Buruknya 8 Dampak Orang Tua Pilih Kasih Terhadap Anak

Meski sama-sama anak yang dilahirkan sendiri dan anak yang berasal dari darah dagingnya sendiri, ada juga orangtua yang cenderung pilih kasih kepada anak-anaknya. Beberapa faktor bisa menjadi penyebab orang tua pilih kasih kepada anaknya. Misalnya saja perilaku anak yang berbeda, paras anak yang berbeda, kepintarannya, atau dari sisi lainnya yang menyebabkan orang tua jadi berat sebelah.

Tentu saja ada dampak orang tua pilih kasih pada anak-anaknya. Pastinya ini adalah dampak yang tidak baik sehingga harus dihentikan jika tidak menginginkan hubungan anak dan orang tua menjadi buruk. Apa saja dampak yang bisa terjadi jika orang tua pilih kasih pada anak-anaknya? Di simak ya.

1. Anak merasa tidak berharga dan tidak berarti

Hal pertama yang dirasakan anak yang kurang menjadi perhatian dari orang tuanya adalah menjadi merasa tidak berharga dan berarti dimata orang tuanya. Ia terpuruk dalam kebingunannya sendiri terhadap sikap orang tuanya yang lebih berat kepada adik atau kakaknya sendiri.

2. Tidak bahagia

Kedua, ia tidak akan merasa bahagia dalam menjalani hidup. Ia akan terus terjebak dalam pertanyaan “Apa yang membuat dirinya berbeda?” “Kenapa ayah dan ibunya kurang peduli padanya?’” “Dimana letak kesalahannya dan apa kekurangannya?” dan beribu pertanyaan lainnya yang tidak mampu ia jawab sendiri. Tentu saja hal ini juga bisa jadi penyebab anak durharka terhadap orang tuanya dan penyebab anak melawan orang tuanya.

3. Tidak nyaman berada ditengah keluarganya sendiri

Dampak orang tua pilih kasih pada anak berikutnya adalah anak yang kurang diperhatikan akan merasa tidak nyaman dalam keluarganya sendiri. Ia akan merasa dikucilkan dan merasa sendiri karena tidak memiliki tempat untuk mengadu hingga merasa tidak ada orang dalam keluarga yang bisa ia percaya. Justru orang tuanya sendirilah yang memudarkan rasa kepercayaannya itu

4. Cemburu yang memicu kebencian

Perlu diperhatikan oleh orang tua bahwa dampak orang tua pilih kasih pada anak-anaknya juga bisa memicu rasa cemburu anak pada saudaranya sendiri. Sikap orang tua yang tidak adil ini membuat anak cemburu hingga memupuk perasaan benci pada saudaranya sendiri. Sehingga hubungan mereka juga menjadi tidak akur. Pastinya ini adalah hal yang buruk yang perlu orang tua sadari agar tidak lagi pilih kasih pada anak.

5. Perasaan benci pada orang tua sendiri

Tidak hanya merasa cemburu, namun juga berdampak pada hubungan orang tua dan anak yang menjadi buruk. Dimana anak juga bisa menjadi benci pada orang tuanya sendiri karena selalu berat sebelah. Sementara dirinya selalu harus mengalah dan bersabar layaknya anak yang tidak diinginkan. Bukankah ini dampak yang terburuk bagi orang tua?

6. Mencari pelarian sendiri

Dampak orang tua pilih kasih pada anak yang paling fatal adalah ketika anak merasa benar-benar sendiri dan mencari pelarian yang bisa membuatnya merasa nyaman dan diterima. Kebanyakan, anak-anak yang kurang mendapat perhatian dan kasih sayang orang tua karena alasan apapun akan melarikan diri lingkungan yang negatif. Dimana mereka bisa merasa diterima dan dianggap keberadaannya. Sementara peran ibu dalam keluarga sangatlah penting dalam memberikan kasih sayang.

7. Emosi dan prilaku yang tidak terkendali

Bagi sebagian anak, bisa berdampak pada ketidakstabilan emosi dan perilaku mereka yang dipengaruhi juga oleh kondisi psikologis. Seringkali jika hal ini terjadi orang tua akan menyalahkan anak karena dianggap tidak mau atur. Sementara orang tua sendiri tidak sadar bahwa sikap merekalah yang menjadi akar dari prilaku anak yang tidak terkendali ini. Namun selain itu penyimpangan prilaku ini juga kerap terjadi akibat perceraian orang tua.

8. Kesehatan mental yang buruk

Dari hasil penelitian dari tim peneliti di University of Rochester, dan University of Toronto, McMaster University, di dapatkan bahwa anak-anak yang menjadi korban dari orang tua yang pilih kasih adalah terjadinya gangguan kesehatan mental pada anak.

Ironisnya gangguan ini bisa berdampak atau berlangsung seumur hidup. Begitulah pentingnya peran orang tua dalam membangun kesehatan mental anak sehingga orang tua bertanggung jawab untuk memberikan kasih sayang sama dan adil pada anak.

Itulah 8 dampak orang tua pilih kasih pada anak yang penting sekali untuk diketahui agar nantinya tidak menyesal. Jangan sampai ada anak kesayangan diantara anak-anak yang dimiliki karena semuanya sama-sama darah daging sendiri. Penting juga untuk mengetahui ancaman bagi suami yang tidak adil pada anak-anaknya dan cara menghadapi mertua yang pilih kasih pada anak-anak dan menantunya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Orang Tua