Inilah 7 Ciri Suami yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut Islam

Menjalani rumah tangga terlihat sangat sederhana namun sesungguhnya bukanlah hal yang mudah. Di dalamnya akan banyak ditemukan pengalaman hidup, pahit dan manis. Beragam kisah akan hadir mewarnai kehidupan rumah tangga dengan cerita yang berbeda-beda. Meski semua juga tergantung pada ketetapannya, namun penting juga bagi seorang wanita untuk memilih seseorang yang baik untuk dijadikan imam dan kepala keluarga.

ads

Jika salah memilih suami, kemungkinan besar rumah tangga tidak akan berjalan sesuai apa yang diharapkan dan diinginkan semua orang. Seperti yang kita lihat, dengar dan ketahui, ada beragam kelakuan suami yang membuat seorang istri harus merasakan pahitnya berumah tangga. Ada yang bertahan ada pula yang memilih untuk mengakhiri pernikahannya. Sebelum memutuskan untuk berpisah atau bertahan dalam rumah tangga yang tak lagi harmonis, simak dulu sifat dan ciri suami yang tidak pantas dipertahankan menurut Islam.

1 . Suami yang Suka Melakukan Kekerasan

Seorang suami yang harusnya menjadi imam dan kepala keluarga yang baik dan bisa melindungi serta menjaga keluarganya, justru malah bersikap kasar dan meninggalkan trauma untuk anak dan istrinya. Suami yang suka melakukan kekerasan secara fisik maupun verbal tidak layak untuk dipertahankan. Kalau suami bersikap seperti ini, akan sulit baginya untuk memenuhi peran ayah dalam keluarga bagi anak-anaknya dan tidak akan tahu cara suami memperlakukan istri dengan baik.

2. Suami yang Tidak Bertanggung Jawab dalam Memberikan Nafkah

Suami yang tidak pantas dipertahankan menurut Islam adalah suami yang tidak lagi memenuhi tanggung jawabnya dalam mencari nafkah. Suami yang tega membiarkan istrinya membanting tulang sendiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sementara dirinya hidup dengan kebahagiaannya sendiri. Tidak tahu menahu segala kebutuhan istri dan anaknya.

3. Suami yang Mengajak Berbuat Musyrik dan Tidak Mau Bertaubat

Musyrik adalah dosa besar yang membuat Allah SWT murka kepada orang yang melakukannya. Musyrik adalah perbuatan menduakan Tuhan, meminta dan mempercayai ada kekuatan lain yang lebih hebat dan bisa mengabulkan permintaan. Menyembah zat lain selain Allah SWT dan berpaling dari-Nya. Suami yang seperti ini merupakan ciri suami yang tidak pantas dipertahankan menurut Islam. Dimana ia juga mengajak istrinya ke jalan yang sesat.

4. Suami yang Melarang Istrinya untuk Beribadah kepada Allah SWT

Dalam Islam, seorang istri akan menjadi durhaka jika membantah perkataan suaminya. Namun jika suaminya mengajarkan ke jalan yang salah dan sesat serta jauh dari Allah SWT, tentu saja seorang istri boleh untuk tidak mematuhi suaminya. Jika seorang suami juga melarang keras istrinya untuk beribadah, maka ini termasuk suami yang tidak pantas dipertahankan menurut Islam.

5. Suami yang Durhaka kepada Allah SWT

Seorang laki-laki yang tidak hanya memiliki sifat durhaka suami kepada istri setelah ia berumah tangga, namun juga durhaka kepada Allah SWT, maka bisa dikatakan dirinya bisa masuk dalam kategori suami yang tidak pantas dipertahankan menurut Islam. Pastinya ia tidak akan bisa menjadi imam yang baik, menjaga keluarganya dari api neraka, bahkan cenderung malah membawa keluarganya pada kemaksiatan.


6. Suami yang Murtad

Seorang suami yang tidak lagi percaya kepada Allah SWT dan tidak lagi meyakini dan memilih Islam sebagai agamanya sehingga ia memilih untuk murtad, terlebih ia juga memaksa istri dan anak-anaknya untuk murtad, maka ini juga termasuk ciri suami yang tidak pantas dipertahankan menurut Islam. Seorang istri yang mau mengikuti suaminya untuk keluar dari agama Islam tentu akan mendapatkan laknat.

7. Suami yang Gemar Berzina

Seorang suami berselingkuh bukan menjadi sesuatu yang langka. Permasalahan ini sudah umum terjadi dalam banyak kehidupan rumah tangga. Namun suami yang gemar berzina, main perempuan dan sekaligus menelantarkan istrinya sendiri karena sibuk hura-hura, maka ia termasuk pada suami yang tidak patut dipertahankan.

Selain banyak melakukan dosa besar juga akan memberikan dampak buruk kepada keluarga seperti menularkan penyakit berbahaya. Perselingkuhan juga menjadi penyebab suami istri bertengkar sering bertengkar yang sudah biasa terjadi. Meski seorang suami salah telah berselingkuh, istri pun juga harus tahu penyebab pria selingkuh dari istrinya agar bisa intropeksi diri.

Itulah 7 sifat dan ciri suami yang tidak pantas dipertahankan menurut Islam. Jika memang rumah tangga dirasa sudah sulit dipertahankan dan suami memiliki ciri-ciri seperti di atas, maka sebaiknya bisa mempertimbangkan keputusan yang baik untuk ke depannya. Sementara, kehidupan rumah tangga dalam Islam hendaknya bisa menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Suami Istri