13 Cara Menjadi Tegas dan Bijaksana

Seseorang  yang selalu bersikap tegas dalam menentukan segala hal bukanlah berarti dia orang yang kasar dan keras. Dan sifat tegas ini biasanya sangat diperlukan dalam diri seorang pemimpin agar ia bisa memberikan keputusan yang benar dan tepat dalam setiap langkahnya. Seseorang yang bersikap tegas biasanya juga akan berpikir secara logis dan dia akan melakukan apa yang menurutnya benar. Dan ia akan melakukan segala hal yang sesuai dengan keinginan dan keputusannya tanpa mudah dipengaruhi orang lain. Sikap tegas termasuk pada salah satu ciri-ciri pria berwibawa yang merupakan kriteria pria idaman wanita.

ads

Banyak keuntungan dari sikap tegas ini, selain mempunyai pendirian sikap tegas juga akan membuat seseorang menjadi lebih berwibawa dan tidak mudah dihasut orang lain. Namun jika kamu seseorang yang plin plan yang selalu penuh dengan keraguan dalam bertindak dan ingin berubah menjadi orang yang tegas kamu harus belajar cara bersifat dewasa, dan simak cara menjadi tegas berikut ini.

  1. Jangan takut dalam menentukan pilihan.

Kamu tidak boleh merasa takut dalam menentukan sebuah pilihan apalagi karna takut salah dalam memilih, oleh karena itu kamu harus tahu cara membuat keputusan yang tepat dan cara menghilangkan rasa takut dalam bersikap. Kamu harus memilih sesuai dengan keinginan kamu sehingga nantinya tidak ada rasa menyesal dikemudian hari.

  1. Ambil sebuah keputusan dengan memikirkannya secara matang terlebih dahulu.

Agar tidak muncul rasa takut dan ragu maka pikirkanlah apa yang hendak menjadi keputusan kamu nanti, pikirkan secara matang baik dan buruknya, sanggup atau tidaknya diri kamu dalam menjalani keputusan tersebut serta dampaknya terhadap diri kamu dikemudian hari. Dan sebaiknya banyak belajar cara mengambil keputusan dengan benar.

  1. Jangan selalu merasa bimbang jika orang lain akan merasa tersinggung terhadap sikap kamu.

Jangan terlalu memikirkan perasaan orang lain jika kamu merasa tindakan kamu sudah benar. Bukannya untuk menjadi egois tetapi demi sesuatu yang baik tak ada salahnya menjadi tegas dalam bertindak dari pada harus mementingkan perasaan orang lain yang akhirnya malah menjadi sesuatu yang tidak baik dan merugikan diri kamu dan juga orang lain.

  1. Jangan merasa bersalah jika melakukan penolakan terhadap orang lain.

Ada saatnya kamu harus menolak ajakan atau keinginan orang lain. Mungkin kamu merasa tidak sependat atau merasa ajakan orang lain itu tidak cocok untuk kamu. Maka jangan merasa bersalah untuk menolaknya karena kamu berhak dalam mengambil tindakan dan membuat keputusan.

  1. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain.

Untuk menjadi orang yang tegas harus memiliki pendirian yang kuat. Jika kamu sudah memilih dan menentukan jangan mudah terpengaruh dengan omongan maupun pendapat orang lain yang ingin membantu kamu. Dan jika kamu yakin bahwa pendirian kamu sudah benar kamu harus bisa menolak bahkan mengabaikan pendapat orang lain.


  1. Bertindak sesuai dengan keinginan sendiri.

Kamu harus bertindak sesuai dengan apa yang kamu ingin dan apa yang kamu mau. Karena seharusnya kamu tahu mana yang baik dan mana yang tidak untuk diri kamu, sementara pendapat orang lain boleh kamu dengar dan pertimbangkan jika memang pendapat itu baik dan benar.

  1. Bersikap dengan cara yang benar agar tidak terlihat keras.

Untuk terlihat tegas kamu tidak harus terlihat garang atau sangar yang membuat semua orang men-cap diri kamu sebagai orang yang keras dan kejam. Namun untuk bertindak tegas itu dengan cara menyampaikan dengan cara yang baik dan halus tanpa membuat orang tersinggung namun tanpa ada negosiasi. Serta berikan penjelasan yang tepat agar orang lain bisa memahami sikap kamu.

  1. Hilangkan keraguan dalam setiap bersikap.

Sikap ragu-ragu dalam memilih dan menetukan merupakan ciri-ciri orang yang plin plan dan tak bisa menentukan keputusan sendiri sehingga ia harus selalu menggantungkan keputusannya sesuai dengan pendapat orang lain. Berhentilah bersikap demikian dan cobalah untuk lebih mandiri dan bisa menentukan keputusan sendiri, lama-kelamaan kamu akan terbiasa untuk bisa bersikap tegas.

  1. Ingatlah bahwa diri kita juga memiliki hak dalam menentukan sikap.

Jika selalu bergantung dengan pendapat orang lain, lalu dimana letak hak diri kamu dalam berpedapat dan membuat keputusan? Ingatlah bahwa kamu punyak hak untuk menentukan dan mengambil sikap dalam hal apapun.

  1. Yakinkan diri bahwa pilihan kamu sudah tepat.

Untuk menghindari sikap yang plin plan kamu harus meyakinkan diri kamu untuk mengambil dan menentukan sebuah keputusan yang tepat dan benar. Pertimbangkan antara baik dan buruknya terhadap kamu dan mana yang lebih menguntungkan. Kalu perlu belajarlah cara meningkatkan keyakinan diri.

  1. Biasakan diri untuk bersikap tegas mulai dari hal-hal sederhana.

Sebaiknya biasakan diri untuk bersikap tegas dimana pun dan dalam situasi apa pun. Katakan apa yang kamu suka dan apa yang tidak kamu suka dengan jelas.

  1. Jangan melakukan hal yang tidak ingin kamu lakukan.

Jangan melakukan sesuatu karena merasa segan dengan orang lain, yang padahal kamu merasa tidak senang dan merasa dirugikan akibat tindakan tersebut. 


  1. Tahu waktu yang tepat untuk menjadi tegas.

Tegas bukan berarti tidak ada toleransi sama sekali, tapi kamu harus tahu batasannya. Sampai kapan toleransi harus diberikan? Kamu harus menentukan itu sendiri.

Itulah beberapa cara menjadi tegas yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki diri agar tidak menjadi orang yang plin plan dan mudah dipengaruhi orang lain serta tidak punya pendirian.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan