10 Ciri-Ciri Pemimpin yang Tidak Baik dalam Berkuasa

Beratnya tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang pemimpin membuat posisi ini hanya diperuntukkan untuk orang yang benar-benar bisa menjalankan kepemimpinan dengan baik. Pastinya, tidak semua orang bisa menjadi pemimpin dan harus bersusah payah agar bisa menjadi leader untuk banyak orang. Hanya saja, sebagian pemimpin justru dianggap buruk karena tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Pemimpin yang tidak baik tentu tidak akan bertahan lama diposisinya. Apa saja ciri-ciri pemimpin yang tidak baik tersebut?

1 . Tidak Menjalankan Amanah

Sifat amanah harusnya dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Namun pemimpin yang tidak baik tidak akan bisa menjalankan amanah dan justru malah memanfaatkan kekuasaannya untuk kepentingannya sendiri. Seseorang yang menjadi pemimpin juga harus tahu cara menjadi tegas dan bijaksana sebagai pemimpin serta tahu cara membuat keputusan yang benar dan tepat tanpa merugikan banyak pihak.

2. Semena-mena pada Bawahan

Ciri-ciri pemimpin yang tidak baik kedua adalah jika ia bersikap semena-mena pada bawahan. Menganggap dirinya paling tinggi dan semua bawahan harus tunduk dan patuh pada segala perintah dan peraturannya. Bersikap sombong dan angkuh kepada semua orang karena dan selalu bersikap semena-mena kepada bawahan. Sementara ciri-ciri orang baik hati dalam memimpin tidak akan bersikap semena-mena dan tahu bagaimana cara bersikap yang baik.

3. Mengabaikan Kepentingan Bawahan

Sebagai seorang pemimpin yang baik harusnya bisa memperhatikan dan mempedulikan bawahan. Kalau seseorang yang dipercayakan memimpin malah menjadi egois dan tidak mau mendahulukan kepentingan bawahan, maka ia termasuk pada ciri-ciri pemimpin yang tidak baik dan tidak pantas untuk ditiru.

4. Tidak Mau Menerima Masukan

Pemimpin yang sombong dan angkuh tidak akan mau menerima masukan dan saran dari bawahan. Baginya ia bisa menyelesiakan segalanya dan menganggap bawahan tidak memiliki kemampuan ataupun hak untuk bersuara. terkadang ia malu mengakui bahwa masukan yang diberikan bawahan itu tidak salah.

5. Tidak Mau Menerima Keluhan dari Bawahan

Seorang pemimpin pasti menerima dan mendengar keluhan dari bawahan yang meminta diberikan solusi dan jalan keluar. Dan salah satu ciri-ciri pemimpin yang tidak baik adalah ia akan mengabaikan keluhan dari bawahannya. Membiarkan bawahan mengatasi sendiri masalahnya meski ia tidak menutup mata akan hal itu.

6. Merasa Paling Benar dan Egois

Satu lagi sifat seorang pemimpin yang masuk dalam ciri-ciri pemimpin yang tidak baik adalah merasa dirinya paling benar dan sangat egois. Tidak peduli kepada orang lain dan hanya dirinya yang berhak melakukan apapun dan selalu melakukan sesuatu yang ia sukai tanpa memikirkan dampaknya bagi orang lain. Hal ini mungkin di anggap sebagai cara meningkatkan harga diri namun tanpa disadari malah membuatnya menjadi sosok pemimpin yang egois dan angkuh.

7. Tidak Bertanggung Jawab

Ada kalanya pemimpin yang tidak bertanggung jawab atas apa yang telah ia kerjakan. Melimpahkan kesalahan kepada orang lain dan tidak mau bertanggung jawab atas apa yang telah ia lakukan. Menyuruh orang lain untuk menyelesaikan sesuatu yang telah ia kacaukan.

8. Bersikap Terlalu Bossy

Memang sudah seharusnya bawahan menurut dan patuh pada pemimpinnya. Hanya saja, pemimpin yang terlalu memanfaatkan posisi dan kuasanya dengan bersikap bossy kepada bawahan juga termasuk dalam ciri-ciri pemimpin yang tidak baik. Pemimpin yang tidak disukai oleh bawahan karena seenaknya memerintah tanpa hati dan pertimbangan.

9. Tidak Memiliki Kepribadian yang Baik

Seorang pemimpin jugalah seorang panutan yang akan menjadi contoh bagi orang banyak. Maka dari itu seorang pemimpin harus memiliki pribadi yang baik dan bisa bersikap netral. Namun seseorang yang memimpin dan menunjukkan kepribadian dan kelakuan yang menyimpang tidak layak dijadikan seorang pemimpin. Seperti penyimpangan sosial dalam keluarga maupun dalam masyarakat. Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang baik, pahamilah cara menjadi pribadi yang baik dan disukai oleh banyak orang.

10. Tidak Mampu Bersikap Adil

Pemimpin yang tidak baik cenderung tidak bisa bersikap adil dan sering kali berat sebelah. Hanya berat kepada sesuatu yang menguntungkan bagi dirinya sendiri dan menutup mata untuk berlaku adil jika hal tersebut jika tidak membawa keuntungan bagi dirinya.

Itulah 10 ciri-ciri pemimpin yang tidak baik yang tidak layak disebut sebagai pemimpin. Berikut ada juga cara menjadi pemimpin yang baik dalam organisasi. Simak juga alasan wanita boleh jadi pemimpin dan ciri-ciri pria berwibawa yang memiliki kharisma untuk menjadi pemimpin.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan