18 Cara Menjaga Hubungan LDR Agar Bertahan Awet

LDR atau Long Distance Relationship ialah suatu hubungan yang berjalan dengan adanya perpisahan jarak satu sama lain. Hubungan LDR membutuhkan kesabaran, komitmen dan kepercayaan yang sangat kuat antara satu dengan yang lainnya. Pondasi yang tidak kokoh bisa menjadi penghalang dan penyebab keruntuhan hubungan LDR ini. Sehingga tidak jarang, banyak pasangan yang gagal mempertahankan hubungan mereka selekas menjalani hubungan long – distance. Di bawah ini adalah kiat – kiat dan cara yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga hubungan LDR:

ads

1. Menjaga Komunikasi

Komunikasi adalah akar penting dari suatu hubungan. Komunikasi yang baik, akan melahirkan hubungan yang awet dan harmonis. Semakin baik dan sering komunikasi tersebut dilakukan, semakin jarang adanya kesalahpahaman, semakin lama hubungan tersebut bisa bertahan lama.

2. Saling Mengerti

Hubungan LDR akan lebih bertahan pada pasangan yang bisa mengerti dan memahami satu sama lain. Sehingga, akar terjadinya perselisihan dan pertengkaran sangat kecil kemungkinan terjadi.

3. Saling Percaya

Rasa saling percaya juga harus ditumbuhkan dalam sebuah hubungan, khususnya untuk hubungan Long Distance. Timbulnya rasa ragu pada kekasih, curiga dan tidak percaya bisa menyebabkan pertengkaran, perselisihan dan berbagai macam bentuk kesalahpahaman lainnya.

4. Komitmen Kuat

Setiap hubungan membutuhkan komitmen yang kuat. Hubungan LDR jauh membutuhkan komitmen yang lebih kuat dari hubungan pada biasanya. Jarang bertemu, jarang menghabiskan waktu bersama dan hanya  bisa berkomunikasi via telepon atau chat adalah tantangan tersendiri untuk hubungan LDR. Tanpa komitmen yang kuat, komunikasi dan hubungan juga tidak bisa terjadi dengan baik.

5. Tidak Posesif

Rasa curiga dan tidak percaya menumbuhkan sifat posesif. Sifat posesif dapat membekukan hubungan LDR. Ketika kita mulai bersikap posesif pada pasangan LDR, disaat itu kita menunjukkan kepadanya bahwa kita tidak percaya dan ragu terhadapnya. Tentu hal tersebut akan menyakiti hatinya. Itulah mengapa seringkali sikap yang posesif dapat menjadi penyebab runtuhnya hubungan dari pasangan LDR>

6. Strict Tapi Sabar

Jarak yang jauh atau long distnce memang memancing kita untuk bersikap posesif. Disaat itu pula kita juga ingin menggunakan metode yang strict kepadanya dengan memberinya banyak batasan. Namun kita juga harus bisa bertindak sabar. Tetaplah bersikap disiplin akan hubungan, namun tidak menghilangkan rasa sabar Anda. Tumbuhkan pula rasa percaya kepada pasangan, walaupun sedikit.

Artikel Lainnya:

7. Tidak Melewati Batas

Sifat posesif atau strict boleh jadi membuat kita menjadi liar dan melewati batas. Sikap yang melewati batas seperti ini bisa dilihat dari perubahan sikap kita yang sering bertanya hal – hal yang tidak biasanya ditanyakan, menghubungi atau menelpon lebih sering, dan sering mencurigai kegiatan atau aktifitas yang sedang pasangan kita lakukan.

8. Tidak Curiga

Curiga adalah bentuk awal dari munculnya rasa ketidakpercayaan terhadap pasangan. Gejala awal ialah merasa curiga terhadap pasangan. Curiga bisa jadi merupakan bentuk kekhawatiran namun tidak bisa dipugkiri juga bahwa curiga juga merupakan bentuk ketidakpercayaan. Memberi sedikit kode ketidakpercayaan sedikit saja kepada pasangan, berarti memberikan pertanda bahwa hubungan cinta Anda sedang diambang keretakan.

9. Sering Memberi Kabar

Sering memberi kabar tentunya dapat memperkuat hubungan, sekalipun hubungan Long Distance atau LDR. Komunikasi adalah akar yang kuat dari suatu hubungan. Sehingga, sering memberi kabar dan berkomunikasi satu sama lain dapat menambah atau meningkatkan ikatan hubungan cinta kasih yang sedang Anda jalani. Jarak pun tidak akan menjadi kendala ataupun masalah.

10. Selalu Mendukung

Bentuk dukungan dan supportive dari pasangan sangatlah penting untuk meningkatkan kepercayadirian dan menunjukkan kasih sayang satu sama lain. Dalam kisah kasih hubungan LDR, sangat diperlukan adanya dukungan dalam bentuk apapun. Memberikan nasehat, mendengarkan keluh kesahnya, memberinya semangat, membangkitkan dan menghiburnya saat ditimpa kegagalan dan lain sebagainya. Bentuk dukungan seperti ini tentunya akan lebih meningkatkan hubungan kisah cinta Anda walaupun terpisah jarak sekalipun.

11. Beri Citra Positif

Berilah citra dan kesan positif terhadap pasangan, jika ingin hubungan cinta kasih Anda berjalan bahagia. Itulah mengapa, pentingnya untuk menghindari sebisa mungkin akar masalah yang ada. Pertengkaran, perdebatan, kecemburuan dapat menyebabkan lubang kecil pada balon udara cerita cinta Anda. Lubang – lubang tersebut boleh jadi bisa bertahan. Namun dalam waktu yang lama, lubang – lubang kecil tersebut bisa bertambah besar dan lebih besar lagi. Pada akhirnya, balon udara cinta Anda rusak dan jatuh dari udara. Sama halnya dengan sebuah hubungan. Semua itu tidak akan terjadi selama Anda selalu menjaga hubungan dengan baik dan memberikan citra atau kesan positif terhadap pasangan Anda.

12. Memberi Hadiah Atau Kejutan

Hadiah atau kejutan juga sangat mempengaruhi kekuatan ikatan dalam hubungan. Memberikan hadiah atau kejutan kepada pasangan mengindikasikan bahwa kita sangat menghargai dan mencintai orang tersebut hingga kita rela menyiapkan kejutan di sela – sela kegiatan dan memberikan sesuatu yang berharga untuknya.

13. Pergi Berlibur Sekali Waktu

Hubungan yang berpisah jarak sangatlah tidak mudah. Tidak bertemu setiap hari, berhubungan bermodalkan video callchat, atau hanya pesan suara dan lain sebagainya. Sehingga tak jarang hubungan cinta dan kasih pasangan LDR seringkali berjalan surut waktu demi waktu. Itulah mengapa perlu adanya waktu senggang atau waktu libur untuk mengisi kekosongan hubungan tersebut. Seperti misalnya pergi berlibur bersama.

14. Tidak Membatasi

Bersikap membatasi pasangan dari segala kegiatannya hanya akan membuatnya merasa tidak nyaman dan menjauhi hubungan cinta terhadap Anda. Dalam hubungan LDR, khususnya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendukungnya dari jauh dan memberinya semangat serta keyakinan di setiap kegiatan dan aktifitas yang Ia lakukan.

15. Jangan Merasa Kesepian

Hubungan LDR seringkali membuat kita merasa kesepian. Selalu ingatlah bahwa pasangan Anda nan jauh disana selalu menanti dan merindukan kehadiran Anda. Sehingga jangan pernah merasakan hal yang bernama kesepian. Setiap kali Anda merasakan kesepian, Anda akan berusaha mencari lelaki/wanita lain yang mampu mengobati rasa kesepian tersebut. Atau dalam istilah lain ialah selingkuh.

Artikel lainnya:

16. Mencari Kesenangan Dan Kegiatan Lain

Mencari hobi atau kesenangan dan melakukan kegiatan lain sangatlah efektif untuk menutupi rasa kesepian Anda tersebut. Sehingga Anda tidak mempunyai waktu untuk memikirkan orang lain selain pasangan Anda.

17. Atur Jadwal Bersama

Mengatur jadwal bersama haruslah dilakukan dan sangat perlu untuk mempertahankan hubungan cinta Anda yang bersifat Long Distance ini. Selain untuk memperpendek jarak yang sudah lama terpisah jauh, megatur jadwal bersama juga dapat meningkatkan kasih sayang satu sama lain.

18. Hindari Perselisihan

Hindari perselisihan sebisa mungkin khususnya dalam hubungan LDR ini. Sejarang mungkin perselisihan terjadi, sangat kuat hubungan cinta LDR yang dapat Anda jalani.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pacaran