Cabe Cabean – Pengertian – Jenis – Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya

Cabe, apasih yang kalian ketahui tentang cabe ? mungkin sebagian dari orang tidak asing dengan yang namanya cabe, cabe merupakan bumbu dapur yang bermanfaat untuk memberi rasa pedas pada suatu makanan atau masakan. Namun apakah sama jika istilah ini adalah “cabe-cabean” ? tentu tidak, mari kita mengenal sedikit banyakk tentang cabe-cabean, agar kita tidak terjebak dan terbujuk rayu denangan cabe-cabean. Perlu diketahui bahwa cabe-cabean bukanlah cabe yang digunakan untuk menambah rasa pedas. Mari kita lihat apa itu cabe-cabean

ads

Pengertian cabe-cabean

cabe-cabean adalah istilah yang digunakan untuk menjuluki anak yang masih dibawah umur tetapi mereka rela untuk menjual dirinya, sebenarnya tidak seekstrim itu, tetapi untuk lebih singkatnya adalah perempuan remaja yang membiarkan dirinya unntuk dinikmati pria yang belum menjadi makhramnya, meskipun tidak sampai menjual dan mempertaruhkan seksnya, paling tidak orang yang disebut cabe-cabean ini adalah yang membiarkan dirinya disentuh oleh pria lain.

Penyebab orang ikut cabe-cabean

  1. Faktor adanya media – Media masa sangat berpengharuh dengan psikologis anak, dengan media masa yang selalu menampilkan hal-hal buruk atau pornografi membuat anak menjadi penasaran dan bukan tidak mungkin anak akan melakukan hal tersebut pula.
  2. Faktor keluarga – Keluarga merupakan pembentukan karakter awal pada anak, jika dalam keluarga saja sudah tidak dididik dengan baik maka besar kemungkinan anak akan terkena dan ikut-ikutan dengan komunitas cabe-cabean ini
  3. Faktor lingkungan – Pengarauh factor lingkungan adalah teman, seperti yang telah dijelaskan diatas, teman yang baik akan membawa pengaruh yang baik dan teman yang buruk akan membawa pengaruh yang buruk, begitu pula dengan lingkungan
  4. Faktor peran negara – Negara sangat berperan untuk membentuk masyarakat di negaranya, jika negara saja tidak tegas untuk menindak lanjuti setiap kasus yang ada di negara itu bukan tidak mungkin masyarakatnya akan hancur.
  5. Faktor pendidikan – Hal ini sangat mempengaruhi dari kemauan anak untuk belajar menjadi lebih baik, jika dalam pendidikan tidak disampaikan dan di galakan mengenai karakter anak bangsa, bukan tidak mungkin orang yang berpendidikanpun melakukan dan ikut-ikutan cabe-cabean.

Dari ke 5 faktor itulah anak dapat terjerumus menjadi cabe-cabean, padahal sudah kita ketahui bahwa cabe-cabean sangat meresahkan negara, apalagi karena adanya cabe-cabean moral negara semakin rusak, ini disebabkan karena semakin sedikitnya ajaran moral dan pentingnya menjaga diri dari ke lima factor diatas. Banyak fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat Indonesia yang tentunya sudah meresahkan masyarakat Indonesia sendiri. Ada beberapa contoh kasus cabe-cabean yang akan dirangkum di bawah ini

Jenis jenis Cabe-cabean

Sedangkan untuk jenis cabe-cabean ada beberapa macam yaitu cabe ijo, cabe merah dan cabe oranye. Adapun penjelasan masing masing cabe sebagai berikut ”

1. Cabe ijo

Cabe ijo merupakan cabe-cabean anak dibawah usiah dewasa, sekitar 14 sampai 17 tahun, pada cabe ijo ini, adalah mereka yang masih sekolah di bangku SMA, cabe ijo memang jarang ditemui di jalan-jalanan, cabe ijo lebih banyak ditemui di tempat-tempat nongrong besar, karena cabe ijo merupakan jenis cabe-cabean yang kelas paling tinggi, cabe ijo biasanya hanya mau menyerahkan dirinya dengan orang yang tentu sudah mereka kenal entah itu mengeal mereka dari media apapun.

Cabe ijo juga merupakan cabe-cabean yang bertarif mahal. Cabe ijo tentunya mempunyai kreteria tersendiri untuk menyerahkan harga dirinya keorag lain. Cabe ijo juga merupakan jenis cabe-cabean yang cukup aktif di media sosial. Tarif untuk cabe ijo ini juga relatif mahal dan tidak mudah didapatkan.

2. Cabe merah

Cabe merah merupakan cabe-cabean yang memiliki usia 16 sampai 19 tahun. Pada cabe merah ini lebih berani menonjolkan bentuk tubuhnya, biasanya dengan menggunakan pakaian yang ketat, atau pakaian yang mini. Pada golongan cabe merah ini merupakan golongan cabe yang relatif mudah dicari dan biasaya ada di klub-klub. Untuk melakukan transaksi dengan cabe merah pun lebih mudah ketimbang melakukan transaksi dengan cabe ijo tadi.

3. Cabe oranye

Cabe oranye merupaka cabe-cabean yang dikelas bawah, biasanya cabe oranye ini lebih mdah ditemui, karena cabe oranye akan lebih kerap ditemui di jalan-jalan. Cabe oranye adlah mereka anak-anak usia remaja yang pergaulannya bebas, pada cabe oraye ini biasanya juga mengikuti ajang-ajang balap liar atau menarik perhatian orang-orang yang berada di jalan tentunya dengan menggunakan pakaian yang cukup mini dan sexy, dengan begitu orang-orang yang ada dijalan-jalanan itu akan mudah terkait dan tertarik denga cabe-cabean jenis ini. Cabee-cabean jenis ini juga bukan termasuk cabe-cabean yang bertarif mahal. Karena cabe-cabean jenis ini dapat ditemukan dimanapun dan kapanmu, terutama didekat tepat nogrong para ccowok.

Cabe-cabean kali ini bukan lagi merupakan hal yang langka, cabe-cabean kali ini sudah sangat merajalela baik di didunia nyata ataupun di dunia maya. Cabe-cabean saat ini sudah mulai banyak sekali. Saat ini banyak anak yang merelakan harga dirinya untuk seseorang, ada juga yanng menghambur-hamburkan uangnya hanya untuk bergaya-gayaan saja, dan untuk membeli pakaian-pakaian yang mini yang mampu menarik orang lain agar terpesona melihatnya.

Ciri-ciri Cabe-cabean

Ada beberapa ciri-ciri yang menonjol yang bisa dilihat apakah anak wanita itu merupakan cabe-cabean atau bukan. Anak wanita yang tergolog cabe-cabean merupakan ciri-ciri berikut

  1. Menggunakan foto editan – Cabe-cabean biasanya sudah menjadi keharusan bila dalam hpnya terdapat kamera yang dapat membuat hasil fotonya menjadi lebih cantic seprti b12, dan C630 dan lain sebagainya, hal ini dimaksudkan agar diri mereka lebih terlihat menarik bila fotonya itu diposting di media media sosial, hingga para pria pun akan menccarinya dan menggodanya. Selain itu cabe-cabean biasanya juga menggunakan baju-baju yang ketat ketika akan foto, entah itu melihatkan sedikit hal yang tersembunyinya, melihatkan keseksian bagian belakangnya, atau juga memperlihatkan pahanya. Dan lain sebagainya yang memungkinkan untuk menarik perhatian para pria.
  2. Menggunakan pakaian mini dan ketat – Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian para pria, selain itu, biasanya cabe-cabean menggunakan pakaian ini untuk memperlihatkan betapa elok dan bagusnya tubuh mereka, meskipun kadang menurut orang lain tidak menarik tetapi tentu dia akan merasa dirinya cantic dan sexy.
  3.  Menggunakan bahel gigi – Maksudnya adalah menggunakan behel gigi yang hanya digunakan untuk gaya-gaya saja, bukan karena kebutuhan untuk merapikan gigi giginya, bila anak wanita yang menggunakan behel gigi untuk merapikan giginya ini sudah beda cerita, biasanya cabe-cabean menggunakan behel gigi untuk memperindah senyumnya, atau agar giginya lebih berwarna hingga menjadi lebih menarik dan lain sebagainya. Entah apa yang mereka fikirkan.
  4. Selalu menggunakan make up – Ini bukan hanya untuk cabe-cabean sebenarnya, Karena hal wajar ketika wanita selalu membawa make up kemanapun mereka pergi, hal ini bermaksud agar dirinya selalu terlihat segar dan tidak kusam, tetapi untuk make-up bagi cabe-cabean ini biasanya menggunakan make-up yang berlebihan, bedak berlebihan, ayeliner berlebihan, bulu mata dan sebagainya yang mungkin menurut mereka untuk mempercantik diri mereka.
  5. Bonceng 3 atau 4 dalam motor – Biasanya cabe-cabean melakukan boncenga 3 sampai 4 dijalan, tentunya juga menggunakan pakainan yang mini dan ketat itu, hal ini salah satunya bertujuan untuk menarik perhatian orang-orang disekitarnya sehingga mereka akan melihat Kediri cabe-cabean ini, fikirnya mungkin ada diantara mereka yang akan menjadi santapan empuk untuk para cabe-cabean ini.
  6. Senang mengganggu lalu lintas – Tentu saja cabe-cabean akan mengganggu lalu lintas, bagaimana tidak, naik motor saja sudah bonceng dua atau tiga, selain itu terkadang cabe-cabean juga akan lebih sering pacaran dijalan, missal di dekat jembatan, di taman dan ditempat lainya. Tentunya ini akan menggaggu konsentrasi masyarakat yang sedang berkendara.
  7. Rok selalu pendek – Tak jarang akan ditemui orang yang tergolong cabe-cabeana kan menggunakan rok mini atau pendek, biasanya menggunakan rok diatas dengkul atau bila tidk menggunakan rok mini pastilah ia menggunakan celana yang ketat, seperti celana jin, atau lejin, yang tentnya celana ini sangat membentuk setiap lekuk tubuhnya.
  8.  Bicara kasar – Cabe-cabean cenderung selalu berkata kasar, tak hanya itu cabe-cabean juga akan sering melontarkan kata-kata yang tidak pantas, kata-kata yang buruk
  9. Maling teriak maling – Maling teriak maling, ya inilah yang sering dilakukan oleh cabe-cabean. Biasanya cabe yang mungkin pacarnya diambil sama cabe yang lain bahwa orang yang mengambil itu adalah cabe-cabean brensek atau apalah, padahal dirinya sebenarnya juga cabe-cabean
  10. Menipu diri sendiri – Maksudnya disini adalah, padahal ada kalanya cabe tidak memilikki uang atau materi untuk memenuhi kebutuhannya, tetapi ia tetap memaksakan untuk memenuhi kebutuhannya, dan inilah yang menjadi masalah, karena bisa jadi mereka malah akan menjual dirinya.
  11. Senang pacaran ditempat umum – Cabe-cabean biasanya akan sering pacaran ditempat yang umum, bisa di setiap jalan, ditempat tongkrong, di kafe, di taman, di kebun, di tempat wisata, atau di mana saja yang mereka sukai. Tentu hal ini akan mengganggu masyrakat yang lainnya
  12. Senang mengagnggu cowok – Cabe-cabean pasti senang menganggu cowok, karena memang ini lah tujuan dari cabe-cabean menggait semua cowok yang menurutnya cocok untuk dirinya. Akan banyak cara yang dilakukan oleh cabe-cabean ini untuk mendapatkan apa yang diinginkannya
  13. Senang nogkrong ditempat perkumpulan cowok – Tak lain tak bukan tujuan dari ini semua adalah untuk menarik perhatian cowok tersebut, kadang cabe juga akan ikut bergabung dengan cowok cowok, ibaratnya menjadi sudah tidak ada sekat antara cowok dan cewek.
  14. Pakaian menonjolkan bentuk tubuh – Missal menonjolkan hal yang tersembunyi, bentuk lekuk tubuh, dan bagian belakang dan lain sebagainya yang tentu menarik menurut mereka
  15. Up date di sosial media – Yang tak kalah adalah cabe-cabean pasti selalu up date status, mulai dari selalu ganti foto profil, foto sampul, dp BBM, WA, dll sampai up date statu apa yang sedang mereka lakukan saat ini.
  16. Berasa catik – Cabe-cabean akan merasa dirinya cantic dan paling cantic itulah sebabnya mereka selalu berusaha untuk menggoda setiap pria yang ada
  17. Ngomong sok gaul – Biasanya anak-anak cabe-cabean ini akan berbicara sok gaul, kadang sampai tidak mengerti aturan dalam berbicara, yang lebih berbahaya adalah ketika berbicara hal tersebut malah dengan orang yang lebih tua
  18. Pamer apa yang dimiliki – Cabe-cabean cenderung memamerkan apa yang sedang mereka miliki saat ini, bila mereka sedang memiliki hape baru mereka akan memamerkan kepada yang lain, termasuk ketika memiliki pacar baru dan lain sebagainya, ganti ganti pasangan atau pacar adalah kebangaan tersendri bagi cabe-cabean ini.
  19. Bahasa sms atau sosmed lebay – Bahasa di sosmed juga akan lebai, ibaratnya tulisan di sosial media, sms dan lain sebagainya akan lebih sulit dibaca.
  20. Kurang setia – Tentu saja cabe-cabean akan kurang setia, karena cabe-cabean pasti akan lebih sering berganti-ganti pacar, karena bagi merekka banyak pacar adalah hal yang membanggakan.
  21. Mirip prangko – Maksudnya adalah, diimanapun ia berada dengan pacaran pasti ia akan selalu nempel dengan pacarnya itu, ibaarat seperti perangko dan suranya, selalu menampel tidak dapt dipisahkan.

]Nah, itu merupakan ciri-ciri dari orangn yang merupakan cabe-cabaan, semoga anda bukan termasuk dalam ciri-ciri itu, dan untuk anda para pria semoga tidak salam pilih cewek, jangan sampai memilih cewek cabe-cabean pilihlah cewek yang setia dan baik hati, selain para cowok untuk para cewek juga harus hati-hati jangan sampai terkena atau terjerumus oleh pergaulan cabe-cabean ini sehingga diperlukannnya cara memilih pacar yang baik dan benar, untuk itu kita harus mengetahui bagaimana caranya untuk menghindari orang-orang atau gadis gadis cabe-cabea ini agar diri kita tetap terlindungi.

Tips Menghindari Cabe-cabean

Ada beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk menghindari terjerumusnya kita kedalam pergaulan dan cap cabe-cabean itu, diantara tips tersebut adalah

  1. Menyibukan diri dengan hal yang positif – Dengan menyibukan diri kedalam hal yang positive berarti secara tidak langsung menghindari diri untuk berbuat hal-hal yang negative termasuk dengan mengikuti cabe-cabean, karena waktu kita sudah habis untuk melakukan hal-hal positive. (baca : aktivitas yang dilakukan ketika bosan)
  2.  Pilihlah teman yang baik – Teman memang akan membantu membawa ddampak pada diri kita, ibarat orang yang berteman dengan penjual minyak wangi maka ia akan terkena wanginya pula, dan sebaliknya.
  3.  Sadar diri menjadi baik – Harus memiliki kesadaran diri untuk selalu berbuat baik, menjadikan dirinya sebagai teladan untuk orang lain, dan merupakan tanggungjawab dari orang lain, sehingga tidak aka nada niatan untuk berbuat buruk
  4. Perbanyak membaca al quran – Al Quran merupakan salah satu kitab yang juga akan membantu seorang insan untuk menyibukan diri kedalam hal-hal yang baik, jika seorang insan sudah disibukan dengan hal-hal yang baik maka ia tidak akan pernah terjerumus ke hal yang buruk
  5. Perbanyak berzikir pada Allah – Perbanyak berzikir akan membantu menenangkan hati dan menenangkan fikiran sehingga ketika berfikir dan merasakan pun bisa sesuai dengan akal sehat.
  6. Hindari tempat-tempat kotor – Bukan tempat kumuh yang dimaksud disini, tetapi tempat-tempat yang biasa digunakan untuk berbuat sesuatu yang tidak baik. Atau berzina.
  7. Jangan sering keluar malam – Hal ini untuk menghindari agar anda tidak terjebak atau digoda pria pria lain, sehingga akan membuat diri anda selau terjaga, dan tidak akan menjadi korban untuk dilecehkan
  8. Jangan mudah terbawa arus teman – Teman memang mempengharui segala hal, anda boleh berteman dengan siapa saja, namun yang perlu anda ketahui adalah, anda harus memiliki batasan batasan ketika berteman, termasuk batasan dalam berprilaku agar tidak mudah terbawa arus oleh mereka
  9. Memiliki pendirian – Sama halnya seperti tidak mudah terbawa harus ini, setiap wanita harus memiliki pendirian, milikilah pendirian tidak mudah tergoda oleh bujuk rayu pria, milikillah pendirian tidak mudah terkena iming-imingan dari wanita cabe-cabean. Dengan begitu diri anda akan aman dari kasus cabe-cabean ini

Tips diatas dapat digunakan untuk menghindari diri sendiri terjerat dalam perangkap gadis cabe-cabean, dengan kita melakukan hal diaatas maka kecil kemungkinann kita akan ikkut-ikutan dengan gadis-gadis cabe-cabean. Karena sebenarnya cabe-cabean ini sangatlah berbahya, baik berbahaya untuk diri sendiri dan berbahaya bagi orang lain. Anda juga perlu mengetahui bahaya dari cabe-cabean ini.


Bahaya cabe-cabean

  1.  Mengganggu lalu lintas – Tentu saja akan mengaggu lalu lintas, bagaimana tidak, seorang yang menjadi cabe-cabean ini akan sering mengikuti balap motor liar, ataupun pacaran di tempat-tempat sembarangan sehingga akan menganggu lalu lintas.
  2. Hilangnya keprawanan – Meskipun tidak semua cabe-cabean memiliki bahaya seperti ini tetapi hampir beberapa cabe-cabean pasti rela untuk menyerahkan keprawanannya hanya karena beberapa jumlah uang, sungguh tragis sekali anak cabe-cabean ini
  3. Stress – Hal ini terjadi karena ada beberapa cabe-cabean yang tidak siap untuk mengandung anak dari hubungan gelap itu, sehingga anak aakn merasa stress dan terbebani.
  4. Membuat tubuh tidak sehat – Tentu saja tubuh menjadi tidak sehat, bahkan karena seringnya berhubungan seks aka nada kesempatan untuk tertularnya penyakit HIV/AIDS yang tentunya akan membuat diri menjadi tidak sehat, bahkan dapat berujung pada kematian
  5. Pergaulan bebas – Bagaimana tidak terjerumus kepergaulan bebas bila dimasa kecilnya saja sudah dibiasakan untuk menyerahkan dirinya kepada lelaki yang belum menjadi mukrimnya, tentu sangat berbahaya sekali bukan ? (baca :cara menghindari pergaulan bebas)
  6. Memalukan keluarga – Tak hanya diri sendrii yang malu, tetapi hal ini akan membuat keluarga menjadi malu, keluarga akan merasa tidak mampu mendidik anaknya sehingga anaknya menjadi cabe-cabean, dan tentunya akan merusak nama baik dari keluarga tersebut yang mengakibatkan keluarga akan malu selamnya sampai sang anak dapat mengembalikan harga diri keluarga
  7. Kecanduhan – Bukan kecanduhan narkoba atau minuman keras, tetapi kecanduhan untuk menyerahakn dirinya keorang lain. Hal ini karena dengan menyerahkan dirinya keorang lain itu mereka akan mendapatkan imbalan uang, sehingga hal ini bisa menjadikan perbuatan itu menjadi sebuah hobi, atau malah menjadikan hal ini sebagai pekerjaan.

Sangat berbahaya bukan bila kita terjerat kedalam cabe-cabean untuk itu sangatlah perlu kita menghindari yang namanya cabe-cabean bahkan jangan pernah mendekati sedikit pun atau malah mencoba-coba dengan kehidupan cabe-cabean. Tapi tak jarang anak sekarang terjerat oleh pergaulan cabe-cabean ini, banyak penyebab memang yang membuat anak untuk terjerat ke dalam penyakit cabe-cabean ini, adapun penyebab dari anak terkena dan terjerat dengan cabe-cabean adalah sebagao berikut

Kasus cabe-cabean

Kasus ini adalah kasus yang terjadi di kota Bekasi, saat itu ada beberapa anak yang berada di tempat yang gelap dan untungnya kepergok oleh beberapa warga disana, ungkap salah satu warga “ada anak yang tidak menggunakan celana 2 orang dan sedang memadu kasih sedagkan anak yang satunya hanya melihat saja”, sungguh tragis, anak-anak ini masih diusia 12, 15 dan 17 tahun. Mereka masih sangat kecil bila mengetahui hal-hal seperti itu. Tak disangka ternyata mereka adalah anak-anak yang putus sekolah, saat itu mereka diintograsi, karena tidak mengaku maka didatangkanlah orang tuanya. Setelah orang tua mereka didatangkan maka mereka pun mengakui kelakuannya itu, saking geramnya warga, akhirnya warga meminta orang tuanya untuk menikahkan mereka.

Kesimpulan

  • Adanya efek pergaulan bebas yang terjadi pada diri mereka, sehingga mereka kurang memperhatikan hal-hall yang akan merugikan mereka
  • Kurangnya pengawasan orang tua sehingga anak menjadi lalai
  • Efek lingkungan yang mendukung untuk berbuat hal demikian

Jadi untuk menghindari hal-hal tersebut sudah dijelaskan di atas pada poin tips menghindari cabe-cabean dengan demikian diharapkan anak dapat menyadari dan mampu menghindari dari terjerumusnya menjadi anak yang mengikuti cabe-cabean, selain itu orang tua juga diharapkan untuk lebih menjaga anaknya agar anak tidak terjerumus dan ikut-ikutan dengan komunitas cabe-cabean, karena hal ini tentu akan merugiakan orang tua dan bahkan anak itu sendiri. Mungkin ini yang dapat saya tuliskan mengenai cabe-cabean semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda untuk menghindari cabe-cabean.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 06th, April 2016 / 10:22 Oleh :
Kategori : Remaja