Kenali 7 Penyebab Takut Berlebihan Terhadap Sesuatu

Rasa takut muncul secara alamiah dari dalam diri setiap orang dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Dan adanya rasa takut merupakan suatu hal yang normal terjadi. Namun yang tidak normal itu adalah ketika rasa takut itu terjadi secara berlebihan sehingga dapat mengganggu kehidupan seseorang. Rasa takut muncul ditandai dengan rasa cemas, khawatir atau panik yang membuat detak jantung seseorang menjadi tidak karuan karenanya.

ads

Membiarkan rasa takut yang berlebihan di dlaam diri sangatlah tidak baik dan bisa menghambat pengembangan diri kita. Bagaimana tidak? Orang yang sering mengalami ketakutan berlebihan akan menjadi sulit untuk melakukan banyak hal yang membutuhkan keberanian dan mental yang kuat. Rasa takut dalam diri itu bisa dikendalikan namun harus diketahui dulu penyebab munculnya rasa takut tersebut agar bisa diatasi dengan tepat. Untuk itu simak 7 penyebab takut berlebihan berikut ini.

  1. Pengalaman yang traumatis.

Rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu bisa saja terjadi pada seseorang akibat adanya pengalaman yang meninggalkan rasa trauma dalam diri seseorang dan membekas dalam ingatannya yang terbawa hingga ke masa depan. Mungkin saja pengalam itu membuat seseorang berada dalam ambang ketakutan yang besar sehingga menimbulkan goncangan dalam jiwanya pada saat itu. Sehingga setiap kali ada sesuatu hal atau peristiwa yang mengingatkannya pada situasi di masa lalu ia akan menjadi takut secara berlebihan. Rasa takut itu datang dengan sendirinya dan tidak bisa dikontrol oleh yang mengalaminya tersebut. Nah bagi orang tua yang terlalu keras dalam mendidik anak, bahaya menampar anak salah satunya bisa menimbulkan trauma pada anak sehingga bisa membuat anak merasa takut yang berlebihan terhadap orang tuanya atau rasa takut untuk melakukan banyak hal karena trauma dimarahi orang tuanya.

  1. Mental yang lemah.

Orang yang memiliki mental lemah akan dengan sangat mudah merasakan takut terhadap sesuatu. Rasa takut itu muncul karena mentalnya tidak begitu kuat menghadapi hal-hal yang tidak biasa ia hadapi atau keadaan yang bisa menimbulkan kepanikan dalam dirinya. Orang yang bermental lemah tidak akan kuat menghadapi situasi yang mencekam dan ia akan memilih untuk tidak terlibat dalam situasi tersebut bahkan memilih untuk menghindar saja. Kamu yang bermental lemah dan mudah cemas akan sesuatu perlu untuk mengetahui cara menguatkan mental yang lemah.

  1. Menderita penyakit Anxienty Disorder.

Seseorang yang mengidap penyakit Anxienty Disorder memang akan sangat mudah mengalami ketakutan dan kecemasan yang berlebihan terhadap sesuatu yang merupakan salah dari penyakit ini. Penyakit ini termasuk pada kelainan atau gangguan mental yang menyerang seseorang. Orang yang menderita penyakit ini akan mudah panik dan khawatir bahkan bisa membuat penderitanya mengalami lumpuh karena rasa takutnya yang sangat berlebihan.

  1. Stres dan tekanan.

Tekanan yang dialami seseorang hingga membuat ia merasa stres juga bisa memicu seseorang untuk menjadi mudah takut. Apalagi jika tekanan itu membuat dirinya merasa terancam yang menimbulkan keresahan dalam jiwanya. Stres juga bisa membuat emosi seseorang menjadi tidak stabil seperti mudah khawatir, cemas berlebihan, mudah panih dan merasa tidak nyaman yang semuanya itu tidak bisa ia kontrol. Lebih baik ketahui cara menenangkan diri saat panik agar kamu bisa lebih tenang dalam menghadapi banyak situasi yang tidak terduga.


  1. Memiliki sifat penakut.

Hal lain yang membuat seseorang merasa takut secara berlebihan adalah karena memang ia memiliki sifat yang penakut. Sifat penakut yang dimilikinya membuat ia menjadi tidak berani untuk menghadapi hal-hal baru yang belum pernah ia lihat, temukan dan rasakan. Sifat penakut ini biasanya juga diiringi dengan mental yang lemah. Kamu yang memiliki sifat penakut harus tahu cara menghilangkan rasa takut dari dalam diri terhadap banyak hal.

  1. Terperangkap dengan pikiran negatif.

Memikirkan kemungkinan buruk yang bisa dialami selama melakukan sesuatu sebenarnya sangat bagus untuk meningkatkan kewaspadaan kita. Namun memikirkan hal-hal negatif seperti itu malah bisa berbalik membuat kita menjadi takut membayangkannya. Jika terlalu banyak memikirkan hal-hal buruk malah membawa diri kita sendiri hanyut dengan ketakutan-ketakutan dan membuat kita berpikir ‘Bagaimana jika hal itu benar-benar datang?’. Jadi selalu berpikiran buruk terhadap segala sesuatunya ya.

  1. Krisis kepercayaan diri.

Terlalu takut untuk dilihat banyak orang atau terlalu takut dengan berbagai komentar orang lain menandakan bahwa diri kita sedang mengalami krisis kepercayaan diri. Kepercayaan diri yang sangat kurang membuat kita menjadi tidak memiliki keberanian untuk melakukan banyak hal yang berhubungan dengan orang lain. Cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu adalah dengan membiasakan diri dengan hal yang ditakutkan tersebut hingga terbiasa. Krisis ini biasanya akan dirasakan pada saat kita harus berhubungan dengan banyak orang atau akan menjadi pusat perhatian bagi banyak pasang mata.

Itulah penyebab rasa takut secara berlebihan yang dialami seseorang. Setelah mengetahui penyebabnya banyaklah belajar cara menghilangkan rasa takut dan mengendalikannya agar kamu tidak terlalu mudah panik.

, ,