Sponsors Link

15 Cara Merubah Kepribadian Menjadi Lebih Baik

Sponsors Link

Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang ingin mengubah karakter atau kepribadiannya. Mengalami cobaan hidup yang mengguncang jiwa, merasa trauma dan tidak ingin mengulanginya lagi, atau terobsesi dengan sesuatu hal atau seseorang  adalah salah satu hal yang mendorong keinginan tersebut. Kepribadian secara sederhananya adalah cara seseorang merespons dengan sikap tertentu terhadap lingkungannya. Biasanya dengan berusaha mengubah kepribadiannya, seseorang akan berharap hidupnya akan berjalan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

ads

Mengubah kepribadian seseorang bukanlah perkara yang kecil, karena dalam dirinya biasanya telah terbentuk kuat sebagai bagian dari perjalanan hidupnya sejak lahir. Apalagi jika kita telah dewasa, sehingga kita telah terbiasa hidup dan berinteraksi dengan suatu sikap tertentu. Sehingga untuk mengubah kepribadiannya seseorang perlu melakukan terobosan dan mengubah banyak hal dalam hidupnya.

Kepribadian Yang Berubah

Mungkin akan memerlukan perjuangan besar untuk merubah kepribadian kita. Hal paling mungkin yang bisa dilakukan untuk mengubah kepribadian kita adalah mencari sisi karakter yang mungkin belum tergali sepenuhnya untuk dikembangkan, atau mengubah sebagian saja dari kepribadian yang dimiliki. Lakukanlah langkah – langkah berikut ini jika ingin merubah beberapa aspek kepribadian:

1. Buatlah rencana dan tujuan yang pasti

Ketika ingin berubah menjadi pribadi yang lain, seseorang pasti akan merasa gamang bila dia tidak membuat rencana yang pasti tentang apa yang harus dilakukannya dan hendak menjadi pribadi yang bagaimana nantinya. Bila perlu, tuliskan dalam sebuah jurnal tentang kepribadian yang diinginkan dan apa harapan yang ingin dicapai, misalnya bagaimana cara menjadi pribadi yang baik dan apa yang ingin dicapai dengan berubah menjadi lebih baik.

2. Carilah panutan yang baik

Melakukan sesuatu yang baru tanpa contoh yang benar akan membuat kita kehilangan arah dalam perjalanan. Belajar pada sifat baik orang lain yang bisa kita teladani adalah cara merubah diri menjadi lebih baik. Kita bisa melihat dan meniru sisi baik dari orang yang kita jadikan panutan tersebut untuk mengembangkan sifat yang sama pula dalam diri kita.

3. Tentukan apa yang ingin kita ubah

Dalam meneladani seseorang kita tidak bisa hanya sekedar kagum saja kepadanya tanpa tahu dengan jelas apa yang membuat kita ingin meniru sisi pribadinya yang baik. Tentukanlah karakter apa yang ingin kita ikuti dari orang tersebut, misalnya bagaimana cara bersikap tenang dan dewasa, kemudian kita pelajari caranya agar bisa bersikap seperti itu.

4. Berikan penghargaan untuk diri sendiri

Cara merubah sifat haruslah dilakukan secara perlahan dan bertahap, karena untuk mengubah sesuatu yang sudah melekat kuat dalam diri kita membutuhkan perjuangan tersendiri. Ketika mencapa keberhasilan, sekecil apapun itu berilah penghargaan kepada diri sendiri untuk memotivasi diri agar tetap terus berusaha.

5. Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Hentikan memberi label pada diri sendiri, misalnya mencap diri sendiri sebagai orang pemalu, pembawa sial, ataupun pembawa masalah dan sederetan sebutan buruk lainnya. Hal itu akan membatasi kita untuk mengembangkan diri dan mengubah diri ke arah yang lebih baik. Kita harus menghargai diri sendiri dengan baik, maka kita akan tahu cara menghargai orang lain pula.

6. Mulailah berpikir terbuka

Pikiran yang terbuka akan memudahkan kita untuk merubah kepribadian ke arah yang lebih baik. Tanpa pikiran yang terbuka, kita akan sulit menemukan cara untuk berubah. Cobalah berpikir di luar kotak, jangan terkungkung oleh anggapan yang kaku. Karena dunia ini tidak hanya berwarna hitam dan putih, melainkan memiliki berbagai macam warna. Misalnya kita ingin membantu  cara mengatasi masalah keluarga, maka lihatlah masalah dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

7. Berhenti berpikir negatif

Sama dengan pikiran yang tertutup, selalu berpikir negatif akan menghalangi kita mengembangkan diri dengan lebih baik lagi. Jika kita berpikir bahwa kita bisa, maka kita akan bisa dan begitu pula sebaliknya. Kembangkan kemampuan untuk berpikir positif dan optimis. Dengan berpikiran positif, maka kita juga bisa membantu orang lain, misalnya dalam cara memberikan motivasi kepada teman dan kita juga bisa mengetahui cara menjaga perasaan orang lain.

Sponsors Link

8. Berlatih

Dengan latihan, kita akan terbiasa melakukan apa yang ingin kita perbaiki. Misalnya dengan berlatih bicara di depan umum atau memulai suatu kebiasaan baru, maka lakukanlah secara langsung tanpa menunda. Carilah cara meningkatkan keyakinan diri dan cara agar percaya diri. Jangan biarkan orang lain melihat bahwa kita sebenarnya merasa gugup, tidak nyaman atau terintimidasi.

9. Lakukan kegiatan yang baru

Untuk mendapatkan kepribadian yang baru, kita harus bisa membaur dengan lingkungan yang baru pula yang sesuai dengan pribadi yang kita inginkan. Lingkungan ini akan membantu kita dalam menyesuaikan diri dan membiasakan diri dengan perubahan. Berada dalam lingkungan baru juga dapat menjadi cara menghilangkan kejenuhan dalam diri kita.

10. Mulailah dari hal – hal kecil

Jangan langsung menetapkan sasaran pada sesuatu yang besar, cobalah menetapkan sasaran pada hal yang kecil dulu. Ambil langkah – langkah kecil untuk memulai. Misalnya mulai bergabung dalam sebuah komunitas, mengembangkan hobi baru, dan mencari tantangan baru. Bila ada ketakutan tertentu terhadap sesuatu hal, maka kita bisa memulai cara menghilangkan rasa takut tersebut dari langkah yang paling kecil. Misalnya bila kita takut pada binatang kecil seperti kecoa, menghilangkan rasa takut tersebut bisa dimulai dari menahan diri untuk tidak langsung berlari ketika kita melihat kecoa tersebut.

11. Jangan menolak kesempatan

Kalau biasanya kita selalu ragu untuk mencoba hal – hal baru atau kesempatan apapun yang ditawarkan kepada kita, maka sekarang saatnya untuk beranikan diri mencoba dan menerimanya. Lakukan apapun yang dulu tidak ingin kita lakukan. Keluarlah dari zona nyaman kita, pasti kita akan melihat banyak kesempatan baru di depan mata.

12. Introspeksi 

Sesekali lakukanlah perenungan tentang diri kita sendiri. Betulkah semua yang kita lakukan sekarang sudah sesuai dengan tujuan dan arah yang diinginkan. Dan jika belum, hal apa saja yang harus diperbaiki agar sesuai dengan keinginan. Introspeksi juga bisa menjadi cara menghadapi masalah yang berat.

13. Perdalam pengetahuan agama

Untuk mengubah kepribadian menjadi lebih baik, kita juga perlu mempunyai pengetahuan yang cukup tentang agama yang kita anut. Memperdalam agama akan menjadi dasar dan pegangan kita untuk merubah kepribadian, serta mencegah kita untuk merasa putus asa dan tetap gigih berusaha. Itulah pentingnya pendidikan agama dalam keluarga, agar seseorang tidak menjadi pribadi yang kehilangan arah hidup.

Sponsors Link

14. Belajar untuk lapang dada

Jika sebelumnya kita adalah pribadi yang sangat sensitif, maka sekarang berusahalah untuk mengurangi hal tersebut. Mudah tersinggung dan sensitif akan menjadi halangan terbesar untuk menrubah kepribadian kita ke arah yang lebih baik. Lapang dada juga berarti mencari cara melupakan masa lalu, dan belajar memaafkan sebagai cara meredam emosi.

15. Pantang menyerah dan sabar

Merubah kepribadian kita harus didasarkan pada sikap pantang menyerah. Kita harus tahu cara yang dilakukan untuk dapat bekerja keras, pantang menyerah dan ulet, supaya tujuan kita segera tercapai. Juga harus memiliki rasa sabar yang berlimpah, karena yang akan dilakukan ini pasti akan mendapat beberapa halangan dalam prosesnya.

Menginginkan kepribadian kita untuk berubah adalah sesuatu hal yang wajar. Namun, jangan sampai kita melakukannya karena orang lain tidak bisa menerima diri kita apa adanya dengan baik. Lakukanlah karena kita ingin meningkatkan kualitas diri, dan bukan karena ingin mengubah diri menjadi orang lain yang sama sekali bukan merupakan sifat alami diri kita. Gunakanlah akal dan logika agar kita tidak terjebak pada perubahan yang salah.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 15th, September 2016 / 09:20 Oleh :
Kategori : Kehidupan