10 Cara Melatih Konsentrasi Anak 7 Tahun Dalam Belajar

Melatih konsentrasi akan jauh lebih baik jika dilakukan sejak dini. Karena pada masa anak-anak adalah waktu yang tepat dalam pertumbuhan organ-organ tubuh pada anak, termasuk juga konsentrasi, fokus, dan daya ingatnya. Cara mengajari anak yang tidak fokus itu tidaklah mudah. Teknik cara mendidik anak yang baik adalah salah salah satunya konsisten. Kita sebagai orang tua harus sabar, konsisten dan lakukan secara berulang-ulang agar bisa membuat buah hati kita dapat mengembangkan konsentrasi, daya ingat, dan fokusnya.

ads

Cara mengajar pada anak yang berusia 7 tahun sedikit berbeda dengan cara melatih konsentrasi anak usia 5 tahun. Pada anak usia 7 tahun biasanya usia tersebut sudah masuk sekolah dasar sehingga cara mendidiknya lebih “luas” dibandingkan anak berusia 6 ke bawah. Berikut cara melatih Konsentrasi Anak 7 tahun dalam belajar.

     1. Bantu anak agar lebih percaya diri

Di usia ini, anak bisa saja merasa rendah diri karena selalu dibandingkan hasil belajar teman-teman sebayanya. Dia sering merasa rendah diri karena gagal menyamai kemampuan teman-temannya. Hal ini sangat berpengaruh besar pada konsentrasi anak. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, kita berikan motivasi kepada anak bahwa setiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Jika kepercayaan diri anak berhasil ditingkatkan, maka kemampuan otaknya dalam konsentrasi, daya ingat dan fokusnya kembali meningkat.

     2. Berikan pelatihan secara berulang-ulang

Cara lainnya adalah dengan memberikan latihan yang dilakukan secara berulang-ulang. Tidak usah diberikan latihan yang berat-berat karena hal tersebut malah berpengaruh buruk pada anak. Berikan saja pelatihan yang sama secara berulang-ulang sampai anak mulai paham. Pada anak yang berusia 7 tahun sudah mulai dikenalkan dengan pekerjaan rumah meskipun sifatnya masih dalam skala kecil. Oleh sebab itu, anak perlu diberikan pelatihan semacam ini.

     3. Belajar di tempat yang nyaman dan juga tenang

Kalau anak belajar ditempat yang berisik dan banyak orang, pasti konsentrasi di dalam pelajarannya pun akan berkurang. Suasana dan tempat sangat berpengaruh pada tingkat konsentrasi anak. Pilih ruangan yang tenang dan nyaman agar anak pun dapat betah saat belajar sehingga konsentrasi anak bisa meningkat.

     4. Kita juga ikut mengawasi anak saat belajar

Saat anak kita sedang belajar, kita juga sempatkanlah waktu untuk ikut dalam mengawasi belajarnya. Biasanya anak yang disuruh belajar sendiri itu selalu tidak serius. Apalagi untuk anak – anak yang berusia 7 tahun yang pikirannya masih ingin lebih banyak bermain-main. Maka dari itu, kita perlu untuk mengawasinya. Tidak usah untuk terus-menerus memerhatikannya. Cuup di sampingnya saja sambil sesekali melihatnya apakah sedang benar-benar belajar atau tidak.

     5. Cobalah untuk bermain sambil belajar

Kalau anak kita dikasih dengan belajar terus terkadang akan membosankan. Makanya kita berikan metode lain yaitu dengan permainan. Tentu saja berikan permainan yang memang dapat mengasah tingkat konsentrasi, daya ingat dan fokusnya. Kita pun sesekali ikut bermain dengan anak agar dia merasa ada yang ilut bermain bersamanya. Sehingga, anak merasa ingin untuk bermain meskipun tujuan utamanya untuk mengasah konsentrasinya.


     6. Hindari penggunaan gadget yang berlebihan

Pada dasarnya anak-anak jangan dulu dikasih gadget. Sebab, penggunaan gadget dapat memengaruhi otak anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Jika sudah melebihi batas, ditakutkan akan sangat berpengaruh buruk terhadap perkembangan anak, terutama perkembangan otaknya. Cobalah untuk memperketat pemakaian gadget pada anak. Berikan batas waktu yang ditentukan setelah itu anak kembali fokus kepada pelajaran.

     7. Berikan hadiah untuk motivasi anak

Setiap anak selalu suka dengan hadiah. Sekali-kali berikanlah anak kita hadiah sebagai bentuk keberhasilan anak dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik. Saat anak mendapatkan hadiah, hal tersebut dapat menbuatnya bersemangat dan memotivasinya untuk kembali mengerjakan tugas dengan baik agar nanti mendapatkan hadiah lagi.

     8. Pastikan anak mendapatkan asupan gizi yang cukup

Makanan juga adalah salah satu faktor yang penting di dalam perkembangan anak. Kandungan nutrisi dalam makanan sangat membantu tumbuh kembang anak, termasuk otaknya. Oleh sebab itu, kita harus memastikan anak kita mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk menambah konsentrasi, fokus, dan daya ingat anak.


     9. Biarkan anak diberikan waktu untuk istirahat

Agar anak tidak cepat stres dan bosan saat belajar, kita juga harus memperhatikan kondisinya dengan memberikan waktu untuk istirahat. Dengan memberikan waktu istirahat ini juga untuk “mengisi ulang” kembali pikiran anak kita untuk kembali segar setelah sebelumnya belajar. Biasanya istirahat adalah waktu yang tepat buat anak untuk bermain-main. Setelah anak-anak istirahat, kembali lanjutkan belajarnya.

     10. Berikan deadline pada anak

Pada usia 7 tahun, anak-anak sudah mulai diberikan tanggung jawab dalam mengerjakan PR. Nah di sini kita juga harus melatih anak untuk menyelesaikan tugas dalam waktu tertentu. Lakukan dengan penuh perhatian dan jangan sampai memarahinya jika belum selesai.

Itulah cara melatih konsentrasi anak 7 tahun dalam belajar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak