8 Cara Memaafkan Mantan yang Telah Menyakiti Kita

Bisa memaafkan kesalahan orang lain merupakan sifat terpuji dan kita pun memang dianjurkan untuk bisa saling bermaafkan dengan orang lain serta tidak memutuskan hubungan silaturrahmi dengan siapa pun, termasuk juga dengan mantan. Mungkin putusnya hubungan kamu dengan si mantan ini meninggalkan rasa sakit hati dan kekecewaan yang mendalam sehingga membuat kamu merasa membenci si mantan bahkan tidak bisa untuk memaafkannya.

ads

Tapi cobalah melupakan semua yang telah berlalu itu dan buka hati untuk memaafkannya dengan cara bersifat dewasa dalam menerima segala yang telah terjadi. Nggak ada ruginya kok kalau kamu mau memaafkan si mantan ini dan itu tandanya kamu berjiwa besar karena mau memaafkan kesalahan orang lain yang telah menyakiti kamu dan mengecewakanmu. Agar kamu lebih mudah untuk memaafkan si mantan ini, kamu bisa simak cara-cara dibawah ini.

  1. Berpikir secara dewasa dan terbuka.

Orang yang berpikir secara dewasa akan lebih mudah untuk memaafkan orang lain karena ia akan lebih bersifat terbuka dan realistis. Kalau kamu ingin memaafkan mantan kamu maka kamu juga harus bersikap demikian. Dan biasanya hanya orang yang kekanakanlah yang sulit untuk memaafkan orang lain. Kamu bisa belajar dan melatih diri mengenai cara merubah sifat kekanak-kanakan menjadi dewasa agar kamu lebih bisa menerima semua kenyataan dengan lapang dada.

  1. Sadari bahwa dia bukanlah yang terbaik.

Apapun penyebab putus cinta antara kamu dengan si mantan itu hanyalah menjadi penyebab saja. Harusnya kamu sadar bahwa dia bukanlah yang terbaik untuk kamu. Sehingga kamu harus bersyukur karena hubungan kamu tidak terlanjur jauh yang pada akhirnya juga tidak akan berjodoh dan membuang-buang waktu kamu terlalu banyak. Jadi sadarilah dan maafkan saja mantan kamu itu.

  1. Ingatlah bahwa semua itu hanya masa lalu.

Semuanya sudah menjadi masa lalu, buat apalagi baper-baperan. Dan nggak ada gunanya juga kamu untuk menyimpan rasa marah dan kecewa pada si mantan selama-lamanya karena hanya akan membuat diri kamu sendiri menjadi orang yang penuh dendam yang membuat hati kamu menjadi tidak bersih dan hidup kamu juga terasa tidak tenang karena dipenuhi oleh rasa sakit hati. Jika kamu terlalu sulit untuk melupakan masa lalu kamu bisa belajar cara melupakan masa lalu secara perlahan saja.

  1. Ketahuilah tidak ada orang yang sempurna tanpa memiliki kesalahan, termasuk kamu.

Semua orang pasti punya kesalahan dan kamu juga. Bagaimana jika orang lain tidak mau memaafkan kesahan kamu? Lebih baik jadilah orang pemaaf agar hidup kamu terasa lebih tenang tanpa beban dan tanpa dendam. Pelajarilah cara menghilangkan rasa marah dari dalam diri dan rasakan ketenangan dari dalam diri kamu.

  1. Semarah apa pun kamu sama dia, tapi dia pernah mewarnai hidup kamu, jadi maafkanlah.

Kamu masih belum tahu cara menghilangkan kesal gara-gara putus dengan si mantan yang pada akhirnya membuat kamu tidak bisa memaafkannya? Lebih baik jangan gitu deh, maafkan saja mantan kamu itu. Ingat, dulu dia juga pernah mengisi dan mewarnai hari-hari kamu, hadir disisi kamu dan juga pernah membuat kamu merasakan bahagia.


  1. Tidak ada gunanya kamu menyimpan dendam pada si mantan.

Nggak ada juga gunanya kamu memendam rasa dendam kepada si mantan. Bukannya hati kamu merasa puas dengan dendam itu malah kamu akan merasa memiliki beban di hati dan nyesek banget dihati. Nggak mau kan kamu hidup dengan rasa dendam terus menerus yang juga bisa membuat hati kamu menjadi todak bersih.

  1. Dengan mau memaafkan si mantan, kamu juga akan merasa lebih tenang dan hati terasa ‘plong’.

Salah satu cara membersihkan hati agar terasa lebih plong tanpa beban adalah dengan memaafkan semua kesalahan orang lain, karena dengan memaafkan hati kita akan menjadi lebih bersih dan tiada beban dan nggak ada juga amarah yang tersimpan.

  1. Perbanyak bersyukur karena kamu telah putus dari orang yang bukan cinta jodohmu.

Dari pada menyimpan marah kepada si mantan lebih baik kamu bersyukur karena telah putus dengan orang yang bukan jodoh dan takdir mu ini jadi kamu tidak perlu menghabiskan waktu dengannya. Dengan demikian kamu pasti bisa memaafkannya cepat atau lambat.

Dengan 8 cara di atas diharapkan bisa membantu kamu untuk memaafkan semua kesalahan mantan kamu yang pernah menyakiti kamu dimasa lalu. Dengan memaafkannya kamu juga akan lebih cepat move on dan segera melupakannya sehingga kamu bisa memulai menata hidup kamu kembali dengan hal-hal baru dan positif. Kamu juga akan merasa lebih lega dan bahagia dalam menjalani hari-hari tanpa harus menanggung beban sakit hati yang bisa mengacaukan pikiran kamu dan membuat kamu menjadi orang yang pendendam.

, ,
Oleh :
Kategori : Putus Cinta