11 Cara Merubah Sifat Kekanak-kanakan Menjadi Dewasa

Saat usia sudah mulai beranjak dewasa kita di tuntut untuk bisa bersikap lebih mandiri dan berpikir lebih matang dalam menghadapi berbagai persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Bersikap dewasa juga akan membuat seseorang lebih mampu dalam menyongsong masa depannya yang lebih baik, karena ia akan mempertimbangkan setiap langkah yang ia ambil dan mampu untuk berpikir lebih bijak.

ads

Walaupun sudah memasuki usia dewasa namun tak jarang yang masih memiliki pola tingkah laku kekanak-kanakan yang manja, egois, tidak mau kalah dan tidak mau mendengarkan saran dari orang lain. Sifat yang seperti itu masih sering kita jumpai pada orang dewasa bahkan orang tua sekalipun, terkadang kita dapat juga menjumpai anak remaja yang memiliki pola pikir lebih dewasa dari usianya. Dan ternyata semakin bertambahnya usia seseorang tidak selalu menjamin sifat seseorang akan berubah dewasa pula.

Tanpa kita sadari mungkin kita juga masih memiliki sifat kekanakan yang masih terbawa hingga saat ini, untuk itu kita harus berubah menjadi lebih dewasa sesuai dengan usia kita dengan cara menghilangkan sifat kekanak-kanakan yang ada pada diri kita. Berikut cara merubah sifat kekanak-kanakan menjadi dewasa!

  1. Coba intropeksi diri sendiri.

Cobalah untuk menyadari tingkah laku kita selama ini yang masih kekanak-kanakan, mungkin kita masih sangat egois dalam banyak hal dan semua kehendak harus selalu dituruti sehingga menyusahkan orang sekitar, sadari semua itu dan buanglah sifat itu jauh-jauh.

  1. Berjanjilah pada diri sendiri.

Untuk bisa merubah diri sendiri ke arah yang lebih baik kita perlu kesadaran dan kemauan yang kuat dari dalam diri kita. Jika kita sudah memiliki tekad untuk berubah menjadi pribadi yang lebih dewasa maka berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak lagi bersikap kekanankan serta  menjadi pribadi yang lebih baik dan mandiri.

  1. Bersikap lebih terbuka.

Agar bisa bersifat lebih dewasa kita harus bersikap terbuka dalam menyikapi banyak hal, kita harus bisa menerima dan mempertimbangkan pendapat, saran dan masukkan dari orang lain.

  1. Belajar bertanggung jawab.

Kita sudah diajarkan dari kecil memiliki sifat ini agar kelak bisa memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang telah kita perbuat. Untuk menjadi dewasa kita harus bisa bertanggung jawab pada diri kita dan perbuatan kita sendiri.

  1. Jangan bersembunyi dibalik masalah.

Setiap dari kita pasti akan menghadapi dan memiliki masalah yang harus kita selesaikan. Hadapilah masalah yang kita alami dengan memikirkan jalan keluar yang terbaik, jangan bersembunyi dan lepas tangan terhadap masalah tersebut karena hanya anak-anak yang akan berbuat demikian karena takut dimarahi.

  1. Jangan suka mengeluh.

Orang yang berpikiran dewasa tidak akan mudah mengeluh dalam menjalani kehidupannya, ia akan menerima segala hal dengan lapang dada karena ia tahu ia harus bisa melewati semua yang terjadi dalam kehidupannya dengan baik.


  1. Tentukan tujuan hidup untuk masa depan.

Anak-anak selalu berpikir kelak ia ingin menjadi dokter, pilot atau astronot tanpa memikirkan jalan yang harus ia tempuh untuk meraih impian dan cita-citanya itu. Dan kita sebagai orang dewasa harus memiliki tujuan masa depan yang jelas dengan persiapan yang matang.

  1. Belajar menentukan pilihan dan membuat keputusan sendiri.

Dalam hidup yang kita jalani kita harus bisa menentukan pilihan kita sendiri sesuai dengan keinginan kita. Jangan biasakan bergantung pada pendapat dan piihan orang lain, meminta pendapat boleh tapi jangan langsung di telan begitu saja, pilah dulu mana yang baik dan mana yang benar dengan begitu kita bisa memilih dan mengambil keputusan yang terbaik.

  1. Bisa membedakan antara yang benar dan yang salah.

Untuk bersikap lebih dewasa kita harus bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mana yang baik dan mana yang tidak.


  1. Buang sikap egois dan tidak mau kalah.

Jangan lagi bersikap egois yang semua kehendaknya harus dituruti dan hanya memikirkan kepentingan sendiri tanpa memikirkan orang lain, serta tidak mau mengalah dalam segala hal. Ini tidak akan membawa keuntungan apapun untuk diri kita dan akan membuat orang lain tidak menyukai kita.

  1. Jadilah orang yang mandiri.

Cobalah untuk hidup mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain, jangan selalu meminta bantuan orang lain untuk segala sesuatu yang mudah dan bisa kita selesaikan sendiri. Sifat mandiri akan membuat kita menjadi pribadi yang kuat dalam menjalani kehidupan.

Semua penjelasan dari poin di atas akan dapat membantu kita untuk bisa berpikir lebih dewasa dan meninggalkan semua sifat kekanakan itu yang sudah tidak pantas kita pertahankan. Kedewasaan membuat seseorang lebih bisa dan tenang dalam menghadapi berbagai persoalan hidup yang akan dilewatinya nanti. Untuk itu mulailah berubah dengan cara bersikap dewasa dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian artikel mengenai cara merubah sifat kekanak-kanakan menjadi dewasa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan