18 Tips Pacaran Jarak Jauh Agar Tidak Selingkuh

Berpacaran jarak jauh bukanlah perkara mudah. Karena dua belah pihak diharuskan menahan rindu, dengan jarak yang memisahkan dan tidak pernah bertemu. Long Distance Relationship memang seringkali menjadi hambatan sebuah pasangan dalam meneruskan hubungan percintaannya. Sehingga tak jarang dari mereka lebih memilih untuk sekedar beristirahat atau break sebentar dari hubungan yang sedang dijalaninya, daripada memilih untuk berhubungan jarak jauh atau LDR.

ads

Kisah LDR memang dirasa sulit. Namun terlihat romantis dan sangat emosional untuk dikenang jika bisa berjalan dengan baik. Sulitnya, jika hubungan LDR yang dibina tidak bisa berjalan sempurna. Seperti misalnya ada kendala atau masalah yang dihadapi ketika semasa LDR. Selingkuh misalnya. Selingkuh memang sudah menjadi permasalahan pertama dan utama dalam kisah kasih dunia percintaan. Jadi bagaimanapun juga, perselingkuhan haruslah dihindari.

Di bawah ini adalah informasi yang berisi tips – tips untuk mempertahankan hubungan berpacaran jarak jauh agar terhindar dari perselingkuha :

1. Ketahui Kegiatannya

Perselingkuhan bisa diawali dari kesempatan dan kebosanan. Kesempatan datang ketika kita sudah lengah dan memberikan sinyal bebas kepada pasangan. Hal ini terjadi ketika kita sudah tidak lagi dapat menjaga komunikasi dengan baik. Merenggangkan komunikasi seperti ini dapat membuat pasangan beralih perhatian dan akhirnya menjadi selingkuh.

2. Kenali Kerabat Dekatnya

Memang sulit mempertahankan hubungan ketika kita sendiri tidak bisa dekat atau jarang bertemu dengannya. Namun jangan risau, Anda masih bisa menggunakan eksistensi kerabat atau teman dekatnya untuk bisa mengetahui informasi lebih dalam lagi mengenai keseharian pasangan Anda. Mengenali kerabat dekat pasangan juga berarti mengaktifkan akses untuk lebih leluasa lagi mengontrol kegiatan dan aktifitasnya selama Ia berada jauh dari pantauan dan perhatian Anda.

3. Jangan Ragu Bertanya

Aksesibilitas pasangan untuk berselingkuh juga bergantung pada tingkat keingintahuan kita terhadap pasangan. Jangan pernah ragu untuk merasa ingin tahu atau kepo terhadap pasangan. Bertanyalah ketika Anda penasaran dan jangan memendam perasaan apapun. Bersifat terbuka, walaupun itu berarti Anda harus bertanya sejuta pertanyaan sekalipun.

4. Tetap Jaga Komunikasi

Hubungan jarak jauh tidak seharusnya malah melonggarkan komunikasi dan hubungan. Bahkan, sebuah LDR atau hubungan jarak jauh harus semakin kuat menjaga komunikasi yang terjalin agar tidak pupus dan kandas. Semakin sering Anda menjaga komunikasi dengan pasangan, semakin kuat hubungan cinta jarak jauh yang akan Anda bangun bersama.

5. Selalu Memberi Kabar

Jangan lupa pula untuk sering memberitahu kabar masing – masing. Kegiatan dan aktifitas memang selalu menjadi hambatan dalam komunikasi. Merasa lelah pasca kegiatan, penat, letih, tidak konsentrasi dan hal lainnya yang mendorong Anda untuk mengabaikan pasangan Anda. Jaga komunikasi sebaik mungkin, salah satunya yakni dengan sering memberi dan menanyakan kabar satu sama lain.

6. Sering Pergi Mengunjunginya

Berhubungan jarak jauh bukan berarti Anda tidak bisa bertemu atau mengunjunginya dalam waktu yang lama. Anda bisa membuat atau merencanakan agenda bersama. Anda pun juga bisa pergi menemuinya, sesuka Anda jika Anda menyempatkannya. Jika Ia adalah prioritas, maka tidak akan ada masalah bagi Anda untuk menyempatkan waktu untuk sekedar bertemu dan menyapa rasa kangen terhadap pasangan.

7. Sering Pergi Berdua

Membuat agenda bersama seperti berjalan dan pergi berdua untuk travelling atau vacation juga harus Anda lakukan sekali – kali untuk mengobati kebosanan hubungan cinta Anda yang datar – datar saja.

8. Tidak Ragu Mempublikasikan Hubungan

Selingkuh bisa datang kapan saja. Asalkan ada kesempatan dan koneksi, selingkuh secara liar dapat menghantui pasangan Anda. Oleh karena itu, Anda sebagai pasangannya jangan pernah ragu untuk mempublikasikan kisah asmara dan hubungan cinta Anda satu sama lain, di media sosial khususnya. Hal ini akan menghindari orang lain untuk mendekati dan merayu pasangan Anda selama Anda berada jauh darinya.

Artikel lainnya:

9. Menaruh Kepercayaan

Jangan sepenuhnya menyalahkan pasangan. Menaruh kepercayaan kepada pasangan juga sangatlah penting untuk menjaga pondasi hubungan. Sekali pondasi hubungan hancur, tak akan bertahan lama hubungan cinta tersebut akan berlangsung.

10. Jangan Nanggung, Jangan Bimbang

Ketika Anda memutuskan untuk LDR, maka seharusnya Anda sudah mempunyai komitmen yang kuat untuk melakukan (merealisasikan) hal tersebut. Sehingga, ketika Anda sudah mempunyai komitmen atau dasaran yang sangat kuat, tidak akan ada istilah bimbang, ragu terhadap pasangan. Lakukan saja secara all – out sebaik mungkin untuk kepentingan hubungan bersama.

11. Protektif Atau Percaya Penuh

Pilihlah salah satu dan jangan bersifat labil (plin plan). Pilihlah diantara menjadi protektif atau percaya penuh dan tidak posesif. Sekali Anda memilih menjadi seseorang yang protektif, jadilah seseorang yang protektif seutuhnya, jangan nanggung. Begitu pula sebaliknya. Sifat plin plan yang Anda miliki dapat mendorong ketidakpercayaan pasangan terhadap Anda.

12. Jangan Sampai Ada Rahasia

Dalam hubungan, rahasia bisa berbentuk banyak hal. Diantaranya, kisah (momen) sedih, momen memalukan, selingkuhan dan lain sebagainya. Pastikan bahwa tidak ada rahasia yang tumbuh diantara pasangan dan Anda.

13. Selalu Bersifat Terbuka

Bersifat terbuka terhadap pasangan, yang berarti tidak ada rahasia yang disimpan (tidak diketahui) antara satu dengan yang lainnya. Bersifat terbuka dapat mendorong hubungan yang awet dan harmonis.

14. Selalu Mementingkan Kepentingan Bersama

Ego dan high pride dari masing – masing pasangan juga sering menjadi permasalahan hubungan. Mementingkan ego hanya akan memecah belah kepercayaan, memusnahkan hubungan. Kecenderungan untuk berselingkuh juga bertambah banyak.

15. Kurangi Sifat Egois

Sewaktu-waktu memang kita selalu merasa bahwa diri kita lah yang paling benar dan pada akhirnya hanya bermain play victim. Namun seharusnya, ada satu hal yang harus kita ingat bahwa kita tidak boleh mendahulukan sifat ego pribadi kita sendiri. Sekalipun ada, jangan sering keluarkan dan kurangi intensitasnya.

Artikel lainnya:

16. Hindari Dekati Hubungan Lawan Jenis

Selingkuh juga didukung dari adanya faktor lingkungan dan kesempatan. Untuk meminimalisir hal tersebut, hindari sebisa mungkin mendekati atau didekati lawan jenis – lawan jenis di sekitar Anda.

17. Hargai Setiap Usahanya

Hargai setiap usaha pasangan Anda. Ingat selalu bahwa pada dasarnya, hubungan LDR sangatlah susah dilakukan. Tidak pernah ada yang mengatakan bahwa berhubungan LDR sangat mudah. Sehingga, jangan lupa untuk selalu menghargai setiap usaha kecil yang Ia keluarkan untuk Anda.

18. Sering Memberi Pujian, Tunjukkan Kasih Sayang

Kasih sayang tidak hanya ditunjukkan melalui komunikasi dan perhatian yang selalu dijaga. Kasih sayang juga bisa berupa memberi pujian, mendukung dan bersifat supportive terhadap pasangan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Percintaan