10 Ciri-Ciri Suami Zalim pada Istri Tanpa di Sadari

Dalam pernikahan seorang istri dituntut untuk patuh dan nurut pada suaminya dan wajib mengikuti perintah suami sebagai imam dan kepala keluarga. Ada istilah istri durhaka bagi mereka yang tidak mau patuh dan sering melanggar perkataan suami. Namun, bagaimana dengan suami yang zalim kepada istrinya? Di dunia ini tentu ada suami yang tega berbuat zalim kepada istri sendiri yang menjadikan ia sebagai suami yang durhaka kepada istri. Seperti apakah suami yang zalim dan durhaka kepada istri? Yuk simak ciri-ciri suami zalim kepada istrinya sendiri berikut ini.

ads
  1. Memperlakukan istri dengan kasar dan seenaknya.

Pernahkan kita melihat dan mendengar seorang suami yang memperlakukan istrinya dengan sangat tidak baik dan kasar. Baik itu ucapan atau perbuatan bahkan berbuat seenaknya kepada istri di depan umum. Ini adalah salah satu ciri-ciri suami zalim yang suka menyakiti istrinya secara lahir dan batin. Kehidupan rumah tangga dalam Islam seharusnya jauh dari kekerasan yang bisa menyakiti pasangan.

  1. Tidak mau tahu dengan segala kebutuhan dan keperluan istri.

Suami yang mengabaikan istri dan tidak bertanggung jawab penuh terhadap kehidupan istrinya adalah suami yang zalim. Padahal sudah menjadi kewajiban suami memenuhi semua kebutuhan istrinya. Namun masih ada saja suami yang berbuat zalim dengan lepas tangan setelah menikahi seorang wanita.

  1. Tidak memberikan hak seorang istri.

Istri memiliki hak yang harus diberikan suami. Hak diberikan nafkah lahir dan batin, hak untuk hidup bahagia, hak untuk diperlakukan dengan baik, hak untuk mendapatkan hidup yang layak dan hak-hak lainnya yang menjadi tanggung jawab seorang suami setelah menikah dalam memenuhinya untuk membahagiakan istri. Kezaliman terjadi ketika suami tidak mau memberikan hak istri sepenuhnya yang padahal ia sendiri mampu untuk memenuhi hak istrinya tersebut. Jadi jangan heran kenapa rezeki suami seret jika istri sendiri belum bahagia.

  1. Tidak menjaga aib dan kekurangan istri.

Menjaga aib dan kekurangan dalam pernikahan itu adalah suatu kewajiban. Dengan menjaga aib dan kekurangan suami istri akan mendapatkan pahala namun akan menjadi istri durhaka ketika tidak mampu menjaga aib suami. Begitu juga dengan suami yang suka mengumbar dan membericarakan segala aib dan kekurangan istrinya ke orang lain yang termasuk pada ciri-ciri suami zalim pada istri.

  1. Tidak menafkahi istri.

Kezaliman yang paling jelas dilakukan seorang suami adalah ketika ia tidak memberikan nafkah istrinya. Ia tidak bertanggung jawab dengan nafkah yang harusnya ia penuhi. Untuk para suami ingatlah untuk tidak lepas tanggung jawab dalam menafkahi istri karena itulah tugas suami menurut Islam.

  1. Membiarkan istri bertanggung jawab kepada keluarga seorang diri.

Memiliki istri yang bekerja dan bisa menghasilkan uang sendiri sering membuat suami menjadi mengabaikan tanggung jawabnya terhadap anak-anaknya. Ada suami yang bersantai dalam menafkahi istri dan anak-anak ketika istrinya bekerja karna ia tahu bahwa pendapatan istri cukup untuk memenuhi semua kebutuhan rumah tangga. Kejadian seperti ini cukup banyak ditemukan dalam masyarakat yang padahal juga termasuk sikap zalim seorang suami. Ini juga termasuk pada tanda pernikahan tidak bahagia loh.

  1. Mengambil kembali mahar yang telah diberikan.

Tindakan zalim berikutnya adalah ketika suami mengambil kembali mahar pernikahan yang telah diberikan. Untuk keperluan dan kebutuhan apa jika sang istri tidak rela dan ikhlas dalam melepas mahar tersebut suami akan menjadi orang yang zalim kepada istri.


  1. Memaksa atau mengajak istri berbuat dosa.

Kewajiban laki-laki setelah menikah termasuk juga untuk menjaga dan menuntun istrinya untuk menghindari perbuatan dosa. Ia harus menjaga istrinya agar selalu berada di jalan yang benar. Namun ketika suami malah berbuat sebaliknya yang justru malah mengajak istri berbuat dosa, saat itulah ia menjadi suami yang zalim dan merupakan ciri lelaki yang tidak layak dijadikan suami dalam Islam.

  1. Menfitnah istri.

Menuduh istri melakukan sesuatu tanpa adanya bukti dan kebenaran termasuk pada perbuatan zalim yang dilakukan suami. Suami seharusnya tidak menfitnah istri tanpa mencari tahu kebenaran atas apa yang dilakukan istri. Harusnya suami menjadi orang yang mampu menjaga istri dengan cara menghindari perilaku fitnah.

  1. Suka curiga kepada istri.

Selalu curigaan dengan istri juga termasuk sikap zalim loh para suami. Untuk itu kurangi-kurangi selalu curigaan berlebihan kepada istri karena juga merupakan sifat durhaka suami kepada istri. Bangunlah kepercayaan dalam pernikahan dengan cara menghilangkan rasa cemburu berlebihan terhadap istri agar rumah tangga tidak mudah goyah ketika ada pihal luar yang ingin menghasut dan merusak kebahagiaan rumah tangga.

Sekarang sudah thu kan 10 ciri-ciri suami zalim kepada istrinya? Untuk para suami yang termasuk pada ciri-ciri diatas segeralah menghentikan kezaliman tersebut agar pernikahan kamu termasuk pada ciri-ciri rumah tangga yang sakinah mawadah warohmah.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Suami Istri