13 Cara Memotivasi Karyawan yang Efektif dan Efisien

Jalannya sebuah bisnis, usaha atau perusahaan tidak lepas dari peran karyawan yang telah ikut membantu dalam melancarkan kegiatan operasional perusahaan. Tanpa adanya karyawan yang bekerja dengan baik untuk kemajuan perusahaan, maka akan sulit bagi sebuah perusahaan untuk bisa menggerakkan roda perusahaan sendiri. Oleh karena itu, bagi anda yang juga memiliki karyawan dalam membantu usaha anda jangan sepelakan karyawan anda.

ads

Anda harus bisa memberikan motivasi kepada karyawan agar mereka turut senang dalam menyelesaikan tugasnya. Anda juga harus memperhatikan karyawan agar mereka bisa bekerja dengan baik bahkan bisa memberikan sesuatu yang lebih untuk usaha anda. Ada baiknya juga bagi anda untuk mengenalkan kepada karyawan anda cara yang dilakukan untuk dapat bekerja keras, pantang menyerah dan ulet. Demi untuk meningkatkan kinerja karyawan anda ada baiknya untuk menyimak beberapa cara memotivasi karyawan agar lebih giat dalam bekerja.

  1. Berikan hak karyawan sepenuhnya yang telah memenuhi tanggung jawabnya.

Sebagai karyawan mereka tentu memiliki hak dan kewajiban yang harus mereka terima dan jalankan. Sebagai atasan penuhilah hak-hak mereka dengan benar agar mereka terus tetap bersemangat dalam bekerja. Jika hak mereka tidak terpenuhi dengan baik tentu mereka juga akan bermalas-malasan dalam bekerja.

  1. Hargai para karyawan anda.

Mentang-mentang anda memiliki jabatan yang lebih tinggi dari karyawan jangan seenaknya memperlakukan dan memperkerjakan karyawan seenaknya saja. Mereka juga perlu dihargai agar mereka tidak merasa tertekan dalam bekerja. Jika anda ingin dihargai maka anda juga harus tahu cara menghargai orang lain juga.

  1. Jangan merendahkan karyawan.

Jangan juga anda merendahkan karyawan dengan sikap yang terlalu ‘bossy’ sehingga membuat karyawan anda merasa direndahkan. Hal ini akan membuat karyawan merasa tidak senang yang juga akan berpengaruh pada kinerja mereka.

  1. Tanggapi keluhan dan juga saran dari karyawan anda dengan baik.

Setiap saran dan keluhan yang disampaikan karyawan terimalah dan tanggapi dengan baik. Apa yang mereka sampaikan bisa anda pertimbangkan, dengan begitu karyawan anda akan merasa senang karena suara mereka juga di dengar dalam perusahaan.

  1. Sediakan bonus-bonus kejutan untuk karyawan anda ketika mendapat penghasilan lebih.

Bonus adalah hal yang paling signifikan bisa menambah semangat kerja para karyawan. Mereka akan bekerja lebih giat dikala hati merasa tenang. Sesekali tak ada salahnya jika anda menyisihkan sedikit penghasilan jika terdapat penjualan yang lebih dari biasanya untuk diberikan kepada karyawan sebagai bonus. Mereka pasti akan sangat senang dan semangat bekerja dan mereka pun akan ikut mendo’akan kesuksesan dan kemajuan anda.

  1. Berikanlah ekstra bonus untuk karyawan yang rajin, tekun dan ulet.

Setiap karyawan memiliki semangat kerjja dan ketekunan yang berbeda-beda. Untuk memotivasi karyawan lain, berikanlah ekstra bonus untuk mereka yang terbilang rajin, ulet dan tekun dalam bekerja. Sehingga karyawan lain pun akan ikut terpacu dalam meningkatkan kinerjanya.

  1. Berikan apresiasi untuk karyawan yang berhasil dalam memenuhi sebuah target.

Karyawan yang berhasil mengerjakan tugas dengan baik harus diberikan apresiasi karena kesuksesannya. Hal ini untuk menjaga motivasi yang dimilikinya agar terus meningkat dan juga sebagai contoh bagi karyawan yang lain agar lebih giat.

  1. Bangun kedekatan dengan karyawan.

Buatlah hubungan yang dekat dengan karyawan agar hubungan anda dan mereka tidak terlalu kaku. Mereka pun akan lebih rileks dalam bekerja dan tidak merasa berada dalam lingkungan kerja yang tegang.


  1. Buatlah suasana kerja yang senyaman mungkin.

Buatlah suasana sekitar lingkungan tempat karyawan anda bekerja senyaman mungkin. Begitu juga dengan fasilitas yang mencukupi untuk kebutuhan mereka sehari-hari agar mereka bisa bekerja dengan nyaman.

  1. Anggaplah anda dan karyawan adalah sebuah tim.

Jangan menganggap ‘Aku adalah bos, dan mereka hanyalah karyawan’. Tapi anggaplah anda dan karyawan adalah sebuah tim kerja yang harus kompak dan saling membantu satu sama lain dalam mengejar target perusahaan. dalam memotivasi karyawan tidak jauh beda dengan cara memberikan motivasi pada teman.

  1. Refreshing dan acara bersama.

Sesekali dalam setahun adakan acara refreshing atau gathering bersama karyawan perusahaan. Hal ini akan membuat karyawan anda merasa senang dan merasa beruntung berada dalam lingkungan kerja yang juga memperhatikan kebutuhan karyawan untuk refreshing setelah lelah dalam sekian lama bekerja dan juga bisa sebagai cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja selama ini.

  1. Berikan perhatian kepada seluruh karyawan.

Memperhatikan karyawan dalam banyak hal juga bisa membuat karyawan termotivasi dalam bekerja karena mereka merasa atasan mereka telah memberikan banyak perhatian, sehingga mereka harus memberikan yang terbaik juga untuk perusahaan.

13. Anda adalah contoh bagi karyawan anda.

Anda sebagai atasan juga sekaligus berperan sebagai contoh untuk karyawan anda. Anda harus memberikan contoh yang baik untuk para karyawan agar mereka juga bersikap demikian dilingkungan kerja. Jika selama ini anda dikenal sebagai bos yang sangar mulailah menghilangkan image tersebut dari diri anda dengan cara merubah kepribadian menjadi lebih baik serta ikuti juga tips agar disukai banyak orang.

Itulah 13 cara untuk memotivasi karyawan agar bekerja lebih baik dalam membangun perusahaan anda. Selain itu anda juga harus mengetahui cara menjadi orang sukses dan pintar dibanyak bidang kehidupan.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan