5 Cara Menghadapi Anak Susah Diatur dan Bandel

Cara menghadapi anak susah diatur adalah dengan penuh kesabaran memberikan edukasi secara bertahap sehingga dia tumbuh dengan prilaku yang baik. Orang tua harus meyakini bahwa anak adalah titipan yang harus dirawat dan dididik. Anak juga merupakan investasi yang harus dihadapi dengan penuh kesabaran. Jika anak nakal dan sulit diatur ini adalah tantangan untuk orang tua dalam mendidik anak. Hal tersebut harus dianggap sebagai sesuatu yang menyenangkan. Penanganan yang tepat akan membuat anak menjadi baik ketika tumbuh dewasa. Usaha tersebut tidak mudah namun tidak juga sulit. Kerjasama sesama orang tua dan dukungan keluarga akan membuat anak terdidik dengan baik dengan menerapkan cara mengatasi anak pemarah. Hal yang harus diingat adalah jangan pernah menjalin jalan pintas dengan kekerasan. Berikut adalah beberapa cara menghadapi anak yang sulit diatur.

ads

1. Orang Tua Menujukkan Sikap Lembut

Cara efektif menghadapi anak susah diatur adalah dengan menunjukkan sikap yang lembut. Saat anak melakukan sebuah kesalahan di di tempat umum, orang tua seringkali merasa ingin segera mengungkapkan kemarahan kepada anak. Cara mendidik anak dengan pola yang seperti sangat tidak dianjurkan sama sekali. Tindakan tepat yang harus dilakukan adalah dengan bersikap yang lembut. Jika kesalahan menyangkut orang lain sebaiknya kita mengajak anak meminta maaf dan orang tua juga harus memaafkannya. Orang tua juga sebaiknya bertanya kepada mereka dengan baik membuat melakukan kesalahan tersebut. Anak seringkali berbuat kesalahan bukan karena keinginannya sendiri namun terkadang terjadi karena hal yang tidak sengaja, jadi orang tua tidak harus menerapkan  tips menghadapi anak nakal.

2. Orang Tua Jangan Memanjakan Anak

Cara menghadapi anak susah diatur adalah dengan tidak memanjakan anak. Jika oang tua terlalu memanjakan anak sejak dini maka akan sangat tidak baik bagi perkembangan dan pertumbuhan mental anak. Anak akan terbiasa dengan mendapatkan jalan yang mudah. Ketika ingin mendapatkan sesuatu mereka cenderung tidak mampu sabar. Hal tersebut akan berdampak buruk jika suatu saat keinginananan tidak dapat terpenuhi oleh orang tuanya. Mereka akan cenderung menunjukkan sikap anak pembangkang kepada orang tua. Orang tua harus bijak dan bersikap sewajarnya dengan memberitahu hak dan kewajiban anak di rumah.

3. Orang Tua Menjadi Tauladan yang Baik

Cara menghadapi anak susah diatur adalah dengan memberikan tauladan yang baik kepada anak. Anak dengan mental masih dalam masa pertumbuhan akan memiliki kemampuan mudah menyerap. Anak akan mencari sosok yang dapat dicontoh disekitarnya. Orang tua yang  menginginkan anak bersikap dengan baik, maka orang tua harus selalu memberikan contoh yang baik sebagai cara mendidik anak yang suka melawan.  Orang tua juga bertanggung jawab dalam menjauhkan anak dari lingkungan yang berdampak buruk pada perkembangan dan pertumbuhan anak. Misalnya pada acara tv dengan berbau kekerasan, teman yang tidak baik, dan lain – lain.

4. Orang Tua Tidak Memberikan Label Buruk Pada Anak

Cara menghadapi anak susah diatur adalah dengan tidak memberikan label yang buruk kepada anak. Saat anak berbuat nakal atau bersikap bandel, orang tua tidak boleh langsung memberikan label buruk kepada anak. Banyak orang tua yang seringkali memberi label anaknya susah diatur, nakal, dan lain – lain. Hal itu akan memberikan keyakinan akan kenakalan mereka. Mereka menjadi merekam memori bahwa mereka adalah anak yang nakal. Hal tersebut akan membuat orang tua untuk mendidik anak menjadi anak yang baik.

5. Orang Tua Memberi Sanksi dan Hadiah yang Jelas

Cara menghadapi anak susah diatur adalah orang tua memberikan sanksi dan hadiah pada anak. Cara terbaik mendidik anak yang susah diatur, adalah dengan membuat sebuah aturan yang tegas. Anak juga sebaiknya diberikan sanksi dan reward dan jelas. Sanksi akan sangat berguna untuk anak menjauhi perbuatan tersebut dan sebagai cara menghadapi anak nakal. Hadiah akan difungsikan untuk memberikan semangat kepada anak agar selalu bersikap lebih baik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak