4 Pertanda Kelelawar Masuk Rumah Menurut 4 Kepercayaan/Budaya

Tingkah laku hewan atau kehadirannya di sekitar kita menurut orang-orang terdahulu atau ramalan bisa dijadikan suatu pertanda alam. Misalnya seperti akan adanya suatu musibah, kecelakaan atau kejadian-kejadian lainnya. Biasanya pertanda atau firasat dari hewan di alam liar ini dikaitkan dengan musibah besar yang menimpa suatu daerah.

ads

Berbeda dengan pertanda kelelawar masuk rumah yang firasat ini hanya ditujukan untuk si penghuni rumah. Kelelawar yang diketahui sebagai hewan yang beraura negatif ini sering dianggap membawa pertanda yang kurang baik bagi si pemilik rumah. Apakah benar demikian? Daripada pangsung saja yuk, simak apa saja pertanda kelelawar masuk rumah karena mungkin saja suatu saat kamu akan mengalaminya atau mungkin sudah pernah kedatangan tamu bersayap ini. Tapi jangan diyakini seratus persen ya karena ini haya bersifat ramalan, bukan kepastian yang akan terjadi.

1. Rumah yang Disinggahi Memiliki Aura Negatif

Pertanda kelelawar masuk rumah yang pertama bukanlah pertanda si penghuni rumah akan mendapat kabar baik dan buruk atau akan mengalami suatu kejadian tertentu. Melainkan artinya adalah rumah yang disinggahi memiliki aura negatif atau kelam sehingga membuat hewan malam ini menganggap rumah tersebut adalah sarangnya. Yang artinya rumah tersebut tidak dipandang oleh hewan ini sebagai hunian manusia.

Tentu saja ini bukan hal yang baik karena seharusnya hunian manusia haruslah beraura positif agar penghuninya juga hidup dalam aura yang positif. Ini adalah penafsiran menurut budaya Hindu.

2. Pertanda Baik Bagi Penghuni Rumah

Berbeda dengan budaya Hindu akan ramalan tentang pertanda kelelawar masuk rumah, sementara masyarakat Jawa dengan kitab primbon mujarobatnya malah menafsirkan kehadiran hewan malam ini sebagai pertanda baik. Konon katanya, akan ada tamu yang datang membawa kabar baik untuk si penghuni rumah jika kelelawar ini masuk dan terbang mengitari ruangan di dalam rumah berputar dengan searah jarum jam.

Sementara, jika hewan ini malah terbang berputar berlawanan dengan arah jarum jam, artinya penghuni rumah akan mendapat rezeki dalam berbagai bentuk dan cara yang tak disangka-sangka.

3. Tanda Tak Baik Untuk Penghuni Rumah

Sementara menurut fengshui, pertanda kelelawar masuk rumah ini hampir sama dengan penafsiran budaya Hindu yang membawa aura buruk bagi penghuni rumah. Dimana jika kelelawar atau kalong masuk ke dalam rumah, penghuninya akan mengalami kehidupan yang kurang baik.

Seperti mudah sakit-sakitan, sering tertimpa permasalahan dalam hidup, rezeki yang seret, sering kemalingan atau kehilangan barang, sering tertimpa kesialan dan berbagai permasalahan lainnya yang membuat penghuninya tidak bisa menikmati hidup dengan baik.

4. Bukanlah Pertanda Baik/Buruk

Lain lagi dengan pertanda kelelawar masuk rumah menurut Islam. Dalam kepercayaan ini, segala hal yang berhubungan dengan ramalan atau pertanda yang dipercayai atau diyakini akan kedatangannya termasuk pada syirik kecil. Dalam ajaran Islam, segala hal yang berhubungan dengan masa depan seseorang menjadi rahasia Allah SWT yang tidak seorang pun bisa mengetahuinya.


Jadi, jika ada seekor kelelawar atau hewan lainnya yang masuk dalam rumah bukan berarti menjadi suatu pertanda maupun peringatan. Jangan resah dan khawatir dan menganggapnya sebagai sebuah firasat. Berdoalah kepada Allah SWT untuk segala kebaikan diri sendiri dan orang-orang yang disayangi agar selalu berada dalam lindungan-Nya.

Itulah 4 pertanda kelelawar masuk rumah menurut 4 kepercayaan. Sisanya kembali pada kepercayaan masing-masing dalam menanggapi penafsiran dari kedatangan hewan malam ini. Bagi umat Islam, jelas untuk tidak mempercayai ramalan agar tidak masuk dalam dosa syirik.

Sima juga berbagai pertanda dari hewan lainnya yang menarik untuk disimak tapi bukan untuk diyakini sepenuh hati. Melainkan untuk mengetahui kepercayaan atau mitos yang beredar di dalam masyarakat yang kental dengan keanekaragamannya ini.

Seperti pertanda burung masuk rumah berdasarkan jenis burungnya, pertanda kupu-kupu hinggap di tangan kiri ataupun masuk rumah, mitos kejatuhan kotoran cicak atau mitos kejatuhan kotoran burung yang katanya bakal ketiban sial, mitos melihat kelabang di area sekitar rumah, mitos membunuh kucing yang jelas dilarang dalam agam Islam karena kucing bukan hewan yang buas atau merugikan, arti kumbang masuk rumah malam hari yang bisa jadi pertanda baik/buruk, mitos burung hantu di depan rumah dan mitos burung gagak yang konon jadi pertanda buruk bagi penghuni rumah yang di datanginya bahkan berkaitan dengan kematian.

, ,
Oleh :
Kategori : Mitos dan Fakta