16 Cara Memaafkan Diri Sendiri agar Hidup Lebih Damai

Ada kalanya kita merasa bersalah dan membenci diri kita sendiri karena perbuatan kita yang sudah menimbulkan suatu penyesalan yang mendalam pada diri kita. Rasa bersalah, penyesalan dan merasa diri kita sendiri begitu bodoh karena telah menghancurkan hidup kita sendiri dan tidak tahu cara mengendalikan diri maupun cara menyelesaikan masalah dengan baik. Dan tak jarang banyak orang yang tidak mampu untuk bangkit dan memaafkan dirinya sendiri sehingga berpengaruh pada kualitas hidupnya. Ia akan merasa hidupnya hampa dan penuh dengan kesedihan.

ads

Lantas sampai kapankah harus berbuat demikian? Sampai kapan kita akan terus menyalahkan diri ini? Jika kamu mengalami hal yang seperti ini kini saatnya bagi kamu untuk berhenti untuk menghukum diri kamu sendiri dengan cara berdamai dengan diri sendiri dan juga kesalahan di masa lalu tersebut. Bagaimana caranya? Simak cara-cara dibawah ini.

  1. Terima semua yang telah terjadi dengan ikhlas dan lapang dada.

Agar bisa memaafkan kesalahan diri kita sendiri kita harus bisa bersikap lapang dada dan tabah dalama menerima semua yang telah terjadi dengan cara mmbuat hati ikhlas serta bisa melaluinya dengan cara menghadapi masalah dengan sabar.

  1. Ambil hikmah dibalik semua kejadian yang tidak kamu harapkan.

Dari semua kejadian yang menimpa kita pasti akan ada hikmah di balik semua itu yang bisa kita petik. Dengan menyadari hal itu kita akan cepat menyadari bahwa semuanya sudah merupakan ketentuan yang Maha Kuasa.

  1. Berpikirlah secara terbuka.

Kita harus bisa menilai segala sesuatunya dengan kritis dan terbuka agar kita tidak terlarut dalam menyalahkan diri kita sendiri. Nilailah segala sesuatunya dari sudut pandang yang berbeda agar kita bisa lebih mudah dalam memaafkan kesalahan diri sendiri.

  1. Lupakan masa lalu yang terus menghantui dan membuatmu merasa bersalah.

Belajarlah cara berdamai dengan masa lalu agar kamu bisa melupakan semua kejadian yang membuat kamu dihantui rasa bersalah tersebut. Dengan demikian kamu juga akan mudah dalam memaafkan kesalahan diri sendiri.

  1. Jangan memandang diri kamu itu begitu tidak pantas hanya karena kesalahan di masa lalu.

Kamu berbuat kesalahan? Orang lain pun juga banyak berbuat kesalahan dan bahkan semua orang juga memiliki kesalahannya masing-masing. Namun tidak perlu untuk meratapi kesalahan tersebut dan merasa menjadi rendah diri.

  1. Ingatlah, tidak ada manusia yang sempurna.

Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, benar bukan? Maka kamu tidak perlu untuk menghukum diri kamu secara berlebihan. Jika kamu ingin menebus rasa bersalah cukup dengan berbuat baik dan tidak lagi mengulang kesalahan yang sama.

  1. Mulailah bermimpi untuk masa depan.

Selama ini mungkin kamu terhanyut dengan rasa bersalah sehingga lupa untuk memikirkan masa depan kamu sendiri. Sekarang bangkitlah dan tata kembali masa depan yang kamu inginkan.

  1. Lihat dirimu dan hidupmu yang sekarang, apakah kamu tidak ingin menjadi lebih baik?

Tentu saja kamu juga tidak ingin menjadi orang yang merugi dan terus-terusan meratapi diri. Apa kamu ingin hidup dibawah rasa bersalah terus? Bangun kembali semangat hidupmu untuk bisa bangkit kembali.

  1. Sengaja atau tidak sengaja dalam membuat kesalahan, masih ada pengampunan atas semua kesalahan yang telah diperbuat.

Sebesar apa kesalahanmu hingga membuat kamu merasa begitu menyesal? Ingatlah sebesar apapun kesalahan dan dosa yang diperbuat masih ada pengampunan dengan cara bertaubat. Jadi berhentilah menyalahkan diri sendiri dan mulailah untuk memaafkan diri sendiri.

  1. Bergaul dengan teman-teman baru.

Kamu juga bisa memulai pergaulan dengan teman-teman baru, lingkungan baru dan lembaran hidup yang baru jika kamu merasa tidak nyaman dengan lingkungan yang lama yang berhubugan dengan masa lalumu itu.


  1. Jalani kehidupan baru dengan semangat baru.

Mulailah dengan menjalani kehidupan barumu tanpa menengok lagi ke masa lalu mu karena semua sudah berlalu dan tak perlu lagi dikenang.

  1. Selalu untuk berpikiran positif.

Bangun pikiran yang positif agar kamu menjadi lebih optimis dalam memandang dan menjalani kehidupan barumu. Jangan lagi pernah mengingat masa lalu tersebut.

  1. Penyesalan tidak akan memperbaiki keadaan, maka berhentilah untuk terus menyesalinya.

Penyesalan yang berlarut tidak akan ada gunanya lebih baik tebus penyesalan tersebut dengan cara merubah diri menjadi lebih baik.

  1. Diri kamu juga berhak untuk bahagia.

Sadarlah bahwa kamu juga berhak untuk bisa bahagia dan terlepas dari bayangan kesalahan dari masa lalu. Caranya ya dengan melupakan segalanya dan memaafkan diri kamu sendiri.

  1. Jadikan kesalahan sebagai pelajaran berharga.

Semua kejadian itu merupakan pengalaman dan pelajaran yang berharga sebagai bekal di masa depan. Jadi jangan terlalu memandang buruk segalanya.

  1. Bersyukurlah kamu masih ada kesempatan untuk menyadari kesalahan dan berubah menjadi lebih baik.

Sekarang waktunya kamu untuk mensyukuri apa yang ada pada diri kamu sekarang ini karena masih banyak kesempatan untuk memperbaiki hidup kamu untuk masa depan.

Semoga cara untuk membahagiakan diri sendiri di atas bisa memotivasi kamu yang masih dihantui rasa bersalah dari masa lalu.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan