Sponsors Link

26 Cara Mengambil Hati Mertua yang Paling Ampuh

Sponsors Link

Ketika seseorang telah menikah, maka kedua pasangan itu akan berusaha untuk mengerti bagaimana tips menjaga keharmonisan rumah tangga sehingga keluarga yang sudah dibangun akan terus harmonis, tidak akan ada penyebab keluarga tidak harmonis. Keharmonisan ini tentu terjadi karena adanya rasa saling percaya dan juga setiap pasangan mengerti tentang cara menjaga perasaan orang lain sehingga pasangan akan merasa senang karena dirinya selalu dijaga perasaannya, jadi wajarlah keluarga itu akan menjadi harmonis.

ads

Namun dalam rumah tangga tidak hanya berhenti disitu saja, dalam keluarga yang baru pasti akan ada mertua, adik atau kakak ipar dan lain sebagainya. Maka ketahuilah tips menjaga hubungan dengan mertua agar mertua tetap sayang dan care. Bahkan agar mertua berpikir bahwa tidak salah memilih calon menantu. Untuk itu akan dibahas mengenai bagaimana cara mengambil hati mertua agar mertua selalu care dan sayang. Berikut adalah cara mengambil hati mertua dengan mudah

  1. Selalu taat dengan mertua

Mertua selalu menyukai menantu yang taat dan patuh kepada mertuanya, bahkan bukan hanya taat dan patuh kepada mertua saja tetapi juga dapat mengetahui bagaimana cara berbakti kepada suami sehingga mertua akan yakin bahwa anda memang pantas menjadi menantu yang baik, bahkan bukan hanya menantu yang baik saja, tetapi pantas menjadi menantu idaman yang pantas dibanggakan didepan orang lain.

  1. Perbanyak komunikasi dengan mertua

Pada dasarnya ketika orang sedang bosan maka dengan cara berkomunikasi akan dapat menghindari kebosanan itu, jadi sesekali bahkan hampir sering ajakalh komunikasi mertua. Karena komunikasi dapat menjadi sebuah aktivitas yang dilakukan ketika bosan karena emosi atau kebosanan akan mereda jika adanya komunikasi yang baik, apalagi komunikasi itu ditambah dengan bumbu-bumbu yang bagus.

  1. Jadilah anak yang rajin

Anak yang rajin juga merupakan idaman setiap mertua, anak yang rajin membantu dan rajin merawat rumah serta rajin mencari uang dan dapat memanagement semuanya dengan baik akan mendapatkan hal yang baik pula dari mertuanya.

  1. Ajaklah mertua bercanda sesekali

Salah satu cara meluluhkan hati pria adalah mengajak pria itu bercanda dengan sering dan menjadi seoran g yang humoris, bahkan bukan hanya itu tetapi ciri-ciri orang baik hati juga perlu diketahui untuk mengajak bercanda suami dulunya, hal ini pun dapat diterapkan pada seorang mertua, untuk mengambil hati mertua harus mengerti bagaimana cara menaklukan hati dan menjadi orang yang baik sehingga disayang mertua nantinya.

  1. Berikan mertua hadiah

Sebagai seorang menantu sering-seringlah memberi hadiah kepada mertua apalagi jika mertua sedang emosinya naik, entah itu emosi karena sedang lelah atau apapun itu, karena sebenarnya kejutan atau hadiah itu merupakan cara meredam emosi seseorang. Karena ketika mendapat kejutan orang akan berubah menjadi senang.

  1. Jadilah anak yang pandai memasak

Sebagai seorang menantu harus pandai memasak, karena kebanyakan mertua akan lebih senang jika memiliki menantu yang pandai dalam memasak. Apalagi masakannya lezat dan mantap

  1. Jadilah anak yang pandai mengatur keungan

Mertua akan lebih senang jika memiliki menantu yang pandai mengatur keuangan, apalagi keuangan dalam rumah tangganya, jadi agar mertua menjadi sayang dan care dengan istri maka istri harus belajar mengenai tips mengatur keuangan rumah tangga agar dapat mengatur keungan rumah tangga yang baik sehingga rumah tangga dapat berjalan dengan baik. Jadi tidak akan ada pertengkaran dalam rumah tangga hanya karena ekonomi yang tidak memadahi.

  1. Jadilah anak yang selalu berkata jujur

Menjadi anak yang jujur, dan membiasakan kejujuran itu sangatlah penting, apalagi berkata jujur dengan orang tua. Karena sejatinya kebohongan itu dapat dilihat dengan dua cara yaitu ciri-ciri orang berbohong dilihat dari fisiknya dan juga dari ciri-ciri orang berbohong menurut psikologi sehingga jangan pernah berbohong agar nantinya mertua selalu melihat kita sebagai menantu yang selalu jujur karena akibat orang yang sering berbohong itu akan membawa dampak buruk, bahkan sampai pada keluarga baru ini.

  1. Jagalah aib mertua

Sebagaia menantu yang baik harus dapat menjaga aib mertua jangan sampai malah menyebarkan aib itu ke tetangga-tetangga sekitar, karena hal itu sangat dibenci oleh mertua.

  1. Jangan terlalu ikut campur dengan urusan mertua

Ketika mertua sedang mendapatkan masalah jangan terlalu ikut campur dan terlibat dalam urusan masalah itu, kecuali mertua memang meminta bantuan dengan menantunya, maka segera bantu mertua. Namun bila tidak meminta bantuan, biarkan mertua menyelesaikan urusannya itu sendiri.

ads

  1. Bersikap baik dengan saudara ipar

Tak hanya baik dengan mertua saja, tetapi juga harus memiliki sikap yang baik terhadap saudara ipar, karena saudara ipar juga anak dari mertua, jadi ketika mertua merasa anak-anaknya senang dengan menantunya itu pasti mertua juga akan merasa senang dan sayang dengan menantunya itu juga. Maka selalu berbuat baik dengan saudara ipar.

  1. Selau menanyakan keadaan mertua

Ketika bertemu dengan mertua, jangan lupa menayakan kabar mertua, meskipun ini hanya untuk bosa basi tetapi ini juga merupakan hal penting yang harus diterapkan menantu pada mertuanya. Agar menunjukan bahwa menantu juga care pada mertuanya.

  1. Balaslah kebaikan mertua dengan kebaikan

Jika mertua melakukan kebaikan, jangan melunjak. Balaslah kebaikan itu dengan kebaikan pula, agar mertua juga merasa dihargai keberadaannya. Jangan malah memanfaatkan kebaikan mertua.

  1. Bersikaplah rendah hati

Sikap rendah hati dan tidak sombong, sangat menjadi kesukaan setiap orang, maka bersikaplah demikian pula kepada mertua agar mertua juga merasakan dihargai dengan kerendahan hati sang menantu.

  1. Jaga sikap dengan mertua

Jika mertua bersikap buruk pada awalnya, jangan pernah balik bersikap buruk padanya. Bersikaplah baik dan jaga sikap pada mertua, agar nantinya mertua merasakan menantu benar-benar tulus dan akan berbalik baik dengan menantunya.

  1. Jangan melarang mertua peduli dengan anaknya

Ketika mertua terlalu care dengan anaknya jangan pula dilarang, wajarlah jika mertua peduli dengan anaknya, ibarat kata ketika seorang ibu peduli dengan anaknya. Ini adalah hal yang wajar, jadi jangan pernah halang-halangi mertua yang hendak dekat dengan anaknya. Karena mertua pasti juga akan merindukan anaknya. Seperti ibu merindukan diri anda. Sesekali saja berikan kesempatan pada mertua dan suami untuk kumpul bersama untuk melepas rindunya.

  1. Jangan perlihatkan kemanjaan didepan mertua

Tunjukan kepada mertua bahwa sebagai seorang menantu memiliki sifat pantang menyerah dan ulet, tentunya untuk memiliki sifat itu seorang menantu harus memahami cara yang dilakukan untuk dapat bekerja keras pantang menyerah dan ulet agar benar-benar dapat kerja dengan ulet dan lagi dengan ikhlas, itu yang paling penting, jangan sampai perbuatan itu terlihat dibuat-buat, lakukan saja dengan tulus.

  1. Dahulukan kepentingan mertua, jangan egois

Ketika memiliki kepentingan yang sama-sama penting tetapi hal itu bersamaan maka dahulukan mertua, jangan sekali-kali meninggalkan mertua yang lagi membutuhkan bantuan menantu. Karena hal itu akan mengesanka sesuatu yang buruk didepan mertua, sehingga akan menimbulkan rasa tak suka antara mertua dengan menantu. Sebagai menantu yang baik dan agar menjadi menantu idaman. Lebih baik mendahulukan kepentingan mertua agar mertua senang dengan keberadaan menantunya dan merasa keberadaan menantunya itu dapat membantu apa-apa yang dibutuhkan mertua.

  1. Buatkan makanan kesukaan mertua

Mertua akan senang sekali jika diberikan hadiah, terutama hadiahnya adalah makanan kesukaan. Buatkanlah makanan kesukaan mertua ketika mertua sedang main kerumah. Jangan hanya membeli keluar, karena mertua akan lebih senang memiliki menantu yang pandai memasak, bahkan ketika menantu mengetahui apa saja kesukaan mertuanya, pasti mertua akan lebih bangga dan senang mendapatkan menantu seperti anda itu.

  1. Jangan mencaci suami ketika ada mertua

Ketika ada masalah dengan suami dan posisi itu juga ada mertua disana maka jangan sesekali memarahi atau mencaci suami, meski terlihat ada masalah tetapi tunjukan bahwa sabagai seorang istri memiliki cara menghadapi masalah keluarga dengan baik dan benar, sehingga tidak harus memarahi suami.

  1. Puji suami didepan mertua

Bahkan ketika ada masalahpun jangan menjelek-jelekan suami didepan mertua, kalau bisa pujilah suami didepan mertua agar mertua merasa bahwa kamulah memang istri yang pantas untuk anaknya. Jadi buatlah mertua bangga dengan kehadiran mu disisi anaknya dan untuk keluarga mertua juga.

  1. Layani ibu mertua dengan sepenuh hati

Sebagai seorang anak, pantaslah berbakti kepada orang tua, apalagi orang tua kandungnya, tetapi beda halnya dengan seorang wanita, setelah menikah ia akan mendapat keluarga yang baru. Yaitu keluarga dari suaminya, sehingga ketika sudah bersama dengan suami, tidak hanya kepada orang tua saja yang berbakti dan melayani, tetapi juga harus berbakti kepada mertua juga. Jadi mertua juga akan senang dengan keberadaan anda saat ini.

  1. Biarkan suami memperhatiakan ibunya (mertua)

Jangan seolah-olah merebuat suami dari ibunya dengan melarang suami dekat dengan ibunya, karena bagaimanapun seorang suami memang harus berbakti dengan ibunya. Sehingga tidak ada alasan untuk istri melarang suami dekat dengan ibunya. Justu istri harus juga dekat dengan keluarga dari suami agar keutuhan keluarga tetap terjalin dengan baik, jangan sampai keluarga malah mejadi keluarga yang berantakan hanya karena perbedaan prinsip. Jangan pula menciptakan mertua yang tidak menyenangi menantunya. Karena ini akan mengakibatkan perceraian di akhir nanti.

  1. Sering intropeksi diri

Dalam setiap kehidupan perlu intropeksi diri agar kedepannya dapat menjadi orang yang tetap baik dan tetap menjadi orang yang disenangi banyak orang. Intropeksi dalam keluarga diperlukan apalagi pada diri sendiri, agar mertua bisa sayang dan benar-benar sayang denga menantunya, karena memiliki menantu yang mampu memperbaiki kelakuaannya setiap waktu. Hal itu pasti akan membantu untuk menciptakan keluarga yang harmonis dan sejahtera.

Sponsors Link

  1. Carilah persamaan dengan mertua

Ini adalah tips yang paling bagus untuk mengambil hati mertua, dengan menyamakan hobi antara menantu dan mertua pasti akan membuat orang tua dari suami itu merasa senang dengan keberadaan menantunya karena ada orang yang memiliki sikap yang sama dan kesenangan yang sama, jadi jika diajak berkomunikasi nyambung dan temanyapun selalu tidak akan putus. Jadi mertua akan merasa senang dan bangga memiliki menantu seperti itu. Ibarat kata menjadi menantu idaman pada akhirnya.

  1. Tunjukan rasa hormat dengan mertua

Yang tak kalah penting adalah memberikan rasa hormat kepada mertua, jangan biarkan mertua begitu saja dicuekan. Ketika mertua sedang berkunjung kerumah usahakan menyapa dan mengajak komunikasi mertua, paling tidak tanyakan kabar mertua atau ajak dia bercerita yang membangun minatnya. Ataupun dengan melayani mertua dengan sepenuh hati akan menunjukan rasa hormat yang tulus kepada mertua, sekali lagi perbuatlah hal tersebut dengan tulus jangan seolah dibuat-buat. Karena dibuat-buat pasti akan ketahuan dan mertua tidak akan menyukai hal itu.

Itulah cara mengambil hati mertua, jika hati mertua sudah dapat diambil dan dikuasai, maka akan mudah pula dan akan harmonis pula hubungan antara mertua dengan orang tua, mertua dengan diri sendiri, ibarat kata kedua keluarga akan menyatu dengan baik sehingga akan tercipta keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah sampai pada akhir hayat keluarga itu hidup di dunia ini.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Thursday 16th, June 2016 / 03:08 Oleh :
Kategori : Orang Tua