13 Cara Mengatasi Anak Penakut dan Cengeng yang Berlebihan

Anak-anak seringkali menangis untuk mencurahkan emosi dari dalam dirinya seperti ketika ia merasa takut, sedih, marah dan tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar pada anak-anak, namun jika keterusan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang cengeng dan penakut serta tidak percaya diri. Untuk mengatasi hal ini mari simak beberapa cara berikut ini.

ads
  1. Kenali terlebih dahulu penyebab anak menjadi cengeng dan penakut.

Rasa takut yang membuat anak menjadi cengeng dan mudah menangis tentu ada penyebabnya. Alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab dari rasa takut pada anak sehingga kita bisa bersikap lebih tepat dalam menghadapi anak yang penakut.

  1. Biasakan anak menghadapi hal yang ditakutkannya.

Ada anak yang takut kepada hewan seperti kucing, kecoak, belalang atau binatang lainnya. Ada juga anak yang takut dalam keadaan dan suasana tertentu seperti gelap, mati lampu, hujan deras dan keadaan lainnya yang membuat si kecil merasa tidak nyaman. Cara menghilangkan rasa takut pada anak bisa dengan mulai membiasakan si kecil menghadapi hal-hal tersebut dengan memberikan pandangan yang positif kepada anak mengenai hal yang ditakutkannya.

  1. Buatlah anak merasa aman dan nyaman ketika ia mulai merasa takut.

Ketika anak mulai merasa takut ia membutuhkan seseorang yang bisa membuatnya merasa aman dan bisa berlindung. Oleh karena itu dampingi anak di saat-saat ia merasa takut dan hal ini bisa mengurangi anak menjadi cengeng.

  1. Latih anak untuk menjadi lebih berani.

Bantulah anak untuk menjadi seseorang yang lebih berani dalam kehidupannya. Latihlah anak dengan melakukan permainan dan latihan-latihan yang bisa mengasah keberanian pada anak.

  1. Tidak menakut-nakuti anak agar anak tidak rewel.

Ada orang tua yang menakuti anak dengan cerita-cerita maupun mitos seperti mitos keluar saat maghrib dengan niat agar anak tidak menjadi bandel ketika melakukan sesuatu. Justru cerita  tersebut akan tersimpan dalam memori anak yang pada suatu saat akan muncul menjadi sebuah pemicu ketakutan pada anak.

  1. Anak yang terlalu cengeng jangan dimanjakan.

Selalu menuruti keinginan anak yang cengeng akan membuat anak menjadi semakin cengeng dan manja. Sehingga menangis menjadi senjata ampuh bagi anak untuk mendapatkan semua keinginannya. Jadi ubah pemikiran anak ini dengan tidak menuruti semua kehendaknya ketika ia cengeng.

  1. Berikan perhatian yang cukup pada anak.

Anak yang kurang mendapat perhatian akan lebih mudah merasa takut dan cengeng karena ia merasa tidak ada seseorang yang bisa membuatnya merasa nyaman dan terlindungi. Untuk itu berikan perhatian yang cukup pada anak agar ia bisa menjadi percaya diri, tidak penakut dan tidak cengeng.


  1. Kenalkan anak pada figur atau tokoh yang pemberani agar keberanian anak bisa bangkit.

Banyak tokoh-tokoh kartun yang bersifat pemberani dan juga tikoh superhero yang banyak disukai anak-anak. Tidak ada salahnya untuk mengenalkan anak pada tokoh-tokoh tersebut agar anak juga terdorong untuk menjadi seorang pemberani. Ada juga anak terlihat penakut karena ia pemalu, jika demikian bisa diatasi dengan cara merubah sifap pemalu menjadi pemberani pada anak.

  1. Jangan terlalu membatasi kreativitas anak dengan selalu melarangnya.

Terlalu banyak larangan pada anak akan membuat kreativitas dan cara berkembang pada anak menjadi terbatas dan terhambat. Kebiasaan melarang anak akan membuat anak cenderung lebih pasif dan menjadi penakut. Jadi jangan terlalu melarang-larang anak agar ia tidak penakut dan jangan pula terlalu menuruti kemauan agar ia tidak menjadi manja dan mudah cengeng. Ketahui juga cara mengatasi anak pendiam yang biasa kurang aktif.

  1. Bila anak menangis dan mulai cengeng jangan memarahinya dengan keras karena akan membuat anak semakin takut.

Memarahi anak dengan keras akan membuat anak menjadi semakin takut dan bahkan mungkin anak akan menjadi takut dengan orang tuanya sendiri akibat terlalu keras dalam memarahi anak. Sikap keras dalam memarahinya bisa menjadi penyebab anak melawan orang tua.

  1. Abaikan tangisan anak yang cengeng agar ia tahu bahwa sikap cengengnya itu tidak akan membuat ia mendapatkan apa yang ia inginkan.

Anak yang cengeng dan suka menangis terkadang hanya ingin meminta perhatian dan ingin agar kemauannya dikabulkan. Jika terus dituruti anak akan memahami bahwa dengan menjadi cengeng maka apa yang ia mau akan dituruti.

  1. Ketika anak mulai takut ajak anak untuk berkomunikasi agar anak menjadi lebih tenang.

Saat anak merasa takut dekaplah anak dan ajak ia berkomunikasi. Berikan pemahaman terhadap apa yang ditakutkannya hingga anak bisa mengerti bahwa apa yang ditakutkannya itu bukanlah sesuatu yang bahaya dan mengancamnya.

  1. Didik anak menjadi pribadi yang mandiri.

Didiklah anak sejak dini untuk bisa menjadi pribadi yang mandiri, pemberani dan tidak mudah cengeng agar anak bisa menjadi lebih percaya diri di masa depan. Maka ketahuilah cara mendidik anak dengan tepat dan benar.

Demikianlah cara mengatasi anak penakut dan cengeng dengan turut berperan dalam mendidik anak. Ada baiknya untuk mengetahui cara mendidik anak usia 6 tahun keatas.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak