Inilah 4 Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah yang Harus Diketahui

Anak-anak meski masih berusia sangat muda dan dini, mereka juga memiliki hak dan kewajiban. Baik dilingkungan masyarakat, keluarga dan sekolah. Anak juga harus diajarkan tentang hak, yakni sesuatu yang pantas ia dapatkan dari lingkungan. Begitu juga dengan kewajiban, anak harus tahu kewajiban yang harus ia lakukan agar antara hak dan kewajiban bisa jalan seimbang. Jangan sampai anak hanya ingin mendapatkan haknya saja tapi mengabaikan tanggung jawabnya. Salah satu yang penting diajarkan dan harus diketahui anak adalah mengenai hak dan kewajiban anak di sekolah yang menjadi tempat ia menimba ilmu.

Untuk mengajarkan anak tentang hak dan kewajibannya, kita tentu harus tahu dulu apa saja hak dan kewajiban anak di sekolah sebagai salah satu cara mendidik anak. Dengan begitu kita bisa menuntun dan memberikan arahan ke pada anak tentang apa yang pantas ia dapatkan dan wajib ia jalankan. Seperti yang kita tahu, terkadang anak mendapatkan perlakuan yang tidak adil atau malah menjadi korban bully yang berdampak buruk untuk psikologisnya. Orang tua dan guru di sekolah juga harus mengetahui penyebab pembulian. Nah, berikut adalah beberapa hak dan kewajiban anak di sekolah.

Hak Anak di Sekolah

1. Mendapatkan Ilmu Pengetahuan dan Wawasan

Sekolah adalah tempat menuntut ilmu yang wajib anak ikuti selama 9 tahun. Di sekolah anak dididik dan diajarkan berbagai ilmu pengetahuan agar menjadi pintar dan tahu banyak hal. Pengetahuan dasar berhak anak dapatkan di lingkungan sekolah, mulai dari baca tulis hingga bidang ilmu pengettahuan lainnya. Ilmu yang didapat anak akan bermanfaat bagi anak kelak saat ia telah dewasa.

2. Mendapat Bimbingan dan Arahan yang Baik dari Guru

Selain mendapat ilmu pengetahuan dari materi yang diajarkan di sekolah, anak juga berhak mendapat bimbingan dan arahan ia apa yang telah disampaikan guru kurang ia pahami. Hak dan kewajiban anak di sekolah, selain mendapat bimbingan guru hingga ia mengerti, ia juga berkewajiban bertanya dan memperhatikan guru agar ilmu yang didapat bisa ia cerna dengan baik.

3. Mendapatkan Lingkungan Belajar yang Aman dan Nyaman

Di sekolah seharusnya anak bisa fokus belajar karena sekolah menjadi lingkungan pendidikan yang seharusnya bisa membuat anak lebih fokus dalam belajar. Anak berhak belajar di sekolah dengan aman dan nyaman tanpa adanya gangguan atau masalah-masalah yang membuat kegiatan belajar mengajar anak terganggu.

4. Diperlakukan dengan Adil dan Dapat Menggunakan Fasilitas Sekolah dengan Baik

Anak juga berhak mendapat perlakuan yang adil dari guru dan pihak sekolah. Anak berhak menerima pengajaran yang sama dan dapat menggunakan semua fasilitas sekolah yang terbuka untuk murid tanpa pandang bulu. Tidak peduli anak datang dari keluarga berada atau tidak, yang jelas anak mendapat kesetaraan yang sama dan adil dengan anak lainnya.

Kewajiban Anak di Sekolah

1. Hormat kepada Guru

Selain menerima hak, anak juga berkewajiban untuk hormat kepada smeua guru yang ada di sekolah. Meski guru harus marah-marah karena murid yang susah diatur dan melanggar aturan, anak haruslah tetap menghormati gurunya. Guru adalah orang tua pengganti saat di sekolah, jadi guru harus dihormati layaknya orang tua.

2. Menjadi Murid yang Baik, Belajar dengan Tekun dan Berprestasi

Anak wajib untuk menjadi murid yang baik dan berprestasi di sekolah setelah ia menerima hak, yakni mendapatkan materi pelajaran di sekolah. Sebagai gantinya, anak wajib untuk menjadi murid yang baik, rajin belajar, dan mengejar prestasi di sekolah untuk membanggakan guru dan orangtua.

3. Disiplin, Tertib dan Taat pada Aturan Sekolah

Selain wajib belajar dengan baik dan hormat pada guru, anak juga wajib untuk menaati peraturan sekolah, disiplin dan tertib. Tidak melanggar aturan dan siap menerima sanksi atas pelanggaran yang dilakukan. Anak juga wajib patuh kepada guru di sekolah. Ketahui pula faktor penyebab siswa tidak disiplin di sekolah.

4. Berteman Baik dengan Semua Murid Lain

Di sekolah anak juga wajib untuk berteman baik dengan smua murid yang ada di sekolah. Tidak pilih-pilih dan tidak melakukan pembulian kepada murid lainnya yang dirasa lebih lemah. Anak wajib memperlakukan semua teman dengan sama. Anak juga wajib menjaga hubungan pertemanan tanpa bermusuhan satu sama lain, apalagi melakukan aksi tawuran yang sama sekali tidak bermanfaat. Orang tua dan guru juga harus menemukan solusi pergaulan bebas di kalangan pelajar bersama-sama yang bisa menjadi penyebab pernikahan dibawah umur bagi remaja.

Itulah 4 hak dan kewajiban anak di sekolah yang orang tua dan anak perlu ketahui. Pihak sekolah dan orang tua juga bertanggung jawab dalam mengenalkan berbagai akibat pergaulan bebas di kalangan pelajar kepada anak yang menjadi kenakalan anak jaman sekarang.

, , ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak