Istri, Pahami dan Dengarlah 10 Alasan Suami Tidak Mau Bercerai Ini

Perceraian menjadi salah satu hal yang menakutkan dan tidak diinginkan oleh pasangan yang menikah. Tapi, justru perceraian menjadi solusi akhir dalam menuntaskan masalah yang terjadi dalam rumah tangga. Suami dan istri adalah orang yang bisa memutuskan terjadinya perceraian atau tidak. Bisa jadi keduanya sama-sama sama setuju, bisa juga salah satunya menentang dan tidak menginginkan perceraian. Jika salah satu tidak menginginkan, maka bisa saja perceraian dibatalkan, disesuaikan juga dengan penyebab perceraian itu sendiri. Jika suami yang bersikeras untuk tidak mau bercerai, kira-kira apa ya alasannya? Simak yuk.

ads

1. Sebenarnya masih sangat sayang dengan istri

Hal pertama yang menjadi alasan suami tidak mau bercerai dari istri adalah karena perasaan sayang dan cinta yang masih ada. Hanya saja mungkin si istri tidak mampu mengendalikan emosi dan egonya sehingga terus saja bersikeras untuk menempuh jalan perceraian. Disini si suami pun mungkin juga sedang berusaha untuk melunakkan hati sang istri.

2. Tidak ingin anak-anak menjadi korban dari masalah orang tua

Dalam peristiwa perceraian anak-anak selalu menjadi korban yang hanya menuntut agar perpisahan itu tidak terjadi. Anak-anak yang tidak tahu menahu apa pun permasalahan orang tuanya hanya ingin bisa tetap hidup bersama dengan keluarga yang utuh. Suami yang sayang pada anak-anaknya tentu juga bisa melihat akibat perceraian pada anak ini jika ia menerima keputusan untuk bercerai.

3. Tidak ingin menempuh jalan yang dibenci oleh Allah SWT

Seperti yang telah kita tahu, perceraian sangatlah dibenci oleh Allah SWT meskipun tidak dilarang. Ini bisa menjadi salah satu alasan suami tidak mau bercerai dari istrinya. Sekaligus mungkin saja ia juga ingin selalu berada dijalan yang diridhoi Allah Swt dan berusaha untuk memperbaiki diri sendiri dan keutuhan rumah tangganya.

4. Tidak tega melihat keluarga hancur berantakan

Setelah perceraian terjadi, keluarga yang dulunya hangat kini akan menjadi dingin. Hari-hari pun akan terasa sepi karena hilangnya salah satu anggota keluarga. Belum lagi anak-anak yang akan bertanya riuh tentang keberadaan salah satu orang tuanya. Ia pun juga akan menjadi sedih dan bingung melihat orang tuanya yang tidak lagi bersama. Apalagi jika hak asuh anak dalam perceraian umumnya jatuh pada istri.

5. Takut menyesal dikemudian hari

Penyesalan memang selalu datang diakhir dan menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman. Meski setelah bercerai masih ada jalan rujuk sebagai jalan untuk menghapus penyesalan, tapi sebisa mungkin untuk mempertimbangkan agar tidak bercerai, bukankah itu lebih bagus?

6. Mencoba mempertahankan rumah tangga

Satu lagi alasan suami tidak mau bercerai adalah karena ingin mempertahankan keutuhan rumah tangga. Artinya sang suami benar-benar tidak ingin melihat keluarga kecilnya menjadi berantakan. Jika masalah yang ada bisa diselesaikan tanpa perceraian, mengapa tidak?

7. Merasa perceraian bukanlah pilihan yang tepat

Perceraian memang menjadi satu solusi untuk permasalahan suami istri yang terus memanas, tapi mungkin hanya dari satu pihak saja yang menginginkannya, yaitu istri. Meski begitu, suami justru malah merasa bahwa perceraian bukanlah pilihan yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada. Ini merupakan ciri-ciri cowok yang berpikiran dewasa juga lho.


8. Masih bergantung secara finansial dengan istri

Hal lain yang menjadi alasan suami tidak mau bercerai dari istrinya adalah karena masih banyak bergantung secara finansial. Jika harus hidup sendiri, mungkin ia merasa tidak sanggup untuk membiayai kehidupannya sendiri.

9. Merasa kasihan jika istri harus menjadi single parent

Selanjutnya, yang menjadi alasan suami tidak mau bercerai adalah karena merasa kasihan jika nanti setelah bercerai istri harus menjadi single parent dan membanting tulang sendiri untuk mencari nafkah. Belum lagi anak-anak yang masih kecil dan membutuhkan kasih sayang orang tua dan perhatian secara penuh. Meski suami masih wajib membiayai anaknya, tetap saja wanita yang telah menjadi mantan istri pasti ingin mencari pemasukan sendiri. Harus menjadi orangtua mandiri dari segala sisi merupakan dampak perceraian bagi istri.

10. Merasa gagal menjadi suami dan ayah yang baik jika berakhir dengan perceraian

Suami yang baik adalah suami yang bertanggung jawab penuh kepada istri dan anak-anaknya, baik secara finansial maupun kasih sayang. Ia juga harus bisa menjadi kepala keluarga yang baik dan bijak. Jika ia menerima untuk bercerai, mungkin ia akan merasa menjadi kepala keluarga yang gagal.

Itulah 10 alasan suami tidak mau bercerai dari istrinya. Seorang istri yang bertekad untuk bercerai harus memahami hal ini terlebih dahulu. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab perceraian suami istri yang harus dihindari juga. Pasangan suami istri wajib untuk tahu penyebab pudarnya cinta dan penyebab suami istri tidak harmonis.

, ,
Oleh :
Kategori : Perceraian