15 Ciri Pribadi Berwibawa dan Disegani

Kewibawaan merupakan salah satu karakteristik kepribadian yang disegani banyak orang. Mereka yang memiliki sifat ini umumnya sering dimintai pendapat dan saran untuk memutuskan permasalahan hidup, karena orang-orang berwibawa cenderung punya pandangan bijak yang tidak memihak salah satu satu sisi berikut memiliki pertimbangan yang bertidak berat sebelah. Beberapa karakteristik dan ciri dibawah ini sering dikaitkan dengan pribadi berwibawa. Apa Anda termasuk salah satu diantarnya? (baca juga: Ciri-ciri Pria Berwibawa)

ads

1. Tegas

Mereka yang berwibawa punya tutur kata dan sikap tegas. Tidak jarang orang berwibawa dianggap galak dan pemarah karena perkataannya yang lugas, tanpa tedeng aling-aling. Padahal pada praktiknya kebanyakan dari mereka hanya mencoba jujur pada diri sendiri dan orang sekitar. Ciri pribadi berwibawa itu tidak plin plan dalam menentukan pokok pikiran dan sudut pandang permasalahan juga tidak ragu mengutarakan pendapat serta ketidaksetujuannya bila dirasa perlu meskipun bisa ajdi hal tersebut menyebabkan beberapa orang tersinggung. (baca juga: Cara Bersikap Sabar)

2. Teguh Pendirian

Pribadi berwibawa tidak mudah dihasut dan terbawa arus atau cenderung mengikuti padangan umum yang sedang tren. Mereka memiliki set moral tertentu yang sangat dinjunjung tinggi dan jarang menganut paham baru, terutama yang berlawanan dengan idelogi dan prinsip mereka. Tidak jarang orang-orang berwibawa dianggap kaku karena hal ini. Seringkali juga orang berwibawa memiliki dualisme moralitas, antara salah dan benar.

3. Karismatik

Karena sifatnya yang tegas dan berpendirian pribadi berwibawa juga dianggap karismatik. Seperti orang berkarisma lainnya, orang berwibawa punya aura positif yang membuat orang disekitar merasa nyaman tapi juga segan. Kebanyakan dari mereka tidak suka bergosip dan membuang waktu untuk membicarakan hal-hal tidak penting. Menjaga tutur kata dan sikap sangat penting bagi orang berwibawa, karena mereka ingin menciptakan kesan positif terhadap kepribadian mereka. (baca juga: Cara Mudah Bersosialisasi)

4. Punya Nilai Moral Tinggi

Umumnya pribadi berwibawa punya nilai moral tinggi, atau pandangan dan pendapat yang sangat kuat terhadap apa yang mereka anggap sebagai salah dan benar, dan apa yang mereka rasa perlu di praktikan oleh masyarakat luas. Kadangkala nilai-nilai ini bisa bertentangan dengan pandangan umum di masyarakat, dan tidak selalu bisa diterima oleh beberapa orang, dan tidak sedikit membuta mereka dianggap kolot. (baca juga: Cara Menghilangkan Sifat Egois)

5. Tidak Berpihak ke Satu Sisi

Pribadi berwibawa tidak suka dipaksa memihak salah satu sisi atau ideologi. Mereka punya banyak pertimbangan dan opsi untuk dianalisis sebelum akhirnya memutuskan apakah sesuatu layak atau tidak, benar atau salah, dan sebagianya. (baca juga: Cara Bersikap Tenang)


6. Tidak Mudah Mempercayai Orang

Ciri yang satu ini bisa dianggap sebagai salah satu sisi negatif dari kepribadiaan yang berwibawa. Karena nilai moral yang tinggi berikut prinsip yang kokoh mereka tidak mudah mempercayai orang dan cenderung skeptis terhadap nilai-nilai dan pemahaman baru. Banyak dari mereka yang menganggap orang lain dengan pemahaman yang berbeda sebagai ancaman dan kurang baik.

7. Berprinsip

Salah satu ciri pribadi berwibawa yang paling menonjol adalah prinsipnya yang kokoh, baik prinsip kemanusiaan maupun kewajiban, dan sebagaianya. Prinsip tersebut dapat boleh jadi tidak sejalan dengan pandangan umum di masyarakat tapi tidak membuat mereka lantas berkecil hati atau mengubah prinsipnya agar sejalan dengan kepentingan kelompok tertentu.

Baca juga:

8. Perkataan Sejalan Dengan Perbuatan

Orang berwibawa tidak asal bertindak dan mengatakan sesuatu, dan konsisten dengan apa yang mereka katakan Perkataan mereka selalu sejalan dengan perbuatan, maka dari itu mereka juga merupakan pribadi yang bisa diandalkan. Mereka yang berwibawa juga selalu menaati janji dan jarang mengecewakan orang lain yang meminta bantuan. Tidak ada istilah bagi orang berwibawa untuk menipu lewat tindakan dan perbuatan demi mencapai tujuan tertentu.

9. Cenderung Kaku

Seperti pembahasan di poin sebelumnya, karakter berwibawa cenderung memiliki dualisme moralitas, antara benar dan salah terhadap suatu nilai tertentu dan praktinya pada kehidupan di masyarakat luas. Bisa dikatakan hal ini merupakan salah satu kekurangan dari pribadi berwibawa. Mereka cenderung menolak ide dan gagasan yang tidak sesuai dengan prinsip dan nilai moral yang dianut dan jarang mau mencoba ide atau konsep baru.

Oleh karena itu, kebanyakan pribadi berwibawa sering dianggap kaku dan kolot terutama oleh generasi yang lebih terbuka pada ide-ide dan konsep-konsep baru. Kebanyakan juga mengangaap bahwa nilai tertentu harus dianut oleh masyarakat, dan tidak sedikit hal ini menimbulkan konflik. (baca juga: Cara Mengatasi Amarah)

10. Rendah hati

Orang berwibawa tidak suka pamer dan jauh dari perilaku sombong. Mereka tidak merasa dirinya penting kemudian meremehkan orang lain. Mereka yang berwibawa menganggap semua orang punya hak dan kewajiban yang sama dan harus dieperlakukan sama rata. Orang-orang berwibawa punya pemikiran cerdas dan bijak tapi tetap rendah hati. (baca juga: Ciri-ciri Orang Sombong)

11. Taat Hukum

Prinsip dan nilai moral yang tinggi menjadikan salah satu karakter utama kewibawaan sebagai pribadi yang taat serta menghormati hukum dan aturan. Mereka menganggap mentaati hukum berdampak baik bagi kemanusiaan dan setiap orang juga perlu menganut prinsip yang sama. Orang berwibawa takut melanggar hukum dan aturan karena dianggap tidak etis dan dampaknya dapat membahayakan orang lain. (baca juga: Cara Merubah kepribadian)

12. Mau Mendengarkan Orang Lain

Pribadi berwibawa adalah pendengar yang baik, maka dari itu banyak orang yang merasa nyaman berbicara dan mengutarkan pendapat dengan mereka, bahkan terlibat dalam debat positif. Mereka tidak suka menjatuhkan orang lain semata-mata karena perbedaan pandangan hidup. Orang berwibawa menghargai setiap pendapat dan pemikiran orang lain meskipun nilai-nilai yang mereka anut cenderung kaku. (baca juga: Keuntungan Banyak Teman)

13. Tidak Suka Gosip

Menghabiskan waktu untuk menggunjingkan orang lain dan membicarakan hal-hal yang remeh bukan karakteristik pribadi berwibawa. Mereka tidak sibuk dengan update status di media sosial hanya untuk menarik perhatian orang lain. Kalaupun diantara mereka aktif menggunakan media sosial, kebanyakan hanya menulis hal-hal yang penting saja dan ada manfaatnya, seperti pendapat mereka terhadap suatu permasalahan, dan sebagainya.

Orang berwibawa sering menghabiskan kebanyakan waktunya dengan membaca atau mengikuti perkembangan berita untuk menambah pemahaman mereka tentang kehidupan.

Baca juga :

14. Jiwa Sosial Tinggi

Suka menolong adalah ciri dan karakteristik lainnya yang menonjol dari pribadi berwibawa. Orang-orang berwibawa sering aktif dalam kegiatan sosial dan sangat suka memberikan konstribusi positif di masyarakat, bahkan banyak diantaranya bergabung kedalam grup kemanusiaan. Mereka percaya bahwa menolong orang lain adalah kewajiban yang harus dialkukan atas dasar nilai moral dan prinsip yang meraka anut. (baca juga: Cara Membuat Hati Ikhlas)

15. Berjiwa Pemimpin

Sikap kepemimpinan dan kewibawaan saling terkait satu sama lain. Salah satu sarat utama sebagai seorang pemimpin adalah memiliki wibawa, oleh karenanya mereka yang memiliki kewibawaan tidak jarang ditunjuk menjadi pemimpin. Pribadi berwibawa cenderung memiliki harapan untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Banyak diantaranya yang ingin menyalurkan pandangan tersebut lewat praktik kepemimpinan.

Itu dia beberapa ciri dan karakteristik dari pribadi berwibawa. Ciri dan karakteristik diatas bisa Anda jadikan sebagai pemahaman dan acuan untuk meningkatkan diri menjadi pribadi yang bijak dan berwibawa. Semoga bermanfaat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 24th, July 2017 / 05:13 Oleh :
Kategori : Dewasa