Inilah 7 Dampak Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ibu

Ibu yang menjadi sosok malaikat bagi anak-anaknya ternyata juga bisa menjadi sosok yang tidak berarti dimata anaknya. Ibu juga dilihat sebagai orang tua yang paling dekat dan paling pengertian dimata anak-anaknya, namun sebagian anak tidak merasakan hal yang demikian. Dimana ini akan terjadi pada anak-anak yang kurang mendapat kasih sayang dari ibunya, dengan kata lain anak yang merasa diabaikan oleh ibunya.

ads

Terutama pada anak perempuan, dimana ia tumbuh dengan menjadikan ibunya sebagai panutan utama. Namun bagi anak perempuan yang kurang kasih sayang ternyata bisa memberikan sisi negatif bagi pribadi dan kehidupannya. Berikut adalah dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu yang perlu diketahui orangtua.

1. Cenderung negatif menyikapi suatu hubungan

Hal pertama yang bisa terjadi pada anak perempuan yang kurang mendapat kasih sayang seorang ibu adalah ia akan hidup dan tumbuh dengan prilaku yang cenderung negatif. Dimana ia memiliki penilaian yang kurang baik terhadap seorang ibu atau perempuan. Hal ini juga akan berdampak buruk pada hubungan sosialnya. Dimana ia juga akan sulit untuk menerima banyak hal yang berkaitan dengan peran seorang ibu atau wanita.

2. Kesulitan mengambil peran seorang ibu

Seorang anak perempuan pastinya akan menjadi seorang ibu juga. Dua hal yang mungkin terjadi pada anak perempuan saat menjadi ibu ialah, berjanji tidak akan berperilaku sama dengan ibunya yang tidak memberikan kasih sayang selayaknya seorang ibu, atau malah cenderung meniru kesalahan yang dilakukan ibunya.

Namun apapun yang terjadi dan dilakukan anak perempuan itu kelak, ia akan kesulitan dalam mengambil perannya sebagai ibu yang baik untuk anaknya karena ia telah kehilangan figur seorang ibu dan bahkan tidak merasakannya.

3. Memiliki mental tidak sehat dan tidak percaya diri

Hal ini dipengaruhi oleh tidak adanya peran ibu yang berarti bagi si anak dimasa kecil dan remajanya dimana saat itu sangat membutuhkan peran seorang ibu. Anak akan tumbuh menjadi seseorang yang tidak percaya diri dan minderan karena merasa diabaikan ibunya.

Sementara dirinya melihat dengan jelas bagaimana teman-temannya mendapat kasih sayang dan dukungan penuh dari ibunya yang ia sendiri tidak merasakannya. Padahal cara agar percaya diri dan cara mendidik anak yang tepat adalah dengan dukungan dan perhatian penuh orangtua.

4. Sulit menentukan batasan dalam membangun hubungan

Dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu lainnya saat ia tumbuh dewasa adalah ia akan sulit menentukan batasan yang tepat dalam membangun suatu hubungan. Dimana ia bisa merasa terlalu takut untuk disakiti dan diabaikan orang lain sehingga menjadi sangat bergantung pada teman atau pasangannya. Bisa juga ia menjadi terlalu mandiri dan arogan seakan tak membutuhkanorang lain disisinya walau pun ia sendirinya sangatlah rapuh.

5. Kurang menghargai diri sendiri

Anak perempuan yang tidak mendapat cukup perhatian dari ibunya juga nantinya akan sulit untuk menghargai dirinya sendiri. Saat ia mendapat perlakuan buruk ia malah menganggap hal tersebut pantas ia dapatkan. Lantaran ibunya sendiri pun tidak pernah menghargainya sebagaimana seharusnya. Pentingnya kasih sayang seorang ibu adalah cara menghindari pergaulan bebas dari kehidupan anak.

Ia pun juga menjadi sulit untuk percaya pada dirinya dan kemampuannya sendiri walaupun sesungguhnya ia benar-benar melakukannya dengan baik. Lantaran selama ini ia tidak merasakan suatu dukungan, dorongan dan apresiasi dari seorang ibu yang harusnya menjadi kenangan manis dalam hidupnya.


6. Cenderung jadi pendendam

Jika anak perempuan tumbuh tanpa cukup kasih sayang ibunya alisa cenderung merasa diabaikan oleh ibunya, maka kemungkinan besar ia akan tumbuh menjadi anak yang pendendam. Terutama perasaan dendam kepada ibunya sendiri karena telah mengabaikannya, menyianyiakannya dan tidak merangkulnya dengan kasih sayang seperti sepatutnya yang diberikan oleh seorang ibu.

7. Mudah dimanipulasi perasaannya oleh lawan jenis

Berikutnya dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu yang bisa terjadi adalah perasaannya menjadi rapuh dan mudah dimanipulasi orang orang lain, terutama lawan jenis. Seorang anak yang kurang kasih sayang akan haus dan mencari kasih sayang dari orang lain.

Selain teman adalah lawan jenis sehingga ia sangat mengandalkannya. Hal ini membuatnya menjadi mudah untuk dipermainkan perasaannya. Ini juga bisa menyebabkan anak kesulitan dalam cara memilih pendamping hidup yang baik dan tepat.

Itulah 7 dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibunya yang harus diketahui. Selain itu kekurangan kasih sayang pada anak juga merupakan dampak perceraian terhadap anak dan dampak broken home terhadap pada anak. Selain itu kurang kasih sayang juga jadi penyebab anak melawan orang tua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak