Didiamkan Suami Tanpa Alasan? Simak 10 Cara Mengatasi Suami yang Marah Tapi Diam Ini

Hal yang paling menyebalkan dan cukup membuat kita menahan emosi adalah sikap seseorang yang sedang marah dengan cara mendiamkan kita yang terlihat seperti perang dingin. Sikap seseorang yang seperti ini jelas membuat kita bingung, jika kita tahu kesalahan kita, tentu kita bisa meminta maaf kepadanya dan mencoba menyelesaikannya. Tapi jika kita tidak tahu apa kesalahan yang kita perbuat, inilah yang membuat kita bingung. Pastinya ada sesuatu yang telah kita lakukan, namun kita menganggapnya sebagai bukan kesalahan.

ads

Kalau sikap ini ditunjukkan oleh orang lain tidaklah menjadi masalah. Jika ia bersikeras diam dan tak mau buka suara, kita bisa pasrah dan menyerah. Namun tentu tidak jika suami sendiri yang bersikap seperti ini. Terus-menerus didiamkan seperti ini juga bisa mengancam keharmonisan rumah tangga. Nah, berikut ada cara mengatasi suami yang marah tapi diam tanpa mau bersuara.

1 . Ingat-ingat lagi deh apa saja yang sudah kamu lakukan yang kira-kira membuatnya marah

Seketika suami menjadi banyak diam sama kamu, coba deh ingat-ingat kembali apa saja yang telah kamu lakukan sebelumnya yang bisa membuat suami marah. Mungkin kamu tidak melakukannya secara langsung di depan suami, mungkin saja suami kamu mendapat kabar dari orang lain bahwa kamu melakukan hal yang salah.

2. Minta maaf kepada suami atas kesalahan yang telah diperbuat

Setelah kamu menyadari apa kesalahan kamu, segeralah minta maaf kepada suami atas kesalahan yang telah kamu perbuat. Jika suami memang bermaksud mendiamkan kamu agar kamu sadar sendiri dengan kesalahan kamu, pastinya ia akan memaafkan kamu. Yah, meski suasananya tidak langsung cair sih.

3. Mintalah suami untuk menjelaskan letak kesalahan yang tidak sengaja kamu lakukan

Jika kamu belum juga menemukan kesalahan apa yang telah kamu lakukan, cobalah untuk meminta suami menjelaskan kesalahan yang telah kamu perbuat. Katakan bahwa kamu benar-benar tidak tahu dimana letak kesalahan kamu. Ini merupakan cara berdamai dengan suami setelah bertengkar yang harus dilakukan jika kamu yang salah.

4. Jelaskan pada suami bahwa kamu tidak ingin didiamkan terus menerus

Ikut berdiam diri saat suami didiamkan suami bukanlah tindakan yang tepat. Selain bisa menimbulkan ketegangan dan suasana dingin diantara suami istri juga bisa memicu ketidakharmonisan rumah tangga. Maka dari itu, cara mengatasi suami yang marah tapi diam ini adalah dengan berusaha melakukan komunikasi dengannya. Ungkapkan apa yang tengah kamu rasakan dan inginkan kepada suami.

5. Berjanjilah kepada suami bahwa kamu akan lebih berhati-hati lagi ke depannya

Meski suami menjelaskan atau tidak dimana letak kesalahan kamu, berjanjilah kepadanya bahwa kamu akan lebih berhati-hati lagi dalam bertindak dan melakukan banyak hal untuk ke depannya. Sampaikan bahwa kamu akan lebih suka jika dirinya mau memberitahu kesalahan yang telah kamu perbuat.

6. Mulai lakukan obrolan ringan kepada suami untuk mencairkan suasana

Secara perlahan, lakukan pendekatan kepada suami dengan memulai melakukan obrolan ringan dengannya. Ikut menonton TV dengannya atau meletakkan secangkir teh atau minuman kesukaannya. Setidaknya ia melihat usaha kamu untuk memperhatikannya.


7. Berikan perhatian ekstra kepada suami

Lebihkan perhatian kamu dari biasanya kepada suami. Apa yang biasanya sering kamu abaikan kini lakukanlah. Buatkan masakan yang lebih istimewa dan disukai suami. Sediakan air hangat setiap pulang kerja jika biasanya suami sering memintanya. Dan perhatian-perhatian lainnya yang pasti akan disukai oleh suami. Perhatian merupakan salah satu cara memanjakan pria paling mudah.

8. Lakukan hal-hal yang biasanya selalu sukses membuat suami tertawa

Selama menjalani hidup dengannya, tentu kamu tahu apa saja yang bisa membuat suami senang dan tertawa. Kamu bisa mencoba melakukannya sebagai cara mengatasi suami yang marah tapi diam tanpa mau menjelaskan ini.

9. Berikan kejutan kecil kepada suami

Cobalah sentuh hati suami dengan memberikan kejutan kecil untukknya. Misalnya saja menghadiahkan suatu barang yang pernah diinginkan oleh suami atau yang sedang dibutuhkannya.

10. Ajak anak untuk membujuk suami

Seorang suami biasanya bisa meleleh dengan bujukan dan rayuan anaknya. Cobalah untuk mendekati suami lewat perantara anak. Misalnya saja mengajak anak bermain bersama ayahnya.

11. Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah Swt

Saat menghadapi berbagai masalah, jangan lupa untuk berdoa kepada Allah Swt. Semoga dengan kesabaran dan doa yang kamu lantunkan bisa melunakkan hati suami yang sedang marah sebagai salah satu cara menenangkan hati dan pikiran.

Demikianlah 11 cara mengatasi suami yang marah tapi diam tanpa mau menjelaskan. Ketahui juga penyebab suami sering marah di rumah, kenapa suami marah tanpa sebab, dan cara mengatasi marah pada suami. Namun harus waspada juga karena suami yang tiba-tiba marah tanpa sebab, banyak mendiamkan istri dan mulai cuek merupakan salah satu ciri suami tidak mencintai istrinya lagi.

, ,
Oleh :
Kategori : Suami Istri