anda berikan juga bisa membuat pasangan makin sayang kepada Anda karena mampu meredakan amarahnya di saat apapun.

  1. Beri sedikit waktu

Jika solusi pertengkaran dalam rumah tangga tidak kunjung ketemu, cobalah untuk memberi sedikit waktu untuk diri sendiri dan pasangan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mendapat solusi sekarang juga. Beri waktu untuk masing-masing berpikir dan menenangkan diri. Saat Anda atau pasangan sudah merasa lebih baik dan mendapat jawaban untuk masalah yang sedang dihadapi, kembalilah berbicara dengan baik-baik untuk menyelesaikan masalah.

Selamat mencoba!

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 23rd, November 2016 / 21:47 Oleh :
Kategori : Pernikahan