Inilah Ciri Ciri Rumah Tangga yang Sakinah Mawadah Warohmah Sesuai Syariah

Setiap manusia pastinya menginginkan kehidupan yang berbahagia baik di dunia maupun kelak nanti di surga. Hal tersebut juga berlaku di dalam kehidupan keluarga. Tidak ada seorang pun yang menghendaki kehidupan keluarganya rusak dan juga berantakan. Tidak ada seorang pun juga ingin rumah tangganya hancur dengan mengenaskan. Tentunya semua orang ingin mendapatkan kebahagiaan dan juga mendapatkan keindahan saat memasuki kehidupan rumah tangga.

ads

Jika harapan tersebut berada dalam kehangatan keluarga, maka harapan tersebut bisa terpenuhi pada keluarga yang dipenuhi keindahan, kebahagiaan, memunculkan produktivitas, bisa bermanfaat untuk masrakat sekitar, menjunjung tinggi budi pekerti, dan mengikuti tuntunan Nabi Muhammad SAW. Hal- hal semacam itu bisa terwujud pada keluarga sakinah, mawadah, warahmah. Tiga kata yang akan selalu diucapkan orang-orang pada saat ada pernikahan sepasang kekasih. Untuk mengetahuinya, berikut ciri ciri rumah tangga yang sakinah mawadah warohmah.

1. Selalu berdiri di atas fondasi keimanan yang kokoh

Keluarga yang sakinah tidak berdiri di ruang yang hampa dan juga tidak berada di awang-awang. Keluarga yang sakinah berdiri di atas fondasi keimanan kepada Allah SWT. Sebagai bangsa yang religius, kita semua pasti percaya bahwa suatu kenahagiaan hidup berumah tangga tidak bisa dilepaskan dari nilai-nilai sebuah keimanan. Suami dan istri yang memiliki keimanan yang kokoh kepada Allah SWT akan selalu merasakan pengawasan dari-Nya. Mereka yang beriman akan selalu terjaga di dalam kebaikan. Mereka yang beriman juga akan dijauhkan dari kejahatan dan keburukan.

2. Menunaikan ibadah secara bersama-sama

Kehidupan manusia tidak akan selalu bersenang-senang dan juga bermain-main. Ada nilai ibadah yang harus ditunaikan. Pernikahan adalah ibadah. Hidup berumah tangga juga beribadah. Mengurus anak, berbuat baik kepada tetangga juga merupakan ibadah. Dengan melakukan sesuatu yang motivasinya untuk ibadah, maka kehidupan berumah tangga akan selalu lurus dan selalu berada di jalan yang benar. Jika ada penyimpangan, maka akan segera diluruskan kembali. Sebab, mereka sudah menyadari pendidikan agama dalam keluarga harus dilaksanakan dalam kehidupan.

3. Menaati ajaran Agama

Sebagai manusia yang beriman, merupakan sebuah kewajiban untuk selalu menaati setiap ajaran agama. Ajaran ini meliputi akan hal-hal yang diwajibkan atau disunnahkan dan juga hal hal yang haramkan atau dimakruhkan. Semua ajaran agama pastinya mengandung maksud untuk mendatangakan kebaikan untuk umatnya dan menghindarkan malapetaka bagi umatnya.

4. Keluarga yang saling mencintai dan menyayangi

Keluarga yang sakinah memiliki suasana yang penuh cinta dan juga kasih sayang. Suami, istri dan anak-anaknya saling mencintai dan juga saling menyayangi. Maka dari itu mereka akan berusaha yang terbaik agar tidak terjadi konflik di dalam keluarga. Kalaupun terjadi konflik, mereka akan berusaha saling memaafkan kesalahan masing-masing atau saling membantu dalam menunaikan tugas dan kewajiban. Hal tersebut dikarenakan oleh cinta. Cinta itulah yang menyebabkan mereka tidak mudah emosi dan selalu menjaga keharmonisan rumah tangganya.

5. Saling menjaga dalam kebaikan

Ciri pasangan suami istri yang sakinah salah satunya saling menjaga dan bahkan juga selalu berusaha saling menguatkan dalam kebaikan. Di dalam kehidupan berumah tangga, kadang terjadi penurunan nilai-nilai kebaikan seiring bertambahnya usia pernikahan. Suami istri jadi malas melaksanakan ibadah, kewajiban di dalam keluarga, dan juga kebaikan-kebaikan lainnya. Akibatnya suasan keluarga jadi tidak menyenangkan. Pada keluarga yang sakinah, mereka akan selalu berusaha saling mengingatkan dan menasehati. Mereka mengerti cara mengingatkan pasangan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan juga kemarahan.

6. Selalu saling memberikan yang terbaik untuk pasangan

Pasangan suami dan istri selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk pasangannya. Dengan kondisi seperti itu, maka suami dan juga istri akan selalu berada dalam kenyamanan. Mereka tidak akan menuntut hak pasangannya. Sebaliknya, mereka justru berlomba-lomba melaksanakan kewajiban untuk pasangannya.

7. Mudah dalam menyelesaikan masalah

Keluarga sakinah bukan berarti tidak ada masalah sama sekali. Akan tetapi, di dalam keluarga sakinah, berbagai permasalahan selalu mudah diselesaikan. Jika ada masalah, Mereka sudah tahu cara mengatasi masalah keluarga. mereka bersedia duduk berdua, berbicang-bincang, dan menguraikan masalah dengan kepala dingin. Keluarga yang sakinah menjadikan permasalahan sebagai pemicu semangat untuk melakukan perbaikan.

8. Dapat membagi peran dengan adil

Keluarga yang sakinah akan selalu berusaha untuk melakukan pembagian peran secara adil. Tidak ada seorangpun yang terzolimi atau terbebani secara tidak adil. Oleh sebab itu, sejak awal hidup berumah tangga, keluarga yang sakinah telah menerapkan prinsip keadilan dalam membagi perannya.


9. Kompak unuk mendidik anak

Keluarga yang sakinah akan sadar bahwa mereka harus mencetak generasi penerus yang tangguh, unggul dan dapat mewarisi nilai-nilai kebenaran serta kebaikan. Mereka tidak ingin anak-anaknya menjadi pembangkang, durhaka kepada orang tua, jauh dari agama, dan bahkan menjadi beban masyarakat. Oleh sebab itu, keluarga yang sakinah akan saling bahu-membahu dalam mendidik dan membina anak-anaknya. Mereka juga akan selalu mengarahkan anak-anaknya menuju kesuksesan di dunia dan juga di akherat nanti.

10 Dapat berkontribusi untuk masyarakat

Keluarga yang sakinah akan selalu memberikan kontribusi yang terbaik di lingkungan masyarakat. Mereka selalu terlibat di dalam kegiatan sosial dan cepat memberikan bantuan jika diperlukan. Mereka bukanlah tipe orang-orang yang egois sebab mereka tahu cara menghilangkan sifat egois dan cara menhilangakan sifat sombong. Mereka akan selalu peduli dan bersedia berbagi dengan apa yang mereka miliki saat ini.

Itulah ciri ciri rumah tangga yang sakinah mawadah warohmah. Di dalam kehidupan masyarakat, sudah sekiranya sebuah keluarga dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan juga untuk bangsa dan negara. Mudah-mudahan untuk pasangan yang sudah berkeluarga semoga kalian ada ciri-ciri keluarga yang sakinah mawadah warohmah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Keluarga