Cinta Segitiga – Penyebab – Konflik dan Solusi

Kata orang, cinta adalah anugerah Yang Maha Kuasa. Maka harus di jaga dan di pelihara sebagik baiknya. Ia selalu datang pada orang yang tepat, tak pernah salah memilih. Cinta bukan sesuatu yang bisa dan dapat di beli. Ia lahir dari hati. Cinta tak bisa di dustai, tak bisa di caci dantak bisa di pungkiri. Karena cinta itu selalu suci. Sayangnya, sekarang ini banyak orang salah menafsirkan cinta. Mereka yang hanya suka, di bilang cinta. Mereka yang hanya kagum, di bilang cinta. Mereka yang hanya sayang, di bilang juga cinta. Sekat pembatas antara cinta, kagum, rasa sayang, dan nafsu memang tipis. Bahkan sering kali kabur, tidak jelas, dan buram. Tak jarang pula, cinta di artikan dengan sebuah kedekatan dan kelekatan yang menipu.

ads

Setiap orang sudah pasti memiliki cinta. Anda butuh bukti? Salah satunya adalah anda masih bisa hidup, bernapas, dan bisa melakukan aktivitas di dunia ini adalah buktinya. Setiap bayi yang lahir dari perut orang tua, sudah mendapatkan cinta. Bagaimana tidak? Ia di besarkan oleh orang tua, di didik, di berikan ASI, di berikan rasa aman, di berikan rasa kasih sayang dan cinta, sehingga tumbuhlah si bayi menjadi besar. Jika ia tidak mendapatkan cinta dari orang tua, tak mungkin ia bisa bertahan hidup sampai sekarang. Orang tua yang tidak mencintai anaknya, setelah lahir pasti langsung di buang. Buat apa mempertahankan bayi yang tidak di cintai.

Pengertian cinta segitiga

Memiliki hubungan yang romantis dengan orang lain merupakan perwujudan dari cinta. Namun mengapa ada konsepsi segitiga dalam sebuah cinta? Kadang kala kita berada dalam posisi tidak mencintai satu orang saja dalam hidup ini. Namun melibatkan hubungan dengan tiga orang. Jadi antara satu orang dengan orang lain, mereka memiliki hubungan dekat dan romantis. Lalu dengan orang yang lainnya, ia juga sama sama memiliki hubungan yang romantis. Ketiga sisi triangle ini saling berhubungan antara satu sama lain. Boleh jadi hubungan ini berupa cinta, persahabatan, keluarga, sampai ke arah kebencian. Istilah segitiga di sini lebih menampikkan hubungan dengan 3 orang yang saling terkait antara satu sama lain.

Hingga akhirnya hubungan cinta segitiga ini mengarah pada ujung yang tidak baik. Selalu ada pihak yang merasa di rugikan, sampai ia merasa cemburu yang berlebihan dan akan menjadi penyebab putus cinta. Ada lagi pihak yang merasa kurang di cintai, sehingga membuat mereka bersikap lebih agresif. Inilah awal dari petaka cinta segitiga. Sebenarnya, keadaan cinta segitiga bukanlah merupakan hal baru di telinga. Kasus seperti ini sudah ada sejak dahulu.

Analogi cinta segitiga banyak di mainkan dalam sebuah opera Perancis dan Amerika. Kisah kisahnya juga sudah banyak yang di tulis dalam sebuah novel novel romansa. Tak jarang mereka yang memiliki daya imajinasi tinggi, menceritakan kisah cinta segitiga dalam sebuah film komedi romantis. Maka mulailah berbagai manga atau cerita kartun mengupas kisah kasih wanita dan laki laki yang berada dalam labirin cinta segitiga. Di perkaya dan di hayati lagi dalam sebuah lirik lagu yang mengena hati setiap orang yang mendengarnya.

Terasa menyayat hati memang, tapi mau bagaimana lagi. kadang orang malah menjadi buta dnegan keberadaan cinta. Masih sama dengan pertanyaan yang pertama. Siapakah biang keladi dari akar permasalahan ini? Apakah cinta yang salah? Ataukah orang yang salah dalam mencintai?

Berikut adalah penjelasan mengenai cinta segitiga :

Penyebab Cinta Segitiga

Salah satu penyebab seseorang akan memiliki cinta lebih satu karena ia menginginkan pegangan. Kadang kala ia tak pernah puas dengan apa yang sudah ia miliki saat ini. Sehingga mencari sosok lain, wanita lain atau laki laki lain yang bisa jadi tempat pegangan. Bisa jadi karena pendamping yang pertama kurang memenuhi kebutuhannya.

“mengapa orang bisa berada dalam kondisi dua pilihan? Ini di sebabkan kerena kondisi psikologis natural seseorang, ingin mendapatkan yang lebih baik. Analoginya adalah sudah punya handphone, ketika sudah memiliki handphone maka ia akan berpikir lagi. kira kira handphone yang lebih baik dari handphone ini ada apa tidak ya? Karena selalu ada kebutuhan natural sebagai manusia untuk mencari yang lebih baik dari sekarang yang di miliki.” Jelas Liza Marielly Djaprie, M. Si, Psi SC, seorang ahli pdikolog klinis dewasa yang kala itu di ajak berbincang dengan Wallpop, di daerah Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan pada tahun 2013 lalu.

Sesuai yang di tuturkan oleh psikolog tersebut, pada dasarnya manusia itu tak pernah puas akan cinta. Sudah memiliki satu pegangan, ia masih mengharapkan seseorang lain ada di sampingnya. Bisa jadi karena ia tak pernah puas dengan apa yang sudah di miliki. Boleh jadi karena ia menganggap pasangannya tidak terlalu mengharapkan lebih keberadaannya. Sehingga ia mencari pasangan yang memang benar benar bisa di gantungi. Pada dasarnya, kebutuhan cinta adalah mutlak perintah dari ego manusia. Sifat ini alamiah, di miliki oleh setiap orang. Mereka menuntut untuk mendapatkan kasih sayang, perhatian, dan rasa cinta. Ego berharap menjadi sosok yang benar benar di inginkan oleh banyak orang. Dengan anda yang di cintai oleh dua orang, atau anda yang mencintai dua orang, maka ego akan cenderung lebih puas.

Kadang kala, dengan di cintai oleh banyak orang menjadi suatu prestasi tersendiri. ‘Ah, ada banyak orang yang mencintaiku. Pasanganku mencintaiku dengan sepenuh hari. Teman kerjaku yang cantik itu juga mencintaiku.’ Bisa saja laki laki ini berpikiran seperti ini. Atau wanita juga bisa berpikiran, ‘ah, aku memang cantik dan menarik. Maka tak heran ada banyak lelaki yang berusaha mendapatkanku. Mereka berada di sampingku, dan berharap aku menjadi pendampingnya.

Kadang kala, dengan anggapan kita terlalu banyak di cintai, semakin besar ego dan kepuasan diri sendiri. sehingga mereka cenderung lebih banyak mempertahankan banyak cinta tadi. Kadang mereka takut untuk memilih salah satunya. Alasan simpel yang bisa membuang tanggung jawab adalah karena takut menyakiti ke dua belah pihak yang sudah terlanjur mencintainya. Padahal jika anda tahu, dengan kelakuan anda yang mencintai lebih dari satu orang, sudah membuatnya sakit hati.

Konflik pada Cinta Segitiga

Cinta bisa menjadikan seseorang kuat, bahkan lebih kuat dari awalnya. Mereka yang merasa tersakiti bisa menjadi kejam, bringas, dan tanpa ampun. Mereka yang kehilangan cintanya bisa mengubah diri dan sikap menjadi orang lain yang jahat. Boleh jadi, anda sekarang yang tampak lemah, akan memiliki seribu energi yang kuat. Bahkan lebih kuat dari orang yang pernah menginjak injak harga diri anda. Memang sejatinya cinta itu adalah energi. Yang mana bisa memberikan kekuatan bagi siapapun yang memilikinya. Seseorang akan seribu kali lebih kuat ketika ia memiliki cinta. Tapi seseorang juga akan menjadi seribu kali kehilangan kekuatannya, sehingga ia menjadi lemah dan tak berdaya karena cinta. Sejatinya inilah cinta, yang bisa mengubah air menjadi api. Dan ia pulalah yang bisa mengubah api menjadi air.

Sikap apa saja yang timbul dalam peliknya kisah cinta segitiga?

Pernahkan anda melihat film Spiderman 3? Mengapa manusia pasir bisa berubah menjadi jahat? Mengapa goblin junior, Harry Osborn yang awalnya adalah teman baik Peter Parker malah menjadi musuh dari Spiderman? Mengapa Spiderman jahat yang awalnya adalah saingan kerja Peter Parker sangat membenci Peter? Dan yang paling utama adalah, mengapa Peter tetap menjadi orang yang baik, yang mau menyelamatkan dunia setelah banyak luka dan kepedihan dalam hatinya?

Sebenarnya masalahnya simpel. Mereka semua yang menjadi musuh musuh Peter tidak memiliki cinta. Baik Harry Osborn yang menajdi Goblin Junior setelah kepergian Ayahnya. Lalu ia membalas dendam pada si pembunuh tadi. Sama seperti si manusia pasir, yang tidak bisa bertemu anak dan istrinya karena ia di kejar kejar oleh polisi. Keinginan mereka semua adalah sama. Cinta. Ini jugalah yang menjadi alasan, mengapa Peter Parker tetap menjadi orang baik, setelah ia terbalut luka dan kepedihan. Mengapa ia masih bertahan untuk menyelamatkan Kota New York? Ia memiliki cinta yang banyak di dalam hatinya. Cinta yang berasal dari nenek yang selalu ada untuknya. Cinta dari pamannya, Ben, yang sudah meninggal. Serta cinta dari kekasih hatinya, Marry Jane.

Sikap yang dilakukan akibat cinta segitiga

Mereka orang orang yang sudah kehilangan cinta bisa berbuat lebih agresif. Sebab keinginan dalam hatinya tidak di penuhi. Ego yang mengharapkan ada seseorang yang selalu ada dalam kehidupannya telah pergi. Maka ego kadang kala kehilangan akal. Ia menjadi destruktif, cenderung menjadi perusak. Mengapa? Demi mendapatkan cinta dari orang lain. Tak heran banyak kasus dan kabar bahwa ada orang saling membunuh demi mendapatkan cinta. Ada kasus wanita bunuh diri karena ketahuan selingkuh.

Ada kasus anak balas dendam pada laki laki yang sudah merebut ibunya dari pelukan ayah. Sikap sikap agresif yang datang karena ia kekurangan cinta. Sikap ini akan terus ada, terus muncul, dan terus merusak. Selama ia belum mendapatkan cinta. Maka satu satunya hal yang bisa menghentikan sikap ini adalah rasa cinta yang besar dan dalam. Berikan ia pengertian dalam dirinya, bahwa ia adalah orang yang di cintai. Bahwa ia masih di butuhkan keberadaannya. Lama lama, sikap agresif ini bisa hilang. Menguap bersama waktu.

Solusi dalam Menghadapi Cinta Segitiga

Di cintai memang enak. Di cintai memang nikmat. Di cintai memang kehendak semua orang. Bahkan semua orang berharap, bisa di cintai. Akan lebih bahagia lagi jika ia di cintai orang yang mencintainya. Lebih bahagia lagi, jika mereka saling mencintai, dan hidup bersama berdua selamanya. Seperti kisah tuan putri dan pangeran dalam dongeng. Apakah cinta sesederhana itulah.

Berikut adalah beberapa solusi dalam menghadapi cinta segitiga :

  • Benar. Cinta adalah masalah yang sederhana. Jika kita semua mau menerima. Mau melapangkan hati dalam masalah cinta, sesungguhnya urusan hati ini bisa menjadi mudah.
  • Ketika kamu merasa ada lebih dari satu orang yang terlanjur di cintai, maka putuskanlah salah satu. Jangan murka pada cinta. Jangan serakah. Karena sejatinya yang butuh di cintai bukan hanya kamu saja. Semua orang juga mengharapkan cinta. Maka lebih bijak jika kamu memilih satu orang yang paling baik. Pilihlah satu di antara mereka, dan lepaskan pilihan yang lain.
  • Sederhananya adalah kamu tak akan bisa mencintai ke duanya. Karena hati manusia hanyalah ada satu. Dan itu akan benar benar ia berikan pada orang yang paling tepat dalam hidupnya. Siapa? Ya merekalah, satu orang yang benar benar ia cintai. Bukan dua laki laki atau dua wanita. Bukan tiga laki laki atau tiga wanita. Tapi hanyalah satu.
  • Seperti layaknya kamu menyembah Tuhan. Ada berapa agama yang kamu ikuti? Dua? Tiga? Empat? Bukan. Tentu saja hanya ada satu agama yang kamu ikuti, kamu bawa kemana mana. Sama seperti Tuhan, kamu hanya bisa menyembah satu Tuhan saja dalam hidup.
  • Jangan terlalu menyakiti hati dengan mencintai banyak laki laki atau wanita. Cukupkanlah hanya ada satu orang saja yang selalu ada di hatimu. Mereka adalah orang yang siap kamu bagi suka dan duka. Merekalah yang selalu ada untukmu.

Cara Mengakhiri Cinta Segitiga 

1. Jika kamu adalah orang (wanita atau laki laki) sebagai orang ke dua yang dipilih

Sejatinya posisi ini cukup susah. Karena kamu adalah orang yang di pilih. Dengan kata lain, bisa jadi orang yang ada dan sedang bersamamu sekarang ini tidak memilihmu. Bisa jadi kamu bukan orang yang baik menurutnya, sehingga ia sedang mencari cara untuk melepasmu. Atau boleh jadi, kamu adalah orang kedua yang datang dalam kehidupannya.


Sehingga ia lebih mencintaimu dari pada orang pertama. Maka ini adalah kabar gembira buatmu. Tapi jangan senang dulu. Ini berarti kamu harus menyakiti orang pertama, yakni orang pertama yang ada dan bersama dengannya dulu. Siapkah kamu menjadi salah satu orang perusak kebahagiaan orang lain. Perasaan bersalah mungkin ada. Atau bisa jadi malah perasaan sombong karena sudah memenangkan hatinya dari orang lain.

Segala kemungkinan memang sering terjadi dalam masalah cinta. Entah karena kamu yang akan di pilih olehnya atau yang akan di buang. Maka pertimbangkanlah. Sebelum kamu benar benar di buang, maka lebih baik jika kamu dahululah yang pergi meninggalkan. Kadang luka di buang lebih sakit dari pada luka meninggalkan. Pilihan ini mungkin akan menyakitimu, juga menyakitinya. Tapi lama lama ia juga akan mengetahui, bahwa pilihan ini adalah yang terbaik untuk semuanya.

Kamu yang sudah pergi akan mengerti. Dari pada membuatnya memilih dengan segala sesuatu yang bisa menyebabkan rasa sakit hati, maka jalan paling baik adalah pergi. Dengan kepergianmu, maka akan semakin memudahkannya untuk mencintai pilihan pertamanya, orang pertama yang sudah ada bersamanya. Toh jika memang menurutnya, kamu adalah yang terbaik, ia akan kembali lagi padamu. Tak masalah kamu sudah pergi ke tempat terjauh. Ia akan menemukanmu. Pasti. Karena dirimulah yang terbaik untuknya.

2. Jika kamu adalah orang (wanita atau laki laki) sebagai orang yang memilih

Ini adalah posisi yang menguntungkanmu. Sebab kamu di beri kebebasan dalam memilih. Entah memilih ia yang pertama atau yang terakhir. Semua keputusan ada di tanganmu. Yang paling perlu kamu lakukan adalah buatlah keputusan yang paling baik.

Keputusan yang tak akan pernah mengecewakanmu. Pilihlah mereka yang mencintaimu lebih. Mereka yang memang benar benar ada untumu dan siap hidup bersama mu. Jangan permasalhkan rupanya. Tak masalah jika ia jelek, gendut, hitam, dan tak terlalu sedap di pandang. Karena sejatinya cinta tak akan memandang rupa. Ia akan lebih memandang hati dan sikap. Bukan mana yang cantik dan mana yang buruk. Tapi mana yang baik dan mana yang tidak. Ingat, anda sedang memilih pendamping. Bukan memilih mobil yang akan di pamerkan di show room.

Jika sudah menemukan siapa yang paling baik, langkah pasti yang harus di lakukan adalah mencintainya dengan sepenuh hati. Buat ia bahagia. Buat ia tidak menyesal dengan keputusan yang sudah di ambil. Buat ia bisa mencintaimu apa adanya. Bagaikan burung, jangan biarkan ia terbang lepas ke angkasa raya. Sejatinya, jika kalian sudah saling mencintai, pastilah harus saling menerima. Wujudkan rasa toleransi tinggi. berikan kasih yang berlimpah. Agar kisah kasih kalian tetap abadi sepanjang mas. Biar kasih kalian membuat cemburu orang lain.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 27th, January 2016 / 07:55 Oleh :
Kategori : Cinta