11 Cara Mengatasi Pembulian Bagi yang Sering Dibulli

Tindakan pembulian merupakan sebuah tindakan kekerasan yang sering terjadi dalam lingkungan pergaulan baik di sekolah maupaun diluar sekolah. Tidak hanya pada anak sekolahan namun pada msyarakat juga bisaterjadi tindakan pembulian ini namun yang paling sering terjadi pada anak-anak masa sekolah saat memasuki sekolah baru. Tindakan yang dilakukan untuk membuli seseorang bisa dengan cara mengintimidasi, melecehkan, bersikap kasar, memalak dan berbagai tindakan lainnya yang membuat korban yang dibuli merasa tertindas.

ads

Pembulian biasanya terjadi untuk menunjukkan kehebatan dan kekuasaan suatu geng atau kelompok yang bisa menimbulkan rasa bangga pada diri mereka. Untuk mengatasi pembulian yang sering kali terjadi di sekolah bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Jangan sering jalan sendirian.

Anak-anak yang suka membuli biasanya memiliki target yang akan mereka buli. Dan calon korban mereka adalah anak-anak baru yang suka menyendiri dan sering jalan sendirian karena itu akan menjadi sasaran empuk bagi mereka. Oleh karena itu jangan pernah berjalan sendirian jika kamu pernah dibuli. Penting juga bagi kamu untuk mempelajari cara agar disenangi teman serta ketahui juga ciri-ciri teman tidak setia.

  1. Hindari tempat nongkrong anak-anak yang suka membuli.

Kelompok geng di sekolah biasanya memiliki tempat-tempat nongkrong bareng yang beberapa tempat yang biasanya jauh dari pengawasan banyak orang. Oleh karena itu jangan melewati tempat-tempat mereka berkumpul karena sudah pasti akan dibuli jika berani melewatinya sendirian.

  1. Melaporkan tindakan pembulian yang terjadi.

Jika kamu dibuli jangan pernah takut untuk melaporkan tindakan mereka. Memang mereka akan mengancam untuk tidak pernah melaporkan mereka atau kamu akan menerima akibatnya. Namun sebenarnya sama saja jika dilaporkan atau tidak, mereka akan tetap membuli juga kan.

  1. Jangan terlihat lemah.

Kelompok yang suka membuli akan melihat-lihat dulu karakter anak yang pas untuk mereka buli. Biasanya adalah anak-anak yang terlihat lemah, penakut dan penurut. Untuk itu jangan perlihatkan sisi lemah dan penakut kamu dimana pun kamu berada. Tunjukkanlah sikap tegas dan keberanian agar mereka berpikir dua kali untuk membuli kamu.

  1. Jangan takut dengan ancaman mereka.

Mereka akan selalu mengancam korban mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dan agar mereka selalu aman untuk terus bisa membuli tanpa ketahuan. Hiraukan ancaman tersebut jika kamu ingin berhenti dibuli dan jangan biarkan mereka terus bertindak seenaknya sama kamu dan juga korban lainnya. Cara menghilangkan rasa takut tersebut bisa dengan mendorong diri untuk ingin bebas dari pembulian.

  1. Mencari bantuan dan perlindungan jika hampir terperangkap oleh mereka.

Jika kamu hampir saja terperangkap oleh mereka segera cari bantuan terdekat agar mereka tidak bisa membuli kamu. Kamu bisa segera berlindung kepada orang lain yang berpotensi bisa menghentikan mereka untuk membuli kamu. Setidaknya segera pergi ke keramaian karena mereka tidak akan membuli ditempat yang ramai.

  1. Jika terperangkap oleh mereka jangan banyak melawan.

Jika tiba-tiba kamu harus berurusan dengan mereka dan masuk perangkap mereka jangan terlalu banyak melawan. Jika melawan mereka akan sangat senang untuk membuli kamu lebih gila lagi. Sebaiknya segera turuti keinginan mereka hingga kamu bisa lepas dari mereka. Setelah itu kamu bisa segera melaporkan perbuatan mereka.


  1. Miliki banyak teman.

Pandai-pandailah dalam bergaul dan miliki banyak teman agar kalau kemana-mana kamu tidak sendirian dan selalu ada yang menemani. Keuntungan banyak teman adalah kamu akan terhindar dari pembulian. Mereka juga tidak akan berani membuli secara beramai-ramai bukan. Jika kamu pemalu dan sedikit sulit untuk bersosialisasi maka ketahuilah cara mendapatkan banyak teman dan cara bergaul dengan teman baru.

  1. Jauhi hal-hal yang bisa menarik perhatian kelompok yang suka membuli.

Mereka yang suka membuli biasanya memiliki suatu ketertarikan kepada korbannya. Atau ada rasa iri dan tidak suka melihat calon korbannya. Bisa jadi karena kamu terlihat culun dan lemah, atau kamu begitu pintar namun lemah sehingga mereka bisa memanfaatkan kepintaran kamu, atau kamu terlihat lebih cantik dan memiliki kelebihan yang tidak mereka miliki. Maka pandai-pandailah dalam menyesuaikan diri.

  1. Perjuangkan hak untuk bisa bebas dari pembulian.

Jika kamu pernah dibuli jangan pernah menyerah untuk memperjuangkan hak kamu untuk bebas dari pembulian. Selalu minta perlindungan dari pihak sekolah dan berdiskusilah dengan orang tua untuk mengatasi pembulian yang pernah kamu alami agar orang tua dan pihak sekolah bisa membuat sebuah tindakan.

  1. Berikan peringatan kepada si pembuli.

Tak ada salahnya untuk memberikan peringatan kepada si pembuli agar mereka berpikir dua kali untuk membuli kamu. Kamu bisa memperingatkan mereka untuk berhenti membuli atau kamu tidak akan segan melaporkan mereka.

Demikianlah cara mengatasi pembulian yang sering kali terjadi pada remaja di sekolahan dan sangat baik jika kamu mau belajar cara bergaul yang baik agar teman kamu senang dengan kamu.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan